fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Pengetahuan

Apa Itu Chat GPT? Simak Pengertian & Cara Menggunakannya

Wiliam

Berkutat dengan dunia digital memang ada banyak sekali istilah baru yang bermunculan setiap harinya. Salah satu yang terbaru adalah chat GPT, sudahkah  anda mendengar istilah satu ini? Artikel kali ini, kita akan membahas apa itu chat GPT dan bagaimana cara menggunakannya.

Pengertian Chat GPT

 Chat GPT sendiri merupakan chatbot pintar yang merupakan produk dari perusahaan riset dengan kegunaan untuk mengembangkan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI). fitur ini bisa memahami serta membuat teks dengan karakteristik seperti manusia melalui deep learning  dan pembelajaran mesin. Serta bisa memahami konteks serta makna dari sebuah percakapan lalu memberi  jawaban yang sesuai.

Chat GPT  Dilatih menggunakan big data sehingga kemampuan yang dimilikinya dalam berbicara serta memahami berbagai topik seperti hiburan, sosial, teknologi, ilmu pengetahuan terbilang mumpuni, layaknya manusia.

Mengakses chat GPT tergolong mudah dan anda hanya perlu membuat akun setelahnya bisa menjelajahi betapa canggihnya teknologi satu ini. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Buka link chat GPT
  • klik login atau sign up jika sudah punya akun
  • Jika memiliki akun  Google akan semakin baik karena proses lebih cepat
  • Setelah login, Chat GPT bisa langsung digunakan

Mengakses chat GPT bisa melalui website OpenAI, beberapa platform lain yang sudah terintegrasi langsung dengan ChatGPT, yakni Slack dan Discord. 

Teknologi satu ini pun menyediakan fitur berbayar bagi perusahaan yang membutuhkan kemampuan nya. Adapun fasilitas yang didapatkan dari Chat GPT berbayar lebih premium daripada yang versi gratis. UntukNya, bagi perusahaan yang berencana menggunakan teknologi satu ini sebaiknya menyiapkan anggaran tersendiri.

Fungsi Chat GPT

Diluncurkan dengan berbagai manfaat untuk membantu Anda, beberapa kegunaan Chat GPT adalah sebagai berikut:

1. Text Generator

Fungsi chat  GPT yang pertama adalah text generator bisa dimanfaatkan oleh industri kreatif guna menciptakan konten berupa teks maupun tulisan hingga beberapa output lain berupa cerita.

2. Video Generator

ChatGPT juga dimanfaatkan sebagai voice Generator guna menghasilkan konten berupa suara buatan berdasarkan teks yang sudah disiapkan. Anda yang memerlukan konten seputaran ini tentu akan sangat terbantu dengan fitur ChatGPT. 

3. Chatbot

Berfungsi untuk membalas pesan atau Revue konsumen dengan cepat dan efektif. Itu akan sangat bermanfaat untuk Anda yang memiliki usaha dengan menjajakan berbagai produk barang atau jasa. ChatGPT secara tidak langsung bisa berperan sebagai seorang customer service.

4. Memberikan Informasi

Bagi Anda yang kadang merasa malas mencari informasi dan melakukan Scroll di beranda Google, maka bisa menanyakan langsung di ChatGPT. Teknologi ini akan memberikan informasi yang akurat, lengkap, bahkan ringkas sesuai dengan request Anda.

5. Sebagai Translator

Fungsi ChatGPT selanjutnya yakni menjadi translator Ada yang membutuhkan terjemahan bahasa asing. Tak perlu lagi mencari arti dari artikel bahasa asing satu persatu, melalui satu teknologi  yakni ChatGPT,  kemudahan ini bisa didapatkan sekaligus.

6. Coding

Menariknya lagi, Chat GPT juga bisa berfungsi sebagai alat Koding atau penyusunan kode pemrograman sesuai yang diperintahkan penggunanya. Sudah beberapa orang yang membuktikan kemampuan ChatGPT dalam hal

Pemrograman ini. Salah satu pengguna telah membuat Kalkulator dengan bahasa pemrograman python melalui teknologi ChatGPT.

Bagaimana Cara Kerja Teknologi Ini?

Cara kerja ChatGPT sendiri lebih deep learning dan menghasilkan bahasa serta output layaknya manusia. Ada beberapa proses yang dilakukan teknologi satu ini, yakni:

  • Enkode pertanyaan, pertanyaan yang diterima oleh ChatGPT akan diubah secara representasi matematis menggunakan encoder (contohnya transformer)
  • Generate Prediksi. Yakni, gunakan sebuah encoder  lalu  ChatGPT akan membuat pereduksi jawaban dengan memproses data training yang sudah didapatkannya melalui keseluruhan proses latihan
  • Decode jawaban. Prediksi jawaban tersebut kemudian dikonversi menjadi teks menggunakan decoder
  • Rangking dan seleksi, dimana ChatGPT akan membuat beberapa jawaban. Lalu menggunakan algoritma rangking dan seleksi untuk melihat jawaban paling cocok  dengan pertanyaan yang didapatkan.

Cara sederhana, ChatGPT melakukan proses pengerjaan adalah cara mengolah pertanyaan lalu direpresentasikan secara matematis kemudian memprosesnya menggunakan data training yang diperoleh melalui pelatihan kemudian memberikan hasil jawaban yang paling relevan dengan pertanyaan Anda.

Kelebihan dan Kekurangan Chat GPT

Hadir dengan banyak sekali manfaat, tentuChatGPT Tetap memiliki sejumlah kekurangan. Berikut ini beberapa keunggulan dan kekurangan nya yang akan dibahas satu-persatu:

  • Kelebihan

kelebihan ChatGPT ini bisa memahami bahasa manusia dan menghasilkan jawaban natural. Itulah mengapa teknologi ini sangat cocok dijadikan sebagai pengganti customer service, karena kemampuannya menjawab pertanyaan secara natural layaknya manusia.

Selain itu, ChatGPT juga bisa mengenali konteks dengan baik dan menjawab sesuai dengan pertanyaan yang diberikan. Serta melakukan personalisasi dan memberikan jawaban sesuai dengan kebutuhan yang diminta oleh penggunanya. ChatGPT buat menggunakan big data sehingga kemampuan membuat jawaban lebih baik.

  • Kekurangan

 Diantara banyak kelebihan ChatGPT, beberapa kekurangan yang cukup merugikan. Yang pertama adalah resiko Plagiarisme lebih besar dan tidak mampu memberikan respon emosional sama seperti manusia pada umumnya. Selain itu, kemampuan ChatGPT juga terbatas terutama pada pemrosesan gambar dan video.

Kekurangan dan kelebihan di atas kembali lagi kepada setiap pengguna bagaimana bijaksananya mereka dalam menggunakan teknologi satu ini. Sekedar informasi, ChatGPT Artinya sangat berbeda dengan Google, baik dari segi cara kerja maupun fungsinya..

Google pada dasarnya dirancang untuk menemukan informasi di internet melalui Google search, sedangkan ChatGPT  buat untuk memberikan jawaban dan memahami bahasa manusia berdasarkan data yang sudah dirancang sedemikian rupa melalui deep learning.

Baca Juga