fbpx

Apa Itu Link Building, Ketahui Pengertian Dan Jenis-Jenisnya

Salah satu teknik jangka panjang yang banyak direkomendasikan oleh praktisi SEO untuk memaksimalkan website adalah link building. Lantas sebenarnya apa itu link building? Haruskah Anda juga menerapkannya pada website yang Anda kelola saat ini?

Apa Itu Link Building?

Apa itu link building dapat diartikan sebagai kegiatan untuk mendapatkan link atau pranala dari website lain ke website Anda. Sedikit berbeda dari link biasa, jenis link ini juga disebut sebagai backward link (backlink) alias pranala balik. Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan referral domain.

Karena banyak dirujuk oleh domain lain, maka website Anda pun dianggap lebih terpercaya melalui Google Trust. Dengan demikian, website Anda pun akan lebih direkomendasikan oleh Google dan dimunculkan di pertingkat teratas di halaman hasil penelusuran (SERP) berdasarkan kata kunci yang relevan. Inilah mengapa link building bisa menjadi pilihan optimasi jangka panjang yang efektif.

Efektifitas link building yang dilakukan tentunya akan dipengaruhi oleh kualitas dari backlink itu sendiri. Backlink berkualitas datang dari website yang relevan, kredibel dan memiliki traffic yang stabil. Sebuah backlink berkualitas memiliki nilai yang jauh lebih efektif dibanding ratusan backlink dari website abal-abal.

Jenis-Jenis Link Building

Meskipun terkesan sederhana, nyatanya link building ini dapat dibedakan menjadi beberapa jenis berdasarkan sumber link dan cara mendapatkannya. Berikut penjelasannya:

Internal Link Building

Internal link building sendiri merupakan strategi membangun backward link dari satu halaman web menuju halaman lainnya (masih di dalam website yang sama) yang masih saling berhubungan atau relevan.

Eksternal link building

Jenis link building yang satu ini mewajibkan Anda untuk menggunakan website yang Anda target sebagai tempat menaruh link. Atau dengan kata lain anda mencari backward link dari website luar menuju website Anda.

Link Building Natural – Jenis ini adalah link building terbaik yang bisa Anda dapatkan. Bagaimana tidak? Orang lain akan dengan senang hati menaruh link Anda di website mereka tanpa diminta.

Link Building Outreach – Jenis ini mengharuskan Anda untuk menghubungi pemilik website dan meminta mereka untuk memasang link Anda. Outreach ini adalah jenis link building paling umum yang sering dipraktikkan. Apalagi bagi website baru yang masih kecil dan belum terkenal.

Link Building Sesat (Wajib Dihindari agar tak Dihukum Google!) – jenis ini biasanya bertujuan untuk menipu Google. Jadi, seolah-olah konten di website itu relevan dan penting padahal tidak sama sekali. Dari jual beli backlink hingga hasil kegiatan spam

Manfaat Menggunakan Strategi Link Building

1. Untuk Membuka Jalinan Hubungan Baru

Ketika link building yang dibuat menuju pada sumber referral domain, maka Anda bisa mendapat peluang membuka jalinan hubungan baru. Kesempatan ini sangat baik untuk pelaku bisnis yang ingin memperlebar sayap bisnis. Langkah ini bisa menghadirkan peluang orang untuk mengikuti profil media sosial, blog, atau berlangganan RSS feed yang Anda miliki.

2. Peningkatan Branding Website atau Perusahaan

Peningkatan branding akan website dan merek bisa dimulai dari link building yang baik. Promosi yang terarah pada web, bisa saja mengantarkan pengunjung pada halaman promosi. Hal ini akan meningkatkan peluang pembelian, begitu pula dengan branding.

3. Peningkatan Skor Otoritas Situs

Mengenal apa itu link building dan manfaatnya juga berkaitan dengan SEO. Pada dasarnya link yang dibangun memberi kesempatan untuk membuat orang menemukan halaman komersial bisnis yang dijalankan. Jika Anda berhasil meletakkan link di situs populer, maka akan membantu menarik konsumen, mempresentasikan perusahaan, dan meningkatkan SEO website bisnis.

4. Promosi Berjangka Panjang

Jangan kaget jika Anda bisa menemukan informasi lawas dari Internet. Hal ini karena internet adalah sumber data yang terus bertumbuh dan tidak memiliki batas waktu. Memiliki link yang berkualitas, maka bisa jadi website Anda akan terus mendapat pengunjung dalam waktu yang lama juga. Hal ini karena potensi promosi berjangka panjang.

Namun, tentunya Anda perlu memberikan link berkualitas tinggi yang tidak akan berhenti memberi informasi terkait data. Untuk membuatnya pun perlu perhitungan. Mulai dari jenis, tempat link, hingga penempatan address yang sesuai.

5. Lalu Lintas Referal

Link building yang baik juga berkaitan dengan nilai SEO yang tinggi. Setelah mengenal apa itu link building dan manfaatnya, bisa dikatakan Anda bisa mengarahkan lalu lintas dengan menggunakan link. Hal ini lebih menguntungkan dalam jangka panjang.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!