fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

Apa Itu Copyscape? Ketahui Pengertian dan Cara Kerjanya

Yodik Prastya

Jika kamu baru berkecimpung di dalam dunia penulis, pastinya bertanya apa itu Copyscape? Pasalnya di dunia penulis kerap kali disebutkan tentang Copyscape. Bahkan tak jarang para penulis yang menggunakan istilah Copyscape premium terkait hasil penulisannya.

Memang Copyscape tergolong penting lantaran berhubungan dengan tingkat keaslian yang dipunyai oleh sebuah artikel. Karena itulah banyak orang yang menjadikan Copyscape sebagai solusi untuk mendeteksi plagiarism dan membuktikan keaslian tulisan. Lantas apa yang dimaksud dengan Copyscape itu sendiri? Berikut informasi selengkapnya untuk kamu.

Apa Itu Copyscape?

Apa itu Copyscape? Copyscape adalah suatu layanan atau tool yang dapat mengecek apakah artikel tulisan kamu. Dengan demikian diketahui apakah tulisan itu sudah pernah ditulis sebelumnya oleh orang lain atau belum.

Selain itu Copyscape juga dapat mengecek apakah tulisan kamu dibajak atau dicopy oleh orang lain atau belum. Sebaliknya pula, dengan Copyscape kamu bisa mengetahui tulisan karya sendiri justru hasil bajakan atau mengcopy milik orang lain.

Dengan alat satu ini, kamu dapat mengetahui tingkat orisinalitas tulisan yang sudah dibuat. Selain demikian kamu pun dapat memperbaiki jika ditemukan atau terdapat tulisan yang sama. Sebagai informasi, Copyscape ini menyediakan dua jenis layanan untuk penggunanya. 

Layanan yang pertama sifatnya gratis atau free, sedangkan layanan kedua berbayar alias premium. Untuk layanan gratis, maka fasilitasnya terbatas dan tak dapat melihat tingkat originalitas artikel sampai menyeluruh.

Tetapi jika berbayar, maka bisa dan cukup efektif untuk mengetahui tingkat keaslian suatu artikel. Berdasarkan penjelasan tersebut, kini kamu sudah mengetahui apa itu Copyscape.

Bagaimana Layanan Copyscape Dapat Membantu Penulisan Artikel?

Seperti yang diketahui, agar bisa memakai Copyscape maka dapat menggunakan versi gratis atau berbayar. Cara menggunakannya pun sangat mudah, kamu bisa mengikuti langkah di bawah ini:

  1. Pertama-tama kamu dapat membuka situs resmi Copyscape di www.copyscape.com.
  2. Berikutnya akan muncul halaman depan situs Copyscape lengkap dengan kolom pencarian. Silahkan kamu masukkan alamat URL dan artikel yang ingin diperiksa menggunakan Copyscape, lanjutkan dengan tekan Go.
  3. Jika sudah, Copyscape akan menampilkan hasil dan notice, apakah artikel yang diperiksa merupakan hasil dari jiplakan atau bukan.
  4. Kalau artikel kamu lolos dari pemeriksaan copyscape maka nantinya muncul tulisan “No result were found..” sebaliknya, apabila artikel kamu terdeteksi plagiat, maka terdapat pemberitahuan “… result found for home..” kata atau kalimat yang terkena plagiat dan nama situs.

Apabila sebuah artikel telah lolos dari Copyscape, tentu saja artikel itu sudah dapat dikatakan sebagai artikel yang berkualitas tinggi. Di mana artikel itu diakui sebagai tulisan asli buatan kamu dan tak menjiplak tulisan milik orang lain terlebih mencuri hasil karya orang.

Bagaimana Agar Artikel Lolos Copyscape?

Tak hanya memahami apa itu Copyscape, penting juga untuk kamu pahami agar artikel lolos dari Copyscape. Dengan demikian, hal itu membuktikan bahwa artikel kamu buatan sendiri dan mengartikan tulisan berkualitas terbaik.

Karena itulah penting untuk kamu ketahui bagaimana cara menulis artikel supaya bisa lolos pemeriksaan oleh Copyscape. Salah satu cara yang dapat kamu coba yakni dengan rewrite artikel. Adapun rewrite bukanlah menjiplak tetapi menggunakan artikel milik orang lain sebagai referensi.

Kamu hanya mengambil intinya, lalu menuliskannya kembali menggunakan bahasa sendiri. Dengan demikian, artikel akan terbebas dari plagiasi sekaligus Copyscape.

Itulah jawaban lengkap atas pertanyaan apa itu Copyscape yang penting untuk kamu pahami sebagai salah satu penulis baru.

Baca Juga