fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

PengetahuanSistem KeamananTechnologyWordpress

Apa itu MySQL? Pengertian, Fungsi dan Cara Kerjanya

Fitri handayani

Sebuah website membutuhkan database server yang berguna untuk menyimpan berbagai informasi. Nah, MySQL merupakan sistem manajemen database yang dapat di gunakan untuk kebutuhan tersebut. Bagi Anda yang berencana menjalankan website.

Tentu Anda perlu tahu apa itu MySQL? pengertian, fungsi dan cara kerjanya. Di sini kita akan melihat beberapa informasi tentang apa itu MySQL, pengertian, fungsi dan cara kerjanya. Simak artikel berikut ini.

Apa itu MySQL?

MySQL adalah sebuah database management system ( DMS) dengan perintah dasar Structured Query Language (SQL) yang sering di gunakan dalam membangun aplikasi dan website. DBMS MySQL cukup populer dan di katakan penggunanya mencapai 6 juta di seluruh dunia.

MySQL merupakan DBMS open source yang terbagi dalam dua bentuk lisensi, yaitu Free Software dan Shareware. Free Software artinya siapa saja dapat mengakses perangkat lunak tersebut, sedangkan Shareware adalah perangkat lunak berpemilik yang memiliki batasan atau batasan dalam penggunaannya.

Pengertian MySQL

MySQL adalah sistem manajemen basis data sumber terbuka. Sedangkan database sendiri di perlukan untuk membangun aplikasi atau website untuk menyimpan berbagai data berupa informasi. Beberapa data yang perlu di simpan oleh aplikasi atau website antara lain username, password, informasi, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, Anda perlu memiliki sistem manajemen database seperti ini.

Fungsi MySQL

Telah di jelaskan sebelumnya bahwa MySQL adalah sistem manajemen database untuk menyimpan data pada website dan aplikasi. Oleh karena itu, fungsi utamanya adalah mengelola informasi dalam database sisi server menggunakan bahasa pemrograman SQL.

Perlu di ketahui bahwa hampir semua pihak hosting menyediakan manajemen basis data ini untuk pengembangan website. Memahami manajemen basis data ini yang memiliki banyak fitur akan membantu Anda mengelola database di web. Pada dasarnya MySQL menyediakan beberapa perintah yang memiliki fungsi untuk mengelola database.

Di antaranya adalah sebagai berikut:

Data Definition Languange (DDL)

Apa itu Data Definition Languange (DDL)? DDL merupakan subcommand yang fungsinya untuk membangun struktur database. Ada 3 perintah penting di dalamnya yaitu create, release dan juga alter.

Data Manipulation Languange (DML)

Data Manipulation Languange berisi beberapa sub perintah yang fungsinya untuk memanipulasi database yang telah di buat. Beberapa perintah yang terdapat dalam DML antara lain insert, select, update dan delete.

Data Control Languange (DCL)

DCL adalah subcommand yang berfungsi untuk mengontrol data dan database server. Ada dua perintah DCL yang di sertakan dalam alat ini, yaitu Grant dan Revoke. DCL yang sama ini memberikan hak akses database. Berikut beberapa contoh penerapannya:

  • Mengakses database
  • Mendefinisikan space
  • Alokasikan space
  • Melakukan audit penggunaan database

Cara Kerja

Pada dasarnya, MySQL bekerja menggunakan struktur client-server. Klien di sini adalah komputer yang terhubung ke server melalui Internet. SQL pada awalnya di kembangkan untuk dapat mengelola semua database besar dengan cepat.

Bahkan jika hanya di instal pada satu mesin, SQL dapat mengirim database ke beberapa lokasi. Ini karena pengguna dapat mengaksesnya melalui antarmuka pada klien SQL yang berbeda.

Berikut adalah deskripsi sederhana tentang cara kerjanya:

  • Membuat database untuk menyimpan dan memodifikasi data, dengan RDBMS untuk mendefinisikan hubungan antara setiap tabel.
  • Client dapat menjalankan perintah tertentu melalui Graphical User Interface (GUI).
  • Jika perintah di tulis dengan benar, Server akan merespon perintah client yang menampilkan informasi yang diminta di layar komputer.

Di sini ada hal yang harus lebih di perhatikan yaitu pemilihan GUI MySQL yang akan di gunakan oleh client. Alasannya karena GUI yang paling ringan dan intuitif yang di gunakan, proses pengelolaan data akan lebih cepat dan mudah.

Saat ini, yang paling populer digunakan adalah MySQL Workbench, SequelPro, DBVisualizer dan Navicat DB Admin Tool. Untuk pengelolaan database website, GUI yang paling populer digunakan adalah phpMyAdmin.

Itulah penjelasan singkat tentang apa itu MySQL? pengertian, fungsi dan cara kerjanya. Semoga menambah pengetahuan bagi anda yang ingin mempelajari lebih dalam tentang dunia komputer khususnya dunia programming.

Baca Juga