fbpx

Apa Itu Phising Scam, Bagaimana Cara Mengatasinya

Aktivitas phising scam patut diwaspadai dikarenakan merugikan banyak orang. Phising disebut juga salah satu tindakan kejahatan yang marak terjadi di masyarakat. Tentunya hal ini menjadi ancaman bagi masyarakat dan membuat resah mereka. Korban dari kejahatan akan menanggung banyak kerugian dari hilangnya -data penting.

Maka dari itu phishing scam wajib dihindari dan diatasi sesegera mungkin. Hal dilakukan demi meminimalisir maraknya korban phising scam. Lalu apa sih sebenarnya phising scam itu? dan bagaimana cara mencegahnya ? Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai phising scam, silahkan simak penjelasan dibawah ini. 

Pengertian Phising Scam

Phishing scam adalah teknik untuk mengelabui seseorang dengan tujuan mendapatkan informasi atau data. Adapun yang menjadi sasaran biasanya adalah data-data penting seperti data personal yang berkenaan dengan nama, alamat. Selain itu ada juga data mengenai akun seseorang seperti username dan , dan pastinya data keuangan seperti ATM. 

Tindakan ini merupakan kejahatan online yang sangat merugikan banyak pihak. Awalnya pelaku akan memancing korban untuk memberikan informasi penting kepada pelaku. Informasi itulah yang nantinya akan dijadikan alat untuk mencuri data-data korban. Tentunya untuk mendapatkan info tersebut, pelaku menyamar menjadi orang penting.

Misalnya sebagai pihak institusi yang membuka praktik dan sangat membutuhkan data  korban. Kegiatan tersebut dilakukan secara online melalui penggunaan palsu atau website. Nantinya akan berakhir dengan bobolnya data-data korban. 

Maka dari itu kejahatan phising scam wajib dihindari dan Anda patut waspada, jangan memberikan informasi dalam bentuk apapun di online kecuali lewat website resmi. 

Baca Juga :  Cara Membuat Proposal Bisnis Plan

Cara Mencegah Phising Scam 

Tentu saja akan sangat baik jika Anda terlebih dahulu mengetahui trik agar kejahatan phising scam tidak menyerang Anda. Selain itu berjaga-jaga, tips ini juga dapat meminimalisir peluang pemilik website agar tidak terkena phising scam.

 Penasaran dengan trik dan tips untuk mencegah kejahatan ini? Simak penjelasannya dibawah ini:

1. Selalu Update Informasi Terkait Phising

Tips pertama adalah dengan mengupdate informasi seputar phising. Cara ini dilakukan supaya Anda mengetahui sejauh mana kerentanan kejahatan online satu ini, apakah sering terjadi atau tidak. Selain itu, informasi tersebut dapat membuat Anda memahami bagaimana kejahatan phising scam bekerja.

2. Selalu Cek Nama Pengirim Email

Kedua, selalu cek email yang diterima. Hal ini dikarenakan tindakan kejahatan phising scam memang dapat terjadi lewat email. Maka dari itu sangat penting untuk melihat nama pengirim email untuk menghindari email palsu. 

Jika Anda menemukan pesan email yang berkaitan dengan informasi transaksi, perubahan akun, maka Anda perlu waspada. 

3. Jangan Sembarangan Meng Klik Link

Ketiga, adalah jangan sembarangan dalam meng klik yang diterima lewat pesan atau email. Anda harus memeriksa apakah link tersebut merupakan link palsu atau bukan. Karena kejahatan phising scam biasanya dilakukan dengan mengirim link palsu agar korban mengisikan data pribadinya. 

Cara Mengatasi Phising Scam

Setelah mengetahui dari phising scam. Tentunya diperlukan cara untuk mengatasi kejahatan online tersebut. Kira-kira apa saja sih cara yang harus dilakukan agar terhindar dari phising scam.

 Bagi Anda yang masih bingung dengan trik mengatasi kejahatan ini, yuk langsung saja simak rangkumannya dibawah ini: 

1. Menggunakan Plugin Untuk Membersihkan Malware

Cara pertama yang perlu dilakukan adalah memasang plugin untuk membersihkan website. Jangan sampai, website Anda menjadi sasaran kejahatan online phising scam. Segera hindari website dari pencurian data lewat plugin yang ada. 

Plugin dapat digunakan sebagai sarana membersihkan virus di website agar data tetap aman. Ada beberapa pilihan plugin yang dapat digunakan untuk melindungi website. Salah satunya adalah , plugin ini merupakan anti malware yang menggunakan fitur instant removal. 

Baca Juga :  Cara Mengetahui Email Sudah Dibaca Atau Belum Oleh Penerima 

Malware berfungsi untuk mendeteksi adanya virus yang masuk kedalam website, dan menghapusnya secara otomatis. 

2. Mengupdate WordPress

Cara kedua yang bisa dilakukan untuk mengatasi phising scam adalah dengan rajin mengupdate wordpress. Anda perlu memperbarui secara rutin untuk memastikan keamanan di website. Sehingga para pelaku phising scam akan kesulitas jika meretas website Anda.

Agar dapat terhindar dari serangan malware, selalu gunakan versi website terbaru. Dikarenakan dalam pembaruan website, berarti turut serta mengupdate fitur dan sistem keamanannya. 

Oleh karena itu, biasanya Anda akan menemukan notifikasi untuk segera mengupdate web terbaru jika masih menggunakan yang lama. 

3. Melindungi Website dengan Sertifikat SSL

Cara ketiga untuk melindungi website adalah dengan mengunduh sertifikat SSL. Menginstall sertifikat SSL sangat penting bagi keamanan website. Sertifikat SSL akan menjamin transaksi yang Anda lakukan di situs website supaya tetap aman. 

Jika Anda belum memasangnya, maka segera pasang sekarang juga demi website yang aman.Penginstalan sertifikat SSL sangat mudah dilakukan, bahkan beberapa hosting menawarkan SSL gratis kepada para penggunanya, contohnya seperti imunify360 Anti Malware. 

Jadi, keamanan website Anda akan terjamin, dan upaya pencegahan kejahatan phising scam dapat dijalankan semaksimal mungkin.

4. Menekankan Manajemen Pengguna

Langkah terakhir untuk mengatasi phising scam adalah dengan menekankan manajemen terhadap pengguna. Seandainya website yang Anda memiliki banyak orang untuk mengelola, maka sistem pengetatan manajemen pengguna wajib diterapkan. 

Batasi penggunaan akses setiap orang, usahakan pilih orang terpercaya dalam menjalankan website tersebut. 

Demikian rangkuman seputar phising scam, cara mencegah dan mengatasinya. Perlu diketahui jika phising scam merupakan kejahatan online yang akan merugikan korban dengan hilangnya data-data penting. Semoga diatas dapat bermanfaat bagi Anda, tetap waspada terhadap kejahatan jenis ini.