fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Panduan

8 Cara Mengatasi Kipas Laptop Berisik, Ampuh

Wiliam

Pada saat menyala, wajar kalau laptop mengeluarkan suara. Namun, ada kalanya suara kipas di laptop yang dihasilkan terlalu kencan. Hal ini tentu akan menimbulkan rasa nyaman selama bekerja. Selain itu, kipas yang berbunyi lebih nyaring  dan menjadi pertanda ada sesuatu hal tidak beres di perangkat.

Supaya suaranya kembali normal, coba gunakan cara mengatasi kipas laptop berisik berikut ini. Bisa dicoba sendiri atau meminta bantuan kepada orang yang sudah profesional.

Cara Mengatasi Kipas Laptop Berisik

Ada banyak penyebab kipas laptop yang tiba-tiba berbunyi kencang dan salah satunya adalah kipas kotor. Jika rutin dibersihkan tapi masih berisik, bisa jadi hal tersebut disebabkan oleh kipas rusak atau laptop digunakan untuk aktivitas berat.

Cara mengatasi kipas laptop berisik pun juga sangat beragam. Bizzie perlu mencari tahu dahulu kemungkinan penyebabnya. Setelah itu, bisa mencoba beberapa opsi penanganan sebagai berikut :

1. Memastikan Suhu Laptop Normal

Suhu yang terlalu tinggi akibat aktivitas berat ini bisa menjadi penyebab laptop tidak bekerja secara maksimal. Kipas laptop juga bisa terbebani, sehingga mengeluarkan bunyi nyaring yang tidak normal. Maka dari itu, penting untuk bizzie mengetahui dan memastikan suhu laptop tetap stabil.

Salah satu cara mengatasi kipas laptop berisik adalah mengunduh aplikasi Real Temp. Aplikasi ini juga memungkonkan bizzie untuk menhetahui suhu prosesor tanpa perlu membongkar fisik laptop.

Perhatikan juga aplikasi yang sedang berjalan dengan cara membuka task manager. Apabila penunjuk suhu menunjukkan angka 100%, artinya harus meningkatkan hardware dan software pada laptop.

2. Mengatur Ulang Perangkat daya Laptop

Layar laptop terlalu terang atau aplikasi latar belakang yang terus berjalan, bisa berpengaruh terhadap kinerja laptop. Akhirnya, kipas pun bergerak lebih lebih cepat dan menimbulkan suara berisik. Untuk cara mengatasi kipas laptop berisik, Anda bisa menyesuaikan ulang pengaturan daya laptop.

Caranya adalah membuka control panel di menu start – power option – change plan settings – change advanced powers setting – power server. Selanjutnya, ubah waktu “sleep after” dan “hibernate after” menjadi lebih singkat. Dengan begitu, maka laptop akan segera masuk di dalam mode hemat dan lebih sedikit energi di saat tidak digunakan.

3. Menurunkan Kecepatan Laptop

Ada kalanya laptop ingin ngebut, tapi hal tersebut justru bisa membebaninya. Hasilnya, kipas menjadi lebih berisik dan anda tidak konsentrasi bekerja. Nah, untuk cara mengatasi kipas laptop berisik akibat hal ini adalah melakukan “Defrag” atau memelihara performa laptop dengan cara menyegarkan prosesor, storage dan RAM.

Caranya adalah mengetikkan “defrag” di kolom pencarian Windows. Lalu, pilih opsi “Defragment dan optimalkan drive”.P Pilih “disk drive” yang ingin bizzie optimalkan dan klik “optimalkan”. Lakukan cara ini secara rutin guna memelihara perangkat.

4. Meningkatkan Sistem Operasi

Bizzie 0lupa kapan terakhir update Windows operasi? Wah, bisa jadi alasan kenapa kipas laptop terlalu berisik yaitu karena OS-nya out of date. Memperbarui sistem operasi sangat penting dilakukan, karena guna meningkatkan performa laptop sesuai dengan kebutuhan.

Hal ini juga bisa berlaku dengan cara meningkatkan versinya atu upgrade OS. Untuk kedua pilihan tersebut, bizzie disarankan berkunjung ke service center agar bisa melakukan operating sistem yang ali.

5. Menghentikan Aplikasi yang Tidak Digunakan

Masih berhubungan dengan poin pertama, bizzie perlu menutup beberapa aplikasi yang tidak dapat digunakan. Termasuk aplikasi yang berjalan dibelakang layar dan memakan banyak daya baterai.

Pasalnya, aplikasi tersebut akan memberatkan kinerja perangkat dan meningkatkan suhu laptop. Bahkan, menjadi salah satu penyebab kipas laptop bekerja lebih ekstra.

Langkah sederhana seperti mengurangi tab di dalam browser bisa membantu bizzi. Kalau lebih advance, bizzie bisa mengontrolnya lewat task manager dengan mengatur end task di dalam aplikasi yang tidak digunakan.

6. Identifikasi Masalah Pada Aplikasi

Aplikasi yang sedang berjalan bisa saja mengalami crash, tapi tidak terdeteksi. Sementara itu, aplikasi tetap harus bekerja dengan masalah yang sedang terjadi. Pada kondisi tersebut, maka kipas akan mengeluarkan kinerja secara ekstra dan akhirnya menyebabkan bunyi bising karena overwork.

Maka dari itu, penting untuk melakukan identifikasi masalah tersebut. Caranya hampir sama dengan menonaktifkan aplikasi dari task manager. Buka task manager dengan cara klik CTRL +ALT + Delete secara bersamaan. Pada jendela yang terbuka, bizzie bisa memilih “more details – processes – klik kolom CPU”. Berikutnya, akan ditampilkan beban aplikasi yang paling berat dan klik “end task” untuk menghentikan aktivitas tersebut.

7. Menggunakan Aplikasi Kecepatan Kipas

Sejatinya, untuk kecepatan kipas sudah diatur secara otomatis. Meski demikian, ada kalanya pengaturan tersebut terlalu melebihi kebutuhan. Hasilnya, kipas pun menghasilkan suara yang berisik dan mengganggu.

Bizzie bisa mengatur kecepatan kipas menggunakan aplikasi tambahan, seperti SpeedFan. Fungsi utamanya adalah untuk menjaga gerak kipas dan mendeteksi adanya aktivitas abnormal yang menyebabkan kipas kelebihan beban dan menjadi berisik.

8. Memelihara Kipas

Selain sampah laptop, kotoran di laptop juga bisa membebani kinerja kipas. Misalnya, banyaknya debu, kotoran dan bulu hewan yang nyangkut di baling-baling kipas asli. Alhasil, kipas laptop pun tidak dapat bergerak dengan bebas dan berbunyi nyaring.

Cara mengatasi kipas laptop berisik bisa dilakukan dengan membersihkan langsung di dalam bagian perangkat tersebut. Opsi cara ini mungkin terdengar agak sulit, karena bizzie harus membongkar perangkat terlebih dahulu. Apabila merasa kurang yakin, bizzie bisa mengunjungi service center dan biasanya tidak akan dibebankan biaya tambahan.

Itulah dia penjelasan lengkap mengenai 8 cara mengatasi kipas laptop berisik. Semoga informasi diatas bisa membantu bizzie, ya.

Baca Juga