fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Pengetahuan

Apa Fungsi Method System.in dalam Java? Cek Selengkapnya

Wiliam

Apakah Bizzie pernah menggunakan Java dan bingung dengan method System.in? Tak perlu resah, dalam artikel kali ini, kami akan membahas secara detail mengenai fungsi method System.in dalam java. Dalam pemrograman, Java mempunyai berbagai macam method yang bisa digunakan untuk mempermudah proses pembuatan aplikasi.

Salah satu di antaranya yaitu fungsi method System.in dalam java ini sering dimanfaatkan oleh para programmer untuk menerima input dari pengguna. Namun, banyak masih programmer yang belum memahami dengan baik tentang fungsi method System.in dalam java. Oleh karena itu, simak artikel ini sampai selesai ya supaya Bizzie memahami tentang fungsi method System.in dalam java.

Apa Fungsi Method System.in dalam Java?

Fungsi method System.in dalam java adalah sebagai input stream dalam Java. Input stream adalah aliran data masuk yang digunakan sebagai sumber masukan data dalam sebuah program Java. Method System.in digunakan untuk menerima input dari keyboard atau pengguna dan menyimpan input tersebut dalam bentuk data. Secara lebih spesifik, berikut adalah fungsi method System.in dalam java:

  • Fungsi method System.in dalam java yang pertama adalah menerima Input dari Pengguna Method System.in mempermudah para programmer dalam menerima input dari pengguna. Dengan Bizzie memakai method ini, Bizzie bisa meminta input dari pengguna dan menyimpan dalam bentuk data untuk digunakan dalam program.
  • Fungsi method System.in dalam java selanjutnya adalah memungkinkan programmer untuk melakukan interaksi dengan pengguna. Dengan menerima input dari pengguna, Bizzie dapat membuat aplikasi yang lebih interaktif dan responsif terhadap kebutuhan pengguna.
  • Fungsi method System.in dalam java lainnya ialah untuk mempermudah Proses Debugging Method System.in juga membantu dalam proses debugging. Dengan menerima input dari pengguna, Bizzie dapat melakukan tes dan debugging secara lebih efisien dan mudah.

Sejarah Singkat Bahasa Pemrograman Java

Nah, Bizzie sudah tahu apa saja fungsi method System.in dalam java,  Ada baiknya untuk mengetahui sejarah singkat bahasa pemrograman Java. Bahasa pemrograman Java pertama kali eksis dari sebuah project bernama “The Green Project” di Sun Microsystem, suatu perusahaan perangkat lunak di AS. Proyek tersebut dimotori oleh James Gosling, Mike Sheridan, Bill Joy, dan Patrick Naughton.

Mulanya , proyek tersebut bertujuan untuk menciptakan sebuah peralatan pintar. Namun, karena tak cukup puas dengan hasil dari bahasa pemrograman C++ dan C, mereka lantas memutuskan untuk membuat bahasa pemrograman sendiri yang lebih canggih lagi. Usai 18 bulan proyek ini berjalan, James Gosling akhirnya berhasil dalam menciptakan bahasa pemrograman baru yang dinamai Oak. 

Sayangnya, nama Oak rupanya sudah digunakan perusahaan Oak Technology, sehingga 1995 Oak diganti menjadi Java yang dikabarkan terinspirasi oleh kopi Jawa. Oleh karena itu, logo bahasa pemrograman Java bergambar secangkir kopi.

6 Kelebihan Java yang perlu Diketahui

Berikut adalah kelebihan menggunakan bahasa pemrograman Java:

1. Membuat Aplikasi yang Fleksibel

Kelebihan utama dari Java adalah bisa dijalankan melalui berbagai platform atau sistem operasi. Hal ini sejalan dengan slogan mereka yang berbunyi “Write Once, Run Anywhere”. Artinya, hanya dengan sekali Bizzie membuat file Java, program bisa dijalankan melalui beberapa platform tanpa perlu perubahan. Contohnya, Bizzie membuat aplikasi Java di sistem operasi Linux. Program tersebut juga dapat dijalankan di sistem operasi Windows dan Mac. 

2. Memiliki Library yang Sangat Lengkap

Java dikenal mempunyai library yang sangat lengkap. Library dalam bahasa pemrograman memiliki arti sekumpulan fungsi dan program yang dapat langsung digunakan untuk pembuatan aplikasi. Adanya library ini juga tak terlepas dari keberadaan komunitas Java yang cukup besar. Maka, banyak dari mereka menciptakan library baru guna melengkapi kebutuhan para developer Java. Dengan library ini, Bizzie jadi bisa membuat aplikasi berbasis Java dengan lebih mudah dan menyenangkan.

3. Berorientasi pada Objek 

Maksud dari pemrograman berorientasi pada objek yaitu sebuah pemrograman yang mengatur desain aplikasi berdasarkan pada objek. Sementara itu, objek didefinisikan sebagai bidang data yang memiliki atribut dan perilaku.  Sebagai analogi dalam kehidupan nyata, objek berupa sepeda yang memiliki atribut (ban, stang, pedal) serta perilaku (melaju, mengerem).  Nah, dalam Java, semua data atau fungsi dikelompokkan ke dalam beberapa kelas yang bisa saling berhubungan. Fungsi tersebut bisa menerima pesan, memproses data, hingga mengirim pesan ke objek lain.

4. Mirip dengan Bahasa C++ 

Seperti diketahui bahwa Java merupakan pengembangan dari bahasa C dan C++. Bahasa pemrograman C++ terbilang cukup bagus, tapi belum sefleksibel Java. Sedangkan, Java dapat dibuat dengan lebih sederhana dan fleksibel. 

Nah, apabila Bizzie sudah familiar dengan C++, Bizzie tentu tidak akan begitu kesulitan dalam mempelajari bahasa pemrograman Java.

5. Menulis Coding Lebih Sederhana 

Dibandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya, Java lebih punya struktur coding yang lebih ringkas dan sederhana. 

6. Mendukung Native Method 

fungsi method System.in dalam java atau keunggulan yang bisa dapat Bizzie rasakan untuk pengembangan aplikasi adalah mendukung native method. Dengan kata lain, salah satu fungsi program Java, Bizzie dapat ditulis di bahasa selain Java, contohnya C atau C++. 

Dengan hadirnya native method ini, Bizzie dapat menjangkau perangkat keras ataupun sumber daya (server) yang hanya bisa diakses oleh bahasa pemrograman lain, sehingga Bizzie dapat membuat aplikasi yang lebih kaya dengan fitur.

Demikian informasi tentang fungsi method System.in dalam java beserta keunggulan lainnya. Semoga bermanfaat!

Baca Juga