fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Business

Apa Itu Bitly, Pengertian dan Manfaatnya untuk Promosi Produk!

Wiliam

Bitly merupakan layanan yang  bisa membantu Anda memperpendek link agar Anda bisa memberikannya secara praktis ke media sosial. Link ini tentu sangat dibutuhkan untuk promosi jasa maupun produk bukan? namun banyak yang mengeluh karena terlalu kepanjangan dan merusak tampilan, nah Bitly adalah solusinya.

Apa itu Bitly?

Sebelum membahas lebih jauh seputar layanan ini, Anda terlebih dulu harus mengetahui sebenarnya apa Bitly ini. Secara sederhana, bitly merupakan sebuah website yang didalamnya menyediakan layanan untuk menyingkat tautan yang akan Anda bagikan ke sosial media. Dengan memanfaatkan layanan ini, promosi Anda menggunakan link akan semakin mudah.

Bitly memudahkan Anda untuk mengingat link dan menuliskannya karena link akan menjadi lebih singkat, dan rapi. Cocok untuk Anda sematkan di story instagram maupun facebook sebagai bentuk promosi. Terlebih lagi beberapa platform seperti twitter masih membatasi jumlah karakter di postingan ataupun informasi akun, maka peran Bitly ini akan sangat membantu Anda.

Kabar baiknya, Bitly bisa Bizzie gunakan secara gratis. Jika ingin berlangganan, Anda bisa memilih paket berbayar mulai dari $35/bulan dengan fitur canggih yang lengkap. Seperti:

·        Memakai domain sendiri menggunakan brand perusahaan

·        Meningkat beberapa link sekaligus guna menghemat waktu

·        Mengatur redirect agar Anda bisa berlaih ke halaman tujuan yang diinginkan.

Bagi pemilik bisnis dan beberapa konten creator mungkin sudah paham bagaimana Bitly ini sangat bermanfaat untuk dunia marketing. Beberapa keuntungan menyingkat link akan dijelaskan melalui poin berikut ini:

  •  Link terlihat profesional. Mengingat link asli itu tampilannya sangat panjang dengan kombinasi angka dan huruf yang berdempetan tentu akan sangat berantakan. Dengan menggunakan bitly, tampilan link terlihat lebih profesional
  • Meminimalisir kesalahan penulisan lik. Tampilan yang panjang tentu bisa membuat pusing dan memungkinkan Anda untuk salah menuliskannya. Memanfaatkan bitly akan membantu Anda menghindari kesalahan penulisan ini.
  • Cocok untuk di share ke media sosial karena beberapa platform masih membatasi jumlah karakter dan informasi akun. Dengan bitly, link yang panjang itu akan terlihat lebih rapi.

Bagaimana Cara Membuatnya?

Setelah mengetahui pengertian dan beberapa informasi penting lainnya, tentu Anda tidak ingin ketinggalan seputar bagaimana cara membuat Bitly ini bukan? simak informasinya di bawah ini:

  • Masuk ke halaman Bitly lalu pilih menu Sign up Free yang terletak di pojok kanan atas halaman utama
  • Pilih menu Get Started, kemudian pilih paket yang diinginkan. Jika ingin layanan gratis, maka pilih Gratis
  • Input username, alamat email yang aktif, serta password. Atau jika ingin lebih mudah, masuklah dengan akun google yang sudah terhubung dengan segala perangkat yang ada di ponsel.
  • Lakukan verifikasi melalui email yang sudah dikirim otomatis oleh pihak Bitly. Beberapa saat kemudian, Anda akan dibawa ke akun dashboard
  • Pilih menu create yang terletak di pojok kanan atas untuk menyingkat link yang diinginkan
  • Lalu akan muncul sidebar pada bagian sisi kanan layar dalam dilengkapi beberapa kolom. Anda bisa memasukkan link yang ingin disingkat pada kolom enter long URL.
  • Bila Anda ingin memantau performa link melalui Google Analytics, silahkan isi kolom Source, Medium, serta Campaign. Lalu klik Create.
  • Apabila sudah muncul popup sidebar, input informasi dibawah ini:

–          judul link

–          kustomisasi bagian belakang link

–          tag

Memberikan judul serta tag pada link yang sudah diringkas bisa mempermudah anda mencari serta menyaring tautan kedepannya. Sedangkan untuk kustomisasi bagian belakang link membantu Anda untuk menjelaskan seputar link tersebut.

Ketika semua proses sudah dilakukan, Anda sudah bisa membagikan link tersebut dengan memilih tombol copy atau share. Menu ini terletak pada bagian atas tek Edit Link. Membagikan link via QR Code juga bisa dilakukan, namun ini hanya berlaku untuk layanan Bitly berbayar saja.

Manfaat Menggunakan Bitly untuk Promosi?

Beberapa informasi di atas jika sudah dilakukan dengan benar, maka Anda sudah bisa merasakan manfaatnya. Lalu apa saja keuntungan Bitly? Yuk simak uraiannya berikut ini:

Fungsinya yang bisa menyingkat link membuat promosi menjadi lebih rapi dan tertata. Selain itu, Anda juga bisa mengubahnya sesuai kebutuhan, seperti mengkustomnya menjadi link yang memperlihatkan semua produk yang sedang diskon.

2. Ada Layanan Gratis

Selain berbayar, Anda juga bisa menikmati layanan Bitly secara gratis. Jangan khawatir soal fiturnya, layanan gratis pun sudah cukup untuk untuk mempersingkat tautan Anda.

Keuntungan berikutnya menggunakan Bitly adalah memungkinkan Anda untuk memantau performa link. Ini didiukung oleh adanya fitur analytics. Dengan beitu, Anda bisa mengetahui berapa kali link yang dibagikan itu diklik, dibagikan, serta lokasi orang yang melakukanna.

4. Keamanan Terjaga

Berbicara soal keamanan, link yang Anda singkat menggunakan Bitly telah dienkripsi protocol HTTPS. Sehingga lebih aman dari scam dan upaya pencurian informasi berbahaya lainnya.

5. Bisa Dihubungkan dengan Berbaai Layanan

Menariknya lagi, Anda bisa mengintegrasikan Bitly dengan beberapa layanan seperti media sosial  atau layanan marketing lain melalui API. Anda tak perlu lagi mengakses dashboard untuk menghubungkannya dengan beberapa layanan tersebut.

Manfaat lain yang  bisa didapatkan dari layanan Bitly adalah adalah bisa menyingkat link sebanyak yang dibutuhkan. Untuk versi gratis Bitly sendiri bisa menyingkat sekitar 100 link tiap bulannya. Jumlah ini sepertinya sudah sangat cukup untuk promosi setiap hari bukan?

Baca Juga