fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

Apa Itu Affiliate Marketing? Berikut Ulasan Lengkapnya

Yanti puspita

Di era digital ini, kebanyakan orang sudah terkoneksi dengan internet. Tak heran jika banyak orang yang mulai mencari penghasilan tambahan melalui internet. Salah satu yang bisa Anda lakukan dengan ikut program affiliate marketing. Penghasilan dengan pekerjaan ini cukup menjanjikan jika di lakukan dengan tekun.

Dengan affiliate marketing atau pemasaran afiliasi, Anda bisa mendapatkan uang dari internet kapan saja, di mana saja. Pada artikel ini Anda akan mempelajari apa itu affiliate marketing, cara kerja dan lain sebagainya.

Apa Itu Affiliate Marketing

Affiliate marketing adalah sistem bisnis yang membayar jasa seseorang ketika orang tersebut berhasil menjual produk atau jasa dari merchant atau perusahaan yang memiliki produk atau jasa dengan cara memasarkan secara online melalui internet dan mengharuskan orang lain untuk menjual produk/jasa itu sendiri.

Seseorang yang bergabung pada program afiliasi tidak selalu sendirian. Bahkan Ada sekelompok orang bahkan perusahaan pun dapat bergabung dengan afiliasi. Prinsip Affiliate Marketing adalah penjualan berbasis komisi. Contoh sederhana adalah ketika Anda berhasil menjual produk atau barang atau jasa.

Maka Anda secara otomatis menerima uang atau komisi dari penjualan produk tersebut. Sedangkan untuk packing dan pengiriman barang di lakukan oleh perusahaan yang menyelenggarakan program afiliasi itu sendiri sebagai pemilik produk. Untuk pendapatan pemilik produk tentunya akan lebih kecil dari penjualan langsung.

Cara Kerja Affiliate Marketing

Jika Anda telah berhasil bergabung dengan program affiliate marketing, maka affiliate tersebut nantinya akan menerima link yang mencantumkan ID afiliasi. Maksud dari link ID adalah jika ada konsumen yang membeli produk dari konten promosi yang di buat oleh afiliasi.

Software afiliasi akan secara otomatis mencatat klik pada setiap penjualan produk yang di hasilkan pada akun afiliasi. Dari catatan klik, komisi akan di kumpulkan dan jika mencapai batas, afiliasi akan di berikan kepada afiliasi yang terpengaruh.

Untuk lebih memahami tentang cara kerja programnya, mari kita simak ulasan singkat berikut ini. Setidaknya ada beberapa langkah yang perlu di lakukan dalam menjalankan program affiliate marketing di antaranya adalah:

Bergabung dengan Program Affiliate Marketing

Hal pertama yang harus di lakukan adalah mendaftar untuk bergabung dan join dengan program pemasaran afiliasi yang ada. Saat ini sudah banyak perusahaan yang menyediakan program affiliate marketing.

Pilih Produk

Jika Anda sudah mendaftar, hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan sebagai afiliasi adalah memilih produk yang tersedia untuk dipromosikan. Jika Anda telah memilih produk yang ingin Anda promosikan, Anda akan secara otomatis menerima tautan afiliasi yang di gunakan untuk promosi.

Kemudian link yang didapat setelah memilih produk harus disisipkan atau disisipkan pada konten promosi. Tujuan mempromosikan suatu produk adalah untuk menyampaikan tautan ke audiens atau pasar target Anda selain mempresentasikan produk. Promosi melalui media sosial seperti blog, video YouTube, iklan Facebook atau media sosial lainnya.

Dapatkan Komisi

Setelah link terdaftar di media sosial, tinggal menunggu konsumen melakukan pembelian menggunakan link afiliasi. Selanjutnya komisi akan di peroleh setelah jumlahnya sesuai dengan ketentuan perusahaan.

Cara Menjadi Affiliate Marketing

Affiliate Marketing juga dikenal sebagai afiliasi menghasilkan uang dengan menjadi penjual untuk bisnis. Afiliasi ini selanjutnya mendapatkan keuntungan berupa komisi referral atau komisi setiap kali seseorang melakukan pembelian melalui promosi yang ditawarkan.

Tentunya yang menawarkan affiliate marketing dan mengajukan kemitraan untuk menjual produk atau jasa mereka. Sebelum menyimpulkan kesepakatan, setidaknya Anda telah melakukan riset terlebih dahulu dan Anda lebih tahu apakah bentuk kerjasama yang akan dilakukan akan memberikan hasil yang adil.

Strategi Menjadi Affiliate Marketing

Anda berniat untuk bergabung dengan sebuah merek untuk mempromosikan produknya di situs Anda. Berikut adalah beberapa Strategi menjadi affiliate marketing untuk memudahkan menarik pelanggan.

Membuat Konten Berkualitas

Ada banyak alasan mengapa pemasaran konten menjadi kunci kesuksesan dalam menjalankan Affiliate Marketing. Konten berkualitas lebih mudah menarik perhatian pembaca dan meningkatkan traffic sebuah website. Beberapa aspek tersebut akan menentukan berapa komisi yang akan Anda terima dari program tersebut.

Pedagang lebih suka bekerja dengan pembuat konten yang benar-benar memahami apa yang mereka lakukan. Tidak ada pedagang yang mau bermitra dengan blogger yang menghasilkan konten berkualitas rendah. Oleh karena itu, Anda perlu memastikan bahwa konten dan postingan promosi yang Anda buat memiliki kualitas yang unggul.

Menggunakan Media Sosial

Anda harus menerapkan strategi media sosial untuk bisnis, karena media ini adalah alat pemasaran lain yang sangat efektif untuk meningkatkan kesadaran merek. Untuk menarik lebih banyak lalu lintas dan memperluas audiens Anda, bagikan posting blog Anda di media sosial.

Menggunakan SEO

Anda sebagai seorang afiliator ingin produk yang dipromosikan menjangkau berbagai kelompok dan audiens. Salah satu caranya adalah dengan mengoptimalkan SEO. Dengan kualitas SEO yang baik, positioning blog dan posting yang dibuat akan mendapatkan hasil yang sangat baik di mesin pencari.

Selain itu, posting akan muncul dalam pencarian yang terkait dengan target pasar Anda. Gunakan kata kunci atau kata kunci yang memiliki hubungan dengan produk yang dipromosikan. Terapkan juga prinsip SEO, optimasi konten, serta perhatikan peningkatan traffic.

Upselling

Dengan metode upselling, Anda bisa mendapatkan lebih banyak keuntungan karena Anda menjual produk dengan harga lebih tinggi. Namun, menerapkan cara ini bukan berarti Anda bebas “fokus” pada kualitas produk lain.

Mampu memenuhi kebutuhan mereka atau menjadi solusi atas masalah mereka. Pelanggan yang sebelumnya hanya ingin berbelanja bisa berubah menjadi pelanggan setia. Karena mereka merasa menghabiskan sejumlah uang untuk membeli produk tersebut tidak sia-sia, mereka akan kembali lagi dan membeli atau mengecek produk lainnya.

Kesalahan Menjalankan Affiliate Marketing

Program affiliasi menawarkan kesempatan bagi semua orang, bahkan pemula untuk bergabung. Namun, untuk menjadi afiliasi yang baik, Anda harus memiliki banyak pengalaman dan Affiliate Marketing. Namun masih banyak sekali seorang Affiliator yang masih salah dalam Menjalankan Affiliate Marketing seperti:

Mengikuti Affiliate Marketing Lain

Kesalahan yang pertama adalah terlalu banyak mengikuti program affiliate marketing lainnya. Sebenarnya tidak ada larangan namun sebagai pemula Anda harus fokus pada program yang sedang Anda ikuti. Jangan tergiur dengan program yang lain yang menawarkan penawaran menarik untuk Anda.

Terlalu Hard Sell

Biasanya para pemula terlalu berlebihan dalam menawarkan produk-produknya, sehingga  membuat konten website terasa terlalu dipaksakan. Meskipun yang terpenting adalah konten di website dapat mengedukasi pembaca mengapa mereka harus membeli melalui link afiliasi yang Anda miliki.

Jangan membuat konten dengan link dengan kata kata yang memaksa tolong beli karena kata-kata yang seperti sudah banyak digunakan dan carilah yang berbeda.

Salah Memilih Affiliasi

Banyak orang yang salah mengikuti program affiliasi karena iming-iming komisi yang tinggi. Pilih program affiliasi yang menarik minat Anda, agar tidak berat saat menjalankannya. Sebelum memilih program afiliasi, Anda juga bisa melakukan riset terlebih dahulu terhadap produk yang ingin Anda jual.

Penutup

Nah itulah sedikit ulasan Affiliate Marketing atau Pemasaran Afiliasi yang perlu anda ketahui. Dengan menjadi afiliasi, Anda dapat menghasilkan pendapatan pasif dari situs web. Jika jumlah peminat meningkat, penghasilan Anda juga akan meningkat.

Baca Juga