fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Business

7 Contoh Wirausaha Sukses Dengan Modal Kecil

Wiliam

Wirausaha adalah sesuatu yang bisa dilakukan untuk orang yang mampu membuka usaha secara mandiri. Selain itu, wirausaha ini bisa dilakukan sebagai usaha sampingan jika bizzie bekerja sebagai karyawan perusahaan.

Tapi untuk bizzie yang belum mempunyai pekerjaan, maka wirausaha adalah suatu pekerjaan paling tepat untuk bisa mendapatkan penghasilan. Salah satu contoh wirausaha sukses dengan modal kecil adalah mendirikan bengkel.

Pada kesempatan kali ini akan diberikan 7 contoh wirausaha sukses dengan modal kecil yang bisa bizzie pilih dan lakukan. Bagi bizzie yang ingin tahu, yuk langsung saja simak penjelasan lebih lengkapnya dibawah ini.

7 Contoh Wirausaha Sukses Dengan Modal Kecil

Sebagai berikut 7 contoh wirausaha sukses dengan modal kecil :

1. Catering Rumahan

Wirausaha membuka catering di rumah adalah pilihan yang paling tepat, ketika bizzie hobi memasak. Bizzie bisa menjual nasi bungkus atau sayur sebagai makanan versi rumahan. Selain itu, bizzie juga bisa menggunakan rumah sebagai tempat usaha.

Banyak orang yang bekerja di kantor tidak sempat untuk memasak dan pasti memesan makanan. Ambil peluang ini untuk membuka usaha catering rumahan. Contoh wirausaha satu ini bisa dimulai dengan modal sangat kecil.

Alat masak dirumah bizzie sudah cukup untuk memulai usaha ini. Bizzie tinggal menyiapkan bahan-bahan yang akan dimasak dan kotak atau bungkus nasi jika ada yang memesan di dalam bentuk nasi kotak.

Untuk awal bizzie bisa memulai dengan beberapa menu masakan saja, tapi pastikan rasanya enak. Namun, jika ada yang memesan catering sesuai dengan menu bizzie harus menyesuaikan dengan pesanan dan harganya. Untuk awal modal Rp1.000.000,00 saja sudah lebih dari cukup untuk memulai usaha catering ini.

2. Desain Grafis

Desain Grafis merupakan contoh wirausaha sukses dengan modal kecil, meski bizzie tidak mahir di dalam menggambar. Jadi, bizzie bisa pelajari terlebih dahulu cara desain dan membuat desain yang menarik. Disaat bizzie sudah bisa di dalam pembuatan desain, maka bisa membuka usaha yang satu ini.

Bizzie bisa menjual jasa desain secara online. Bahkan, sudah banyak platform yang menyediakan tempat untuk jual desain seperti fiverr, upwork, sribu dan lain-lain. Lebih menariknya adalah bizzie bisa menjalin kerja sama dengan perusahaan sebagai seorang freelancer, jika menguasai desain grafis.

Modal untuk usaha desain grafis ini adalah harus mempunyai komputer atau laptop. Jika bizzie mempunyai laptop atau komputer yang tidak digunakan, maka bisa dimanfaatkan untuk usaha desain ini.

3. Percetakan

Usaha percetakan tidak membutuhkan banyak modal. Mulailah percetakan dari skala kecil terlebih dahulu. Misalnya, bizzie membuka jasa print atau fotocopy. Contoh dari wirausaha ini bisa dilakukan, ketika bizzie mempunyai tempat tinggal di sekitar sekolah atau kampus. Namun, tidak menutup kemungkinan di tempat biasa juga bisa membuka usaha satu ini.

Modal yang dibutuhkan untuk usaha percetakan ini sangat kecil. Bizzie hanya membutuhkan satu laptop dan mesin fotocopy saja sudah bisa memulai usaha yang satu ini. Tipsnya, yaitu mencari tempat yang strategi supaya jasa print dan fotocopy bizzie laris dan mendapatkan keuntungan besar.

4. Menjual Aneka Minuman

Usaha menjual minuman adalah contoh wirausaha sukses dengan modal kecil dengan keuntungan besar. Pada usaha jual minuman ini bisa dengan menjual jus buah, kopi atau jamu.

Buatlah minuman sesuai dengan kreasi supaya dilirik oleh para pembeli. Modal untuk usaha satu ini juga sangat kecil dan keuntungan yang didapatkan sangat besar.

5. Menjual Makanan Ringan

Membuka usaha dengan jualan makanan ringan, seperti keripik dan kerupuk hasil buatan sendiri ini menjadi pilihan tepat. Contohnya harga keripik pisang satu bungkusnya saja sudah bisa mencapai puluhan ribu. Sedangkan, untuk modal di wirausaha satu ini sangat kecil.

Bizzie hanya perlu membeli pisang dengan kualitas terbaik dan mengolahnya menjadi keripik, lalu dijual. Jika bizzie bisa menjual 100 bungkus di dalam satu bulan, maka keuntungan yang didapatkan juga sudah besar. Itu hanya untuk satu jenis saja, bagaimana jika mencapai 5 jenis makanan ringan tentunya hal ini bisa memberikan keuntungan sangat besar.

6. Membuka Toko HP dan Pulsa

Contoh wirausaha satu ini bisa bizzie coba. Saat ini memang orang membutuhkan handphone atau smartphone untuk melakukan komunikasi. Maka dari itu, membuka toko HP dan pulsa ini menjadi pilihan yang tepat. Selain itu, semua orang juga membutuhkan pulsa dan paket data. Kedua hal tersebut memang tidak dapat dipisahkan.

Namun, jika bizzie masih pemula dan tidak mempunyai modal yang banyak bisa membuka toko jualan pulsa saja. Meski untung setiap transaksinya sedikit, tapi jika banyak yang melakukan transaksi pembelian pulsa maka banyak juga keuntungan yang didapatkan. Selain pulsa, bizzie juga bisa menyediakan pembayaran listrik, PAM atau pembelian tiket angkutan umum.

7. Jasa Cuci Mobil atau Motor

Jasa cuci motor atau mobil adalah usaha yang bisa bizzie lakukan dirumah. Bizzie bisa menyiapkan saja bahan-bahan untuk mencuci mobil atau motor. Selain itu, bizzie juga bisa memulai usaha satu ini dengan modal Rp2.000.000,00 saja untuk membeli biaya perlengkapan dan alat cuci mobil dan motor.

Jika sekali cuci motor Rp10.000,00, kalau sehari ada 5 orang yang mencuci motor bizzie sudah mendapatkan Rp50.000,00. Tentu saja, untuk nominal tersebut sudah sangat lumayan.

Kalau tarif mobil Rp30.000,00, maka sehari satu bizzie sudah mendapatkan banyak keuntungan. Sedangkan, modal bizzie hanya diawal saja dan biaya listrik dan air. Jadi, contoh wirausaha jasa cuci mobil atau motor ini patut bizzie coba.

Itulah dia 7 daftar contoh wirausaha sukses dengan modal kecil. Semoga penjelasan diatas bisa bermanfaat dan membantu!

Baca Juga