fbpx

Alasan Mengapa SEO Penting untuk Dilakukan

Anda mungkin sudah menyadari bahwa saat ini semakin banyak yang menaruh perhatiannya pada ranah digital. bisnis kini tak hanya berfungsi sebagai bentuk kehadiran digital saja, tetapi juga dioptimalkan agar dapat memenangkan persaingan. Inilah salah satu alasan mengapa penting untuk diterapkan.  

Sudah Ada Website, Mengapa SEO Penting?

Mengapa SEO penting? Bukankah sekedar memiliki website saja sudah cukup? Oke, Anda mungkin berpikir bahwa sekedar memiliki website mampu merepresentasikan keberadaan bisnis, produk ataupun layanan. Sayangnya, hal seperti ini tak berlaku bagi bisnis yang berkembang.   

Sebuah bisnis yang memiliki visi jauh ke depan, memandang bahwa website sudah menjadi ruang baru. Sebuah cakupan ruang dimana ada lebih banyak calon klien atau calon mereka berada. Lihat saja bagaimana perilaku masyarakat saat ini yang cenderung mencari apapun di internet terlebih dahulu.

Hal inilah yang kemudian mendasari mengapa semakin banyak bisnis yang berjuang memiliki situs yang powerful. Semua untuk memenangkan persaingan di ranah digital. Bisnis yang terlambat menerapkan strategi optimasinya, akan tertinggal di tengah ketatnya persaingan.

13 Alasan Pentingnya Menerapkan SEO pada Website Bisnis Anda

Dari penjelasan di atas, Anda mungkin sudah memiliki sedikit gambaran mengapa SEO perlu untuk Anda terapkan. Tetapi, menerapkan optimasi mesin pencari tidak menjanjikan hal yang instan, dan rumit untuk diimplementasikan dalam strategi pemasaran digital bisnis Anda. Apakah semua usaha keras tersebut sepadan?

Tenang, Anda tidak sendiri. Berikut ini ada beberapa alasan SEO penting dan layak mendapat perhatian Anda.  

1. SEO Memberikan Pengalaman Pengguna yang Lebih Baik

Mesin pencari nyatanya juga menilai pengalaman pengguna (UX) yang bisa diberikan oleh situs Anda. Dan UX yang baik, pastinya juga membuat pengunjung situs merasa puas. Artinya, akan ada lebih banyak peluang terjadi klik, lebih banyak leads, yang lebih diingat serta tingkat konversi yang lebih tinggi.

2. SEO menjadi Sumber Leads

Dalam hal ini, strategi inbound yang termasuk SEO, , content , referral dan sebagainya seringkali digunakan. Strategi ini bisa menjadi sumber leads di antara Business to Business (B2B), Business to Customer (B2C) maupun organisasi non-profit.

Baca Juga :  5 Cara Mengatasi Indihome Terhubung Tidak Ada Internet dengan Mudah

Menurut Alexa, mesin pencari masih menjadi sumber traffic  utama bagi sebagian besar bisnis karena orang cenderung menggunakannya untuk menemukan brand ataupun produk.   

3. SEO Meningkatkan Peluang Konversi

Kecenderungan orang yang melakukan pencarian online dengan kriteria spesifik dan tujuan tertentu mendatangkan manfaat tersendiri. Apabila situs Anda teroptimasi dengan baik, maka pengunjung semacam ini bisa menjadi marketing-qualified leads (MQL).

Atau bahkan sales-qualified leads (SQL) yang akhirnya menjadi calon konsumen potensial alias prospek. Situs pun memiliki peluang konversi yang lebih tinggi.

4. SEO Meningkatkan Peluang Penjualan

Situs yang sering atau laman menempati posisi tinggi di hasil penelusuran pengguna memiliki peluang yang juga lebih tinggi. Semakin lama dan semakin sering halaman Anda muncul di pencarian, mereka akan lebih sadar akan keberadaan brand dan kualitas yang Anda tawarkan.

Brand Anda pun dianggap memiliki authority di bidangnya seiring kredibilitas dan reputasi yang terbangun. Saat orang makin terbiasa dengan brand dan pengetahuan akan produk dan layanannya, ada peluang besar bahwa mereka akan membeli atau berlangganan ke brand Anda.

Artinya, SEO juga membantu bisnis Anda untuk mendapatkan pangsa pasar yang lebih baik.

5. SEO Menjanjikan Manajemen Biaya yang Lebih Baik

Mungkin SEO tidaklah murah. Namun jika dikelola dengan baik, bukan berarti ia tidak bisa menjanjikan efisiensi yang jauh lebih baik. Misalnya dari:

  • Bisa mendatangkan prospek dengan biaya lebih rendah, inbound lead terhitung 61% lebih murah dibanding outbond
  • Periklanan yang lebih murah, karena sifatnya yang lebih fleksibel
  • Biaya operasional yang lebih terjangkau, misalnya pengelolaan akun media sosial, , referral yang tentu lebih murah dibanding kegiatan marketing konvensional

6. SEO Mendorong Orang untuk Mengunjungi Toko Fisik

Bagi sebagian brand yang juga memiliki kehadiran fisik, tak hanya online, SEO lokal juga dapat memberikan dampak signifikan. Biasanya setelah orang melakukan pencarian online, ada tendensi khusus untuk mengunjungi toko untuk menguatkan temuannya.

Studi menunjukkan 76% orang melakukan pencarian ‘near me’ dimana setidaknya 28% dari mereka melakukan pembelian.    

7. SEO Membangun Kredibilitas Brand Anda

Menempati peringkat pertama, kedua atau ketiga bisa saja membuat orang percaya bahwa brand Anda adalah salah satu pemain besar di bidang terkait. Dan sebaliknya, jika suatu brand ada di peringkat bawah, orang mungkin tak akan menemukannya.

Sekalipun ditemukan, orang mungkin berpikir bahwa brand ini tidak kredibel dan kurang pengalaman. Bukan tidak mungkin mereka justru akan menghindari berurusan dengan brand itu. 

8. SEO Membantu Meningkatkan Brand Awareness

Anda mungkin sudah paham benar tentang brand awareness, yaitu tentang sejauh mana target market mengenali sebuah brand, se-familiar apa orang dengan produk dan layanan.

SEO yang baik memastikan produk Anda lebih mudah ditemukan dalam pencarian dan lebih terekspos ke orang-orang yang melakukan pencarian terkait. Lebih jauh, hal ini juga bisa memicu terjadinya promosi dari mulut ke mulut yang juga membantu meningkatkan brand awareness dan penjualan. 

Baca Juga :  Cara Instal Mikrotik di VPS

9. SEO Memastikan Website Anda Ramah Browser Mobile

Saat ini, traffic justru lebih banyak (sekitar 66%) datang dari perangkat mobile, yaitu smartphone dan tablet utamanya. Dan jika website Anda tidak tampil dan bekerja optimal pada browser mobile, besar kemungkinan pengunjung tidak akan betah.

Meskipun tidak berdampak secara langsung, manfaat SEO hanya bisa Anda rasakan apabila website Anda sudah mobile friendly.

10. SEO Bisa menjadi Strategi Pemasaran Jangka Panjang 

Jelas, SEO bukanlah hal instan dan membutuhkan waktu yang panjang dengan usaha yang konsisten. Namun hal yang berat ini, nyatanya juga memiliki sisi positifnya sendiri.

Ini karena dibutuhkan waktu yang lama pula untuk bisa menggeser posisi website yang sudah bertengger di peringkat-peringkat atas. Artinya, ia juga layak dipertimbangkan sebagai marketing jangka panjang.   

Namun Anda yang sudah berada di atas, juga perlu mewaspadai kompetitor yang pastinya juga selalu meningkatkan SEO website mereka. Ada pula pihak mesin pencari yang selalu rutin memperbarui algoritme.

Inilah pentingnya untuk selalu memonitor peringkat SERP website Anda, memungkinkan Anda untuk melacak kinerja dan melakukan penyesuaian saat diperlukan.

11. SEO Menyatukan Seluruh Kegiatan Pemasaran Digital Bisnis Anda

Kegiatan seperti content marketing, direct email, sosial media marketing, blogging, pengelolaan website, eCommerce dan sebagainya akan disinergikan melalui SEO.

Seluruh kegiatan ini akan membantu brand Anda untuk menempati peringkat yang lebih tinggi di halaman hasil penelusuran. Saat seluruh kegiatan ini terintegrasi dan memiliki tujuan yang sama, maka Anda memiliki sebuah strategi yang berpeluang sukses.  

12. SEO Dapat Meningkatkan Followers di Media Sosial

Dengan website di peringkat atas dan konten berkualitas, orang akan percaya bahwa brand Anda adalah ahli di bidang tersebut. Seiring platform media sosial yang sudah menjelma menjadi tempat kehadiran online setiap orang, mereka akan mulai follow profil brand untuk mengikuti update terbaru dari Anda.

Hal ini sekaligus meningkatkan traffic website Anda, mengingkatkan kredibilitas dan terus melambungkan peringkat website Anda di SERP.

13. SEO Memastikan Kecepatan Website

Kecepatan memuat website kini menjadi hal penting yang ikut mempengaruhi peringkat, utamanya di pencarian Google. Mengoptimasi konten tak hanya membuatnya mudah dikenali mesin pencari, tetapi juga lebih cepat ditampilkan atau dimuat.

Pengunjung pun tak perlu membuang waktu mereka, meski hanya sepersekian detik pun. Apabila halaman web Anda lambat, konten di dalamnya bisa berpindah-pindah saat sedang loading.

Pengunjung pun harus menunggu untuk bisa berinteraksi dengan konten tersebut. Sementara jika ada situs dengan konten yang sama, dengan loading yang lebih cepat, maka ia akan mengalahkan peringkat Anda di SERP.   

Kesimpulan

Itulah beberapa alasan mengapa SEO penting meskipun Anda sudah memiliki sebuah website yang cukup merepresentasikan brand atau bisnis Anda. Dengan manfaatnya tersebut dan perubahan tren pasar saat ini, SEO sudah bukan lagi pilihan, namun sebuah kebutuhan.

Jangan sampai bisnis Anda kurang kompetitif hanya karena enggan menerapkan SEO pada website Anda.