fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

7 Daftar Aplikasi Absensi Siswa Android, Terbaik dan Praktis untuk Dicoba!

Dhian rama

Jika kamu seorang tenaga pendidik atau calon guru atau Dosen, wajib tahu 7 daftar aplikasi absensi siswa android, terbaik dan praktis untuk dicoba. Aplikasi ini sangat cocok bagi kamu yang merupakan seorang tenaga pendidik yang sedang ingin mempereingkat waktu megabsen.

Sebelum itu. Perlu kamu tahu jika aplikasi absensi siswa android adalah aplikasi yang digunakan untuk membantu kegiatan belajar mengajar secara online dalam hal kehadiran siswa. Dengan aplikasi ini, guru bisa mengetahui siapa saja yang hadir dalam kelas virtual, berapa lama mereka mengikuti pelajaran, dan apa saja nilai atau tugas yang mereka kerjakan.

Selain itu, aplikasi ini juga bisa menghemat biaya, waktu, dan mengurangi potensi kecurangan dalam absensi siswa. Lalu, Apa saja keuntungan menggunakan aplikasi absensi ini? Dan apa saja rekomendasi aplikasi absensi siswa android? Yuk, simak ulasannya dibawah ini!

7 Daftar Aplikasi Absensi Siswa Android, Terbaik dan Praktis untuk Dicoba!

Apa Saja Keuntungan Aplikasi Absensi Siswa Android?

Aplikasi absensi siswa android memiliki banyak keuntungan, baik untuk guru maupun untuk siswa. Berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dengan menggunakan aplikasi absensi siswa android:

–          Menghemat biaya.

Dengan menggunakan aplikasi absensi siswa android, tidak perlu lagi membeli buku absensi, kertas, atau mesin absensi yang mahal. Cukup dengan smartphone android yang sudah ada, absensi bisa dilakukan dengan mudah dan cepat.

–          Menghemat waktu.

Dengan menggunakan aplikasi absensi siswa android, tidak perlu lagi menghabiskan waktu untuk mengisi atau mengecek buku absensi, kertas, atau mesin absensi. Cukup dengan menekan tombol absen di smartphone android, absensi bisa dilakukan dalam hitungan detik.

–          Mengurangi potensi kecurangan.

Dengan menggunakan aplikasi absensi siswa android, tidak ada lagi kemungkinan siswa menitip absen, mengganti absen, atau mengubah nilai atau tugas tanpa sepengetahuan guru. Semua data absensi, nilai, dan tugas tersimpan secara online dan bisa diakses oleh guru kapan saja dan di mana saja.

Apa Saja Rekomendasi Aplikasi Absensi Siswa Android?

Nah, setelah mengetahui apa itu aplikasi absensi siswa android, bagaimana cara kerjanya, dan apa saja keuntungannya, tentu Kamu penasaran dengan apa saja rekomendasi aplikasinya. Berikut adalah 7 daftar aplikasi absensi siswa android, terbaik dan praktis untuk dicoba:

1.      Talenta

Ada aplikasi absensi siswa gratis bernama Talenta. Talenta menjadi salah satu APK yang direkomendasikan karena memiliki banyak fitur yang lengkap. Fitur-fitur yang dapat Kamu nikmati secara gratis antara lain fungsi GPS, manajemen penggajian, manajemen database siswa, dan masih banyak lagi.

Uniknya, aplikasi ini dengan cepat membantu pengguna jika menemui kendala saat menggunakannya. Namun, karena terkadang terjadi kesalahan saat menggunakan fitur Perjalanan, Kamu harus membuka dan menutup aplikasi untuk menyelesaikan partisipasi Kamu.

2.      Google Formulir

Sumber digital kedua untuk layanan kehadiran siswa adalah Google Formulir. Sampai saat ini Google Form merupakan aplikasi web pengelola kehadiran yang paling populer di kalangan pelajar karena sangat mudah digunakan oleh semua orang.

Di sini, guru cukup membuat formulir melalui akun Google masing-masing, kemudian membagikan linknya kepada siswa agar mereka dapat memasukkan data yang diperlukan dan berpartisipasi. Layanan ini gratis dan mudah diakses melalui PC atau smartphone. Selain mudah digunakan, data kehadiran siswa yang tercatat di Google Form juga otomatis dirangkum dan diurutkan berdasarkan tanggal berdasarkan siswa yang memasukkannya atau tidak.

Hal ini memungkinkan guru melacak kehadiran dengan mudah dan bila data diperlukan, cukup mencetak data tanpa mengedit atau mengklasifikasi ulang. Keuntungan lainnya adalah kehadiran dapat dilakukan berkali-kali dengan menggunakan satu formulir, sehingga guru tidak perlu lagi mengisi formulir baru secara berkala.

3.      Zoho Forms

Seperti Google Formulir, Zoho Form adalah aplikasi penunjuk waktu siswa Android yang gratis dan sangat mudah digunakan dan dapat diakses hanya dengan mengeklik tautan tautan yang dibagikan oleh pembuat formulir. Bahkan, Zoho Form juga memiliki fitur tanda tangan yang mengharuskan siswa login ke kotak setiap kali berpartisipasi.

Jasa tersebut telah disahkan dengan tanda tangan yang bersangkutan, keberadaannya lebih dapat diandalkan dan sempurna. Semua data yang disimpan di Zoho Form juga terlindungi dan Kamu tidak perlu khawatir kehilangan data.

Karena semua data tertata rapi, guru dapat mencetak seluruh data kehadiran yang tercatat kapan saja tanpa harus mengatur ulang. Layanan ini, seperti layanan gratis lainnya, dapat digunakan secara gratis tanpa iklan yang mengganggu.

4.      Hadir

Hadir merupakan aplikasi penunjuk waktu profesional yang dapat digunakan untuk absensi karyawan dan dapat mengatur absensi siswa dengan mudah. Aplikasi ini telah digunakan sejak tahun 2017 dan saat ini diunduh oleh ratusan ribu pengguna di Google Playstore.

Di sini, pencatatan jam belajar siswa atau jam kerja pegawai dapat diatur sesuai kebijaksanaan pengelola. Seperti namanya, aplikasi ini dirancang khusus bagi siswa untuk berpartisipasi secara online.

Peserta dapat dengan cepat merekam pelajaran siswa secara real time jika memiliki koneksi Internet yang stabil. Aplikasi ini juga memiliki fitur GPS sehingga meskipun guru atau instruktur tidak ada di kelas, aplikasi akan menunjukkan lokasi Kamu, sehingga Kamu tidak akan terkejut jika tidak ada di kelas.

Penggunaannya juga sangat mudah, tidak ada iklan yang mengganggu, sangat ramah pelajar. Biaya pembelian Attendee juga sangat murah sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna yang baru ingin mengaksesnya. Namun antarmuka yang diberikan aplikasi ini belum sempurna dan cukup rumit untuk digunakan.

5.      SmartPresence

Lalu ada SmartPresence, aplikasi yang bisa Kamu gunakan untuk memudahkan pembelajaran online siswa Kamu. Fungsi yang disediakan oleh aplikasi ini sangat lengkap, mulai dari ringkasan otomatis, pencatatan lokasi kehadiran, penghitungan penundaan otomatis, pengecekan wajah, kehadiran melalui ponsel, dll.

Selain itu, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk absensi umum, seperti karyawan toko, karyawan perorangan, pekerja pabrik, dll.

6.      Absensi Gratis

Platform selanjutnya yang bisa Kamu gunakan untuk mencatat kehadiran siswa Kamu secara online adalah Absensi Gratis. Aplikasi ini sangat berperan penting bagi siswa dan guru karena menyediakan berbagai fitur untuk mengatur kehadiran siswa. Aplikasi ini membuat pengelolaan dan penyampaian keterlibatan online menjadi lebih mudah, efisien, dan efektif.

Absensi Gratis juga memiliki fitur absensi dasar yang memungkinkan aplikasi ini mengecek kehadiran dan absensi siswa dengan cepat. Kamu dapat melihat data detail berdasarkan hari, minggu, bulan, dan tahun pada pertanyaan ringkasan kehadiran tergantung kebutuhan Kamu.

7.      Absenku

Meskipun AbsenKu masih tergolong aplikasi kehadiran digital baru, aplikasi ini memiliki banyak pengguna dan berperingkat tinggi di Google Playstore. Antarmukanya sangat sederhana dan tidak memiliki menu dengan istilah bahasa yang rumit sehingga mudah digunakan oleh pemula. Aplikasi ini memiliki beberapa fitur keren, seperti GPS, yang memungkinkannya melacak keberadaan orang.

Seperti aplikasi Jojonomic di bawah ini, AbsenKu merupakan aplikasi berbayar dengan uji coba gratis selama 3 hari. Pengguna kemudian akan dikenakan biaya sebesar Rp7.000 untuk setiap pelajar atau karyawan yang terdaftar di aplikasi. Semua data dilindungi dan dapat dengan mudah dicetak dalam berbagai format.

Nah, itu dia 7 daftar aplikasi absensi siswa android, terbaik dan praktis untuk dicoba. Semoga artikel ini bermanfaat dan menghibur ya. Jangan lupa untuk mencoba aplikasi-aplikasi di atas dan beri komentar di bawah tentang pengalaman Kamu. Terima kasih dan selamat mencoba!

Baca Juga