fbpx

7 Skill Dasar Game Developer yang Wajib Dimiliki

Nyatanya saat ini, bukan hanya yang kerja jadi PNS saja yang bisa mendapatkan gaji besar, namun dengan kerja di industri video game pun sekarang menjadi pilihan yang menjanjikan. Bukan hanya dari menjadi atlet Esport atau streamer profesional, namun bizzie juga bisa mempertimbangkan untuk menjadi seorang .

Seperti namanya, game meruupakan sebuah profesi yang tugasnya berputar di proses pembuatan sebuah game, baik itu seperti game Android maupun konsol atau PC. Berbeda dengan profesi di bidang IT atau digital lainnya yang semuanaya itu murni teknis, menjadi pengembang game nyatanya memerlukan keterampilan teknis dan kreativitas. Lalu apa saja skill dasar game developer yang harus dimiliki?

7 Skill Wajib yang Harus Dimiliki oleh Game Developer

Industri game saat ini bisa dikatakan sudah melesat jauh dalam beberapa tahun belakangan ini. Di saat sektor ekonomi lainnya turun di masa pandemi, angka ini malah semakin meningkat terus. Jadi memang tidak heran jika karier di dunia ini sangat menjanjikan seperti menjadi seorang Game Developer untuk studio game kelas atas.

Memiliki karier menjadi seorang Game Developer memang agak terdengar sangat sulit. Dalam hal ini bizzie harus bisa menguasai aneka Bahasa dan lihai dalam . Lalu apa saja sebenarnya skill dasar game developer, yang sudah harus di miliki agar bisa mendapat pendapatan yang besar?

1. Kolaborasi

Sama seperti industri lainnya, skill dasar game developer pertama yang harus dimiliki yaitu kolaborasi dari banyak pihak. Untuk bisa sukses, maka bizzie harus bisa bekerja sama dengan Animators, Developers, Writers, Game Testers, dan lainnya. Sebuah game yang sukses adalah hasil kerjasama dari ratusan orang yang menuangkan kerja keras semaksimal mungkin dalam pekerjaannya.

Baca Juga :  Cara Mengetahui Hosting Website Milik Orang Lain, Cepat dan Mudah!

2. Manajemen waktu

Mengolah waktu dan mampu untuk memprioritaskan pekerjaan mana yang harus diselesaikan lebih dahulu nyatanya penting dan merupakan skill dasar game developer selanjutnya dalam pembuatan game. Alur kerja yang dinamis dan selalu berubah akan membuat seorang Game Developer harus bisa mengatur waktu.

Manajemen waktu ini pun sangat mudah untuk dipelajari. Sadar atau tidak, sebenarnya bizzie sebenarnya sudah melakukan ini sejak kecil. Mulai dari menyiapkan buku pelajaran untuk besok hari bahkan sampai dengan mengerjakan PR di malam hari adalah contoh dari manajemen waktu. 

3. Kreativitas

Kreativitas juga nyatanya begitu memegang peranan penting dalam industri game. Ini adalah skill dasar game developer selanjutnya dimana harus memiliki imajinasi yang kuat untuk menghadapi aneka permasalahan yang pasti muncul dalam sebuah development game. 

Tidak perlu menjadi seorang seniman untuk memiliki kreativitas yang bagus. Cara unik untuk bisa hadapi tantangan sehari-hari pun bisa dikatakan sebagai contoh dari kreativitas.

4. Storytelling

Sebuah game yang sukses tentu saja mempunyai storytelling yang memikat. Dari pengembangan karakter sampai plot cerita, storytelling ini bisa membuat game yang biasa saja menjadi top seller. Skill dasar game developer ini pun sangat wajib dimiliki oleh seorang Game Developer.

Story telling pun juga bisa dipelajari dengan rajin membaca. Dengan rajin membaca, tentulah nnati bizzie bisa mengetahui bagaimana sebuah cerita dibentuk dan berkembang.

5. Adaptasi

Awalnya pasti bizzie merasa sulit belajar coding. Namun nyatanya skill dasar game developer ini sangat penting bagi seorang Game Developer. Perkembangan software coding serta teknik terbaru tentunya akan membuatmu harus bisa memiliki pikiran terbuka dan beradaptasi dengan cepat sesuai dengan perubahan zaman.

Baca Juga : Pengertian Web Developer, Jenis, dan Skill yang Dibutuhkan

6. Game Design

Dari semua pekerjaan yang berhubungan dengan pembuatan game, menjadi game designer bisa dikatakaan salah satu yang paling sulit. Ini dikarenakan bahwa game design itu sendiri sangat memerlukan yang namanya kreativitas dan bukan kemampuan yang bisa bizzie pelajari.

Baca Juga :  Alternatif Domain unik untuk Website Anda

Apabila bizzie berkeinginan mencari pekerjaan sebagai game designer, maka harus memahami 3 pilar dasar dari game design itu sendiri. Tiga pilar ini adalah gameplay, mekanika dari game itu sendiri, serta player experience, atau apa yang pemain rasakan saat sedang bermain game tersebut.

Game design itu sendiri adalah tahap awal dalam proses pengembangan game dan seorang game designer yang mana ini berperan dalam menciptakan konsep untuk game itu sendiri. Biasanya, game designer ini pun akan ikut andil dalam proses pemrograman, sehingga bizzie tetap harus mahir menggunakan . Ini adalah skill dasar game developer lainnya yang harus dimiliki.

7. Programming

Seperti di dunia teknologi, itu pun berperan sebagai tulang punggung dalam proses pembuatan game. Banyak game developer ternama yang memulai karirnya sebagai programmer.

Apabila game designer merupakan arsitek, maka programmer itu adalah insinyur yang berperan untuk bisa mewujudkan konsep dari game designer tersebut. Programmer ini biasanya dibagi lagi menjadi beberapa jenis tergantung dari spesialisasinya.

Sebagai contoh, dalam pembuatan game , biasanya ada programmer yang fokus di aspek network dan database supaya nanti game bisa tetap berjalan lancar. Ada juga programmer yang biasanya fokus di AI yang mana memiliki tugas untuk merancang lawan yang bizzie temui di dalam game.

Apakah saat ini bizzie sedang ingin mencari pekerjaan sebagai game developer, mak mungkin bizzie bisa mempertimbangkan skill dasar sebagai seorang game developer yang sudah dijabarkan di atas untuk mengasah kemampuan dalam dunia game ini. Jika merasa sulit, maka bisa terus latihan secara perlahan.

Baca Juga : Inilah 5 Cara Menjadi Blogger Berpenghasilan Besar