fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

PengetahuanTechnology

Apa Itu Microsoft Edge, Fitur, Kelebihan serta Kekurangannya

Yanti puspita

Apa itu Microsoft Edge – Browser merupakan media penghubung antara para pengguna internet dan mesin pencari untuk menjelajahi dunia maya. Saat ini sudah banyak sekali browser yang tersedia dan dapat kamu gunakan untuk mencari informasi di internet. Salah satunya adalah browser web, Microsoft Edge.

Jika kamu biasanya menggunakan Chrome dan Mozilla Firefox sebagai browser utama, maka tidak ada salahnya jika kamu mencoba Microsoft Edge sebagai browser utama kamu yang baru.

Microsoft Edge ini hadir untuk menggantikan Internet Explorer di laptop dan komputer yang gagal memberikan kenyamanan bagi para penggunanya. Berikut ulasan yang akan membahas tentang apa itu microsoft edge dengan lebih mendetail.

Mengenal Apa Itu Microsoft Edge

Apa itu microsoft edge? Microsoft Edge adalah browser yang di kembangkan oleh Microsoft. Microsoft Edge di kembangkan berdasarkan Chrominium yang memungkinkan dukungan ekstensi Google Chrome di Microsoft Edge.

Aplikasi ini di rilis pada Januari 2020, dan di gunakan untuk menggantikan Internet Explorer sebagai browser default. Namun sayangnya, Microsoft Edge hanya di gunakan sebagai browser bawaan Windows Phone 10 dalam versi yang lebih baik dari sebelumnya.

Fitur Microsoft Edge

Dalam prakteknya, Microsoft Edge memiliki banyak fitur yang dapat di gunakan untuk memudahkan pengguna dalam menjelajah internet. Berikut adalah beberapa fitur hebat yang perlu kamu ketahui setelah mengenal apa itu Microsoft Edge.

Integrasi Cortana

Cortana merupakan asisten pribadi yang di buat oleh Microsoft untuk memudahkan pengguna Windows 10. Dengan terintegrasi dengan cortana ini akan membantu kamu mencari sesuatu tanpa perlu mengetikkan kata kunci seperti halnya di browser lainnya.

Selain itu, Cortana ini juga terhubung dengan mesin pencari Bing yang akan memudahkan pengguna mencari informasi di internet.

Mengubah Tampilan dan Tema

Fitur hebat Microsoft Edge lainnya adalah memungkinkan pengguna untuk mengubah tampilan beranda. Microsoft Edge juga menyediakan dua tampilan yang dapat di pilih, Gelap dan Terang. Bahkan, kamu juga bisa mengubah beberapa bagian sesuai dengan kebutuhan mu.

Pengumpulan dan Pencatatan

Dengan menggunakan Microsoft Edge, pengguna dapat menambahkan koleksi ke halaman web. Kamu bisa menggunakannya dengan mengklik tombol Koleksi yang tersedia di bagian atas, lalu pilih halaman yang kamu inginkan. Kamu juga bisa menambahkan catatan, berbagi halaman di Microsoft 365, dan lainnya.

Mode baca

Microsoft Edge menyediakan fitur reading mode untuk pengguna, fitur ini sangat membantu kamu saat membaca artikel di internet. kamu bisa menggunakannya dengan mengklik tombol F9. Uniknya lagi, Microsoft Edge juga memiliki fitur membaca dalam mode audio yang akan memudahkan urusanmu. Dengan fitur ini, kamu tidak perlu membaca artikel, dan cukup mendengarkan saja.

Lakukan Quest dengan AI

Karena berkolaborasi dengan mesin pencari Bing, menjadikan Microsoft Edge memiliki fitur khusus yang terintegrasi dengan Chatbot. AI Bing Chatbot yang ada di microsoft ini menjadikannya memiliki kemampuan untuk membantu pengguna menjelajahi web secara lebih efektif karena memiliki teknologi AI.

Hal ini memungkinkan pengguna untuk menghemat waktu dalam menemukan informasi yang di butuhkan. Selain itu, Microsoft Edge juga di lengkapi dengan teks prediktif dan fitur pelengkapan otomatis yang membantu kamu mencari lebih cepat dan mudah.

Menandai Halaman Web

Saat menjelajah internet, kamu pasti menemukan halaman dengan konten yang kamu sukai sehingga kamu ingin bisa kembali lagi nanti. Dengan menggunakan Microsoft Edge, maka kamu tidak perlu khawatir akan halaman web yang hilang.

Ada fitur manajemen halaman Web yang bisa kamu gunakan untuk mem-bookmark halaman yang kamu inginkan. Fitur ini bisa menyimpan halaman yang di-bookmark. Selain itu, fitur Web Management juga memiliki fungsi untuk mengelola riwayat penelusuran, menghapus riwayat, atau membersihkan cache.

Keamanan dan Privasi

Keamanan data sangat penting dari serangan cybercrime. Fitur ini hadir di Microsoft Edge untuk memblokir pelacakan iklan dan pelacakan lain yang mungkin mengumpulkan data pribadi.

Microsoft Edge juga di lengkapi dengan fitur anti phising sehingga dapat memperingatkan kamu saat melakukan browsing dan membuka situs palsu yang dapat membahayakan perangkat atau data pribadi kamu. Hal ini bisa membuat kamu lebih nyaman menggunakan browser yang satu ini.

Kelebihan Microsoft Edge

Microsoft Edge memiliki banyak keunggulan yang dapat memudahkan kamu saat menjelajah internet. Berikut kelebihan Microsoft Edge.

Lebih Ringan

Keunggulan browser Microsoft Edge yang pertama adalah lebih ringan di bandingkan browser lainnya. Berbasis Chrominium, menjadikan Microsoft Edge sebagai browser yang menggunakan lebih sedikit memori dan lebih hemat baterai.

Integrasi dengan Produk Microsoft

Microsoft Edge selalu terintegrasi dengan berbagai produk Microsoft, seperti Microsoft 365, Cortana, ekstensi, dan pihak ketiga. Jadi, kamu bisa terhubung dengan berbagai produk Microsoft lain nya di microsoft ini.

Penampilan Lebih Menarik

Microsoft Edge memungkinkan kamu untuk mengubah tampilan dan tema yang kamu inginkan. Tentu saja kamu bisa mengubah tema Microsoft Edge ini dengan tema favorit kamu dan menjadikannya lebih menarik.

Memiliki Fitur Tambahan

Microsoft Edge memiliki berbagai fitur tambahan seperti Reading Mode, Notes, Cortana, dan lainnya. Fitur ini akan membuat kamu lebih nyaman saat berselancar di internet.

Lebih Hemat Daya

Keunggulan Microsoft Edge lainny adalah memiliki mode hemat daya dan meningkatkan masa pakai baterai perangkat seluler sehingga pengguna tidak perlu khawatir baterai cepat habis. Mode ini bisa di aktifkan dengan mengklik ikon baterai di pengaturan Microsoft Edge.

Kekurangan Microsoft Edge

Walaupun microsoft ini memiliki banyak keunggulan, akan tetapi Microsoft Edge juga memiliki beberapa kekurangan yang harus kamu ketahui. Di bawah ini adalah kekurangan Microsoft Edge.

Tidak Didukung di Semua Versi Windows

Tersedia untuk Versi 10 ke atas menjadikan windows ini tidak bisa di gunakan semua versi windows. Namun, jika kamu menggunakan versi Windows 7 dan 8, maka kamu tidak bisa menggunakan Microsoft Edge ini.

Tidak Semaksimal Google Chrome

Kelemahan dari Microsoft Edge ini yang selanjutnya adalah tidak terhubung dengan produk Google lainnya. Apabila jika kamu ingin mengakses Google Meet, Google Docs, Google Drive, maka mungkin Chrome bisa menjadi browser pilihanmu.

Kurangnya Dukungan Ekstensi

Kelemahan Microsoft Edge selanjutnya adalah kurangnya dukungan ekstensi. Meskipun peningkatan telah di lakukan pada beberapa ekstensi, masih banyak ekstensi yang masih dalam versi beta dan terbatas di bandingkan dengan Google Chrome dan Mozilla Firefox.

Kurangnya Fitur Sinkronisasi

Fitur sinkronisasi sangat penting untuk menyinkronkan data di beberapa perangkat. Namun, di Microsoft Edge fitur ini masih sangat lemah.

Bahkan beberapa pengaturan data tidak dapat di sinkronkan melalui akun Microsoft. Ini menjadi masalah karena akan sulit bagi kamu untuk mengaksesnya di perangkat yang berbeda.

Nah, demikianlah artikel mengenai apa itu Microsoft Edge, kamu bisa memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia untuk memudahkan kamu menjelajah internet. Semoga artikel di atas bermanfaat, ya!

Baca Juga