fbpx

Apa itu Browser? Pengertian, Fungsi dan Cara Menggunakannya

Browser adalah yang harus disertakan di semua perangkat modern. Gadget apa pun yang Anda gunakan, baik itu smartphone, laptop, atau tablet, harus memiliki browser bawaan. Alasannya tentu saja karena penjelajahan merupakan fitur penting yang pasti dibutuhkan semua orang, karena tanpa peramban Anda tidak dapat menjelajahi web dan tidak meminta apa pun kepada Google.

Web browser adalah aplikasi yang digunakan untuk mengakses Wide Web (WWW), atau lebih sederhananya, situs web.Singkatnya, fungsi utama browser web adalah membuat HTML, bahasa markup yang membentuk situs web utama. Saat browser memuat halaman web, browser memproses HTML, yang dapat menyertakan teks, tautan, atau referensi ke file gambar, CSS, dan JavaScript.

Lebih khusus lagi, beberapa fungsi browser antara lain:

1. Mengumpulkan informasi dari Internet dan memprosesnya sehingga mudah diakses oleh pengguna. Hubungkan pengguna ke server situs web dengan cepat dan mudah tanpa membebani pengguna dengan masalah teknis. tambahan untuk menjalankan applet Java dan konten Flash.

2. Simpan situs web dalam bentuk cache untuk membuat situs web memuat lebih cepat pada kunjungan berikutnya. Fungsi dasar termasuk kembali, maju, muat ulang, berhenti, multi-tab, unduh dan banyak lagi. Meskipun fungsi dasarnya sama, setiap browser harus menawarkan fungsi tambahan yang unik. Anda mungkin menemukan sesuatu di Opera yang tidak Anda temukan di Chrome dan Firefox. Dengan banyaknya pilihan, Anda mungkin akan kesulitan untuk memilih . Rekomendasi browser web berikut dapat membantu Anda

Baca Juga :  Macam-Macam Ekstensi Domain yang Perlu Anda Ketahui

3. Memudahkan dalam mencari informasi di Internet Pada dasarnya ketika kita ingin browsing atau berselancar di dunia maya, kita membutuhkan web browser sebagai media untuk browsing itu sendiri. alamat situs web yang mereka minta . 4.Menyimpan data di Internet Jika Anda menggunakan web browser, Anda mungkin pernah mendengar kata bookmark di web browser. Sekarang fungsi bookmark memiliki fungsi penyimpanan data di Internet, yang suatu hari nanti dapat Anda buka kembali tanpa harus pergi ke mesin pencari.

Cara kerja web browser dapat Anda pahami dengan membagi bagian-bagiannya menjadi dua bagian, yaitu:

1. Frontend

antarmuka pengguna untuk mengoperasikan dan menampilkan halaman web.

2. Backend

area browser saat memproses data ke dan dari situs web target. Ini termasuk server, database, aplikasi dan banyak lagi. Anda dapat membayangkan bagaimana browser bekerja dengan analogi restoran. Bagian depan adalah tempat Anda memesan menu sedangkan bagian belakang adalah dapur tempat koki menyiapkan pesanan Anda.

Setelah semuanya siap, pesanan Anda akan disajikan di meja makan dalam bentuk hidangan yang lezat.

Tanpa Anda ketahui bagaimana orang-orang di belakang sana (backend) melakukannya. Secara berurutan, kita dapat membagi alur kerja browser menjadi 4 langkah, yaitu: Anda mengirim permintaan (url situs web atau istilah pencarian) ke browser.

1. Browser memproses permintaan Anda dan mengirimkannya ke server situs web yang ingin Anda kunjungi. Server situs web menerima permintaan Anda dan kemudian membuat data tersedia untuk browser.

2. Browser memproses data dari server dan menampilkannya dalam bentuk halaman web. Ini terjadi di bagian belakang browser.

3. Tanpa bantuan browser, Anda hanya mendapatkan data berupa kode-kode kompleks (HTML, XML, CSS, PHP, JavaScript, dll) dan file acak dari web server.

Baca Juga :  Mengenal Jenis-jenis Mail Server dan Fungsinya

4. Browser adalah yang memproses semua data dan kemudian menampilkannya dalam format visual yang kita kenal sebagai situs web.Begitulah cara kerja web browser dalam menjalankan tugasnya sebagai media pencarian informasi melalui internet.

Kemudian fungsi dan kegunaan dari web browser itu sendiri akan dibahas. Itulah apa itu browser? ,fungsi dan cara penggunaannya.