fbpx

Apa Itu Dark Web, Ketahui Fakta Tersembunyi Dibaliknya

Makin sering digunakan, makin terungkap sisi gelap dari , salah satunya dark . Apa itu dark web? Dark web adalah bagian lain dari internet yang tidak bisa dikunjungi oleh sembarang orang. Untuk memasukinya, pengguna memerlukan bantuan agar perangkatnya anonim dan tidak bisa terlacak.

Rumor yang paling santer terdengar dari dark web yaitu sering digunakan dalam transaksi ilegal. Padahal hal tersebut tidak sepenuhnya benar, ada beberapa fakta yang jarang diketahui banyak orang. Apa saja faktanya? Simak jawabannya dalam ulasan berikut ini!

Apa Itu Dark Web?

Dark web adalah overlay di darknet di mana untuk mengaksesnya memerlukan software, otorisasi, dan konfigurasi tertentu. Internet sendiri memiliki 3 overlay jaringan yaitu surface web, deep web, dan dark web. Web ini berada di lapisan paling dasar internet, sehingga tidak semua orang bisa mengunjunginya.

Karena cukup tersembunyi, konten yang termuat di dalamnya pun cukup misterius. Banyak orang menduga web ini digunakan untuk hal terlarang dan berbau kriminal di pasar ilegal. Benarkah hal tersebut? simak fakta sebenarnya dari dark web berikut ini!

Tidak Hanya Orang Jahat Yang Menggunakannya

Jika ada yang bertanya apa itu dark web, pasti jawabannya selalu berkaitan dengan tindak kriminal. Dark web memang banyak digunakan untuk transaksi ilegal dan melanggar hukum. Terbukti ada beberapa kasus kejahatan yang menggunakan alamat ini sebagai media transaksi. Contohnya hacking, manusia dan organ, transaksi narkotika, pedofilia, dan masih banyak lagi.

Baca Juga :  Panduan Cara Membuat Maintenance Page WordPress yang Bagus

Ternyata selain orang-orang jahat, banyak instansi yang memanfaatkan web gelap ini. Seperti advokat, jurnalis, pemerintahan, penegak hukum, dll. Perusahaan yang terang-terangan mengakses web ini antara lain ProPublica, DuckDuckGo, dan .

Fakta Tentang Dark Web

Fakta lain yang terungkap yaitu surface web jauh lebih sering digunakan untuk kejahatan dibanding dark web. Hanya kejahatan kelas kakap yang menggunakan jaringan dark web ini.

Keberadaannya Tidaklah Ilegal

Karena jarang dipakai, banyak orang mengira dark web merupakan jaringan internet yang terlarang atau ilegal. Padahal dark web merupakan bagian internet yang resmi dan bisa diakses siapa saja. Hal yang menjadi terlarang adalah tindak kejahatan yang dilakukan di dalamnya.

bahkan menyediakan pintu masuk gratis bagi pengunjung dark web yaitu Tor . ini telah dimodifikasi oleh Firefox untuk memproleh extension keamanan dan privasi. Selain itu, pengguna harus menggunakan enkripsi agar datanya aman dari penyalahgunaan.

Tingkat Keamanan Data Rendah

Sebagian orang melarang web ini untuk dikunjungi, karena memang pengunjungnya tidak 100% aman. Sebenarnya web ini telah menerapkan extension dan enkripsi, tetapi tidak bisa memproteksi keseluruhan privasi. Ingat, web ini juga menjadi sarang bagi hacker internasional untuk melancarkan aksinya. Jadi datamu bisa dengan mudah dicuri dan disalahgunakan jika mereka mau.

Tujuan Dibentuk

Lalu mengapa dark web tetap dibolehkan beroperasi padahal digunakan untuk kejahatan? Sebenarnya tujuan penciptaannya sangatlah baik yaitu untuk intelejen sehingga data bisa terlindungi.

Sayangnya dengan tingkat kerahasiaan cukup tinggi ini keberadaannya banyak disalahgunakan orang tidak bertanggung jawab untuk mencari keuntungan sepihak.

Selain intelejen, tujuan lain dari web tersebut yaitu menyediakan tempat bagi penggunanya untuk bisa mendiskusikan apapun. Tanpa takut adanya sensor dan kebocoran data. Sehingga dibanding surface web, saat ini dark web lebih diminati masyarakat.

Baca Juga :  Cara Paling Mudah Untuk Membuat Web Jadi Aplikasi Desktop

Nah, itulah ulasan lengkap mengenai apa itu dark web dan beberapa fakta tersembunyi yang jarang diketahui masyarakat. Semoga dengan informasi ini citra buruk dari web ini bisa secara perlahan memudar. Namun, penggunaannya tetap harus bijaksana sehingga tidak akan terjadi hal-hal yang merugikan.