fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Tips & TrikBusinessDigital MarketingMedia SosialPanduanUmum

7 Ide Konten Instagram Story Untuk Jualan Online

Yanti puspita

Membuat konten instagram story untuk jualan online adalah ide terbaik yang harus Anda lakukan apalagi di masa sekarang ini. Instagram adalah salah satu media sosial terbaik untuk kegiatan pemasaran melalui konten gambar dan video.

Instagram memiliki kebebasan untuk membuat ide konten instagram story untuk jualan online yang lebih menarik. Berdasarkan data yang ada, sekitar 191 juta orang Indonesia sudah menggunakan instagram pada tahun 2023.

Dari 191 juta itu, 97,17 juta orang Indonesia aktif menggunakan Instagram. Oleh karena itu, media sosial Instagram menjadi pilihan tepat bagi para pengusaha yang ingin menjangkau kesempatan usaha lebih luas melalui kontennya.

Ide Konten Instagram Story Untuk Jualan Online Yang Perlu Di Ketahui

Lebih dari 500 juta pengguna menonton Instagram Story setiap hari menurut seorang peneliti. Di balik banyaknya penguna instagram pasti ada banyak ide menarik yang bisa di buat menjadi konten untuk di tampilkan di Instagram Story.

Jika Anda tidak menggunakan fitur ini sebagai bagian dari strategi pemasaran media sosial, Anda bisa kehilangan banyak pelanggan potensial. Tapi apa yang harus Anda tampilkan di Instagram Story? Rangkuman dari Social Media Today dan Hootsuite, berikut beberapa ide konten instagram story untuk jualan online yang bisa Anda gunakan:

1.      Konten Shoppable

Di tahun sebelumnya, Instagram merilis stiker yang bisa di beli khusus untuk akun bisnis. Stiker ini berguna untuk menjual produk secara langsung di Instagram Story Anda menggunakan stiker khusus tanpa keluar dari aplikasi instagram.

Ada beberapa persyaratan untuk dapat menggunakan fitur stiker ini. Produk yang di jual harus merupakan produk fisik yang mematuhi kebijakan Instagram untuk akun bisnis.

2.      Mempromosikan Produk

Tentunya ide konten instagram story untuk jualan online yang bisa Anda buat adalah konten yang harus berkaitan dengan promosi produk, sesuai dengan judulnya. Anda bisa membuat konten untuk mengumumkan beberapa hal yaitu:

  • peluncuran produk
  • mempromosikan produk yang sudah ada
  • dan mendapatkan feedback tentang produk Anda dari konsumen di Instagram.
  • Konten promosi produk juga dapat di buat dengan menonjolkan fitur dan keunggulan produk.
  • Manfaatkan berbagai stiker dan filter untuk membuat kontak Anda terlihat menarik dan terlihat bagus.

3.      Promosi Artikel Dari Website

Selain mempromosikan produk, Anda bisa menggunakan Instagram Story untuk mendapatkan traffic ke website Anda. Ide konten ini bisa di lakukan dengan mempromosikan artikel terbaru dari website Anda di Instagram Story.

Anda dapat mengubah format artikel dalam bentuk poster atau info grafis dan menambahkan ajakan yang di arahkan ke artikel situs web Anda.

Jika akun Instagram Anda telah mencapai 10 ribu pengikut, Anda dapat menggunakan stiker untuk menyertakan tautan ke artikel Anda. Stiker ini merupakan pengganti dari fitur swipe up yang sudah ada.

4.      Stiker Question

Selain polling, Anda dapat melibatkan pengikut Anda dengan menggunakan stiker question. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengajukan pertanyaan kepada pengikut Anda dan mereka dapat menjawab apa pun yang Anda inginkan. Anda kemudian dapat membagikan jawabannya di Instagram Story Anda.

Konten instagram story untuk jualan online ini dapat membantu Anda membangun keterlibatan dengan pengikut Anda. Dengan stiker pertanyaan, Anda dapat mengumpulkan ide baru untuk konten, bermain kuis dengan pengikut Anda tentang berbagai topik, dan menerima feedback dari konsumen.

5.      Behind The Scene

Ide konten instagram story untuk jualan online selanjutnya yang bisa Anda gunakan adalah behind the scene. Seperti namanya, konten behind the scene mengacu pada apa yang terjadi kepada produk Anda. Konten tersebut bisa berupa:

  • cuplikan proses produksi suatu produk yang akan di luncurkan
  • keseharian karyawan di kantor
  • atau persiapan acara yang akan datang.

Melalui ini, Anda dapat membuat konten eksklusif untuk mereka, membangun hubungan dengan anggota baru, dan membuat mereka merasa istimewa. Bawa pengikut Anda ke kehidupan sehari-hari Anda, bagikan ruang kerja Anda, soroti karyawan Anda, dan nikmati prosesnya.

Pendekatan ini dapat membantu mereka memahami keseharian Anda dan orang-orang di belakangnya, serta kepribadian yang baik dan menarik bagi konsumen.

6.      Instagram Takeover

Instagram takeover memungkinkan orang yang biasanya tidak memiliki akses ke akun Instagram Anda untuk menggunakannya selama sehari. Orang ini bisa jadi karyawan, rekan kerja, atau bahkan influencer yang Anda undang bekerja sama untuk mempromosikan beberapa merek yang Anda miliki.

Ide konten instagram story untuk jualan online ini adalah cara yang menyenangkan untuk mempromosikan merek Anda dan menyediakan konten yang menarik bagi pelanggan Anda. Jika Anda bekerja dengan influencer, ini adalah peluang bagus untuk menarik pelanggan influencer untuk menjadi pelanggan Anda.

7.      Tampilkan Feeds Terbaru

Seperti yang saya katakan di atas, saat ini banyak orang lebih memperhatikan IG story dari pada feed Instagram, di tambah algoritma baru Instagram tidak secara otomatis menampilkan unggahan Anda pada saat yang bersamaan.

Jadi triknya adalah screenshot feed home beranda Instagram Anda, kemudian lingkari feed terbaru dan komentari isinya. Deskripsi tersebut di buat berdasarkan apa yang ingin di tampilkan, misalnya:

  • produk baru
  • diskon
  • promo 50%
  • cek caption pada foto ini
  • info penting, dll.

Intinya ajak penonton setia instagram story Anda untuk melihat feed terbaru dari akun Instagram Anda. Dengan begitu, mereka akan mengetahui postingan terbaru Anda.

Beberapa Fitur Instagram Story

Setelah Anda mengetahui ide konten instagram story untuk jualan online yang telah di sampaikan di atas, selanjutnya Anda harus mengetahui beberapa fitur untuk menarik minat banyak pengguna.

Instagram Story di dukung dengan fitur-fitur menarik di dalamnya sehingga pengguna bisa berkreasi. Jumlah fitur Instagram Story yang di maksud adalah:

·         Fitur Penulisan Teks di Instastory

Fitur menulis atau mengetik merupakan fitur yang di luncurkan pada Februari 2018. Fitur ini di gunakan untuk mengunggah tulisan dalam berbagai bentuk, ukuran font hingga warna font.

Trik ini berguna bagi Anda untuk menuliskan pemikiran Anda dengan cara yang keren dan indah, tanpa harus mengunggah foto terlebih dahulu. Bahkan tanpa mengunggah foto pun Anda bisa menghiasnya dengan berbagai cara sesuai keinginan Anda.

·         Fitur Boomerang

Fitur ini merupakan fitur yang menciptakan gambar bergerak yang berulang secara terus menerus. Ada tiga efek yang di tawarkan Instagram dalam fitur Boomerang yakni:

  • Echo adalah efek yang dapat menambahkan efek blur untuk mengikuti objek yang bergerak dalam sebuah video. Membuatnya terlihat seperti objek memiliki bayangan di belakangnya.
  • Saat duo ini efeknya seperti rusak, maka pengguna bisa mendapatkan video dengan tekstur.
  • Slomo adalah suatu efek untuk memperlambat kecepatan video Boomerang hingga separuhnya. Satu bingkai foto dapat di putar hingga dua detik.

Penutup

Nah, itulah 7 ide konten instagram story untuk jualan online menarik yang bisa meningkatkan followers Anda. Yuk, jadwalkan postinganmu dan tarik lebih banyak penonton, ya!

Intinya, mengembangkan bisnis melalui Instagram adalah tentang membuat konten berkualitas dan menggunakan berbagai fitur yang dapat meningkatkan lebih banyak penonton. kita harap beberapa ide di atas akan membantu Anda membuat story yang menarik untuk pengguna Instagram.

Baca Juga