fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Panduan

7+ Cara Mengatasi HP yang Cepat Panas dan Boros Baterai Terbukti Berhasil

Wiliam

HP seolah menjadi salah satu kebutuhan penting yang perlu digunakan oleh banyak orang di seluruh dunia termasuk Indonesia. Berkat HP, masyarakat bisa lebih mudah berkomunikasi dengan orang lain yang berasal dari berbagai daerah sekalipun. Di balik kelebihan dan kecanggihannya, HP kerap memiliki masalah yaitu cepat panas serta boros baterai. Tidak sedikit orang yang mencari cara mengatasi HP yang cepat panas dan boros baterai.

Kondisi HP yang cepat panas dan boros baterai jelas mengganggu pengguna. Bagaimana tidak, para pengguna tak bisa memakai ponsel milik mereka secara maksimal. Bukan itu saja, HP yang boros baterai dan cepat panas cenderung mengalami kerusakan lebih parah. Bahkan kerusakan tersebut bisa datang lebih cepat daripada HP yang kondisinya normal. Lantas bagaimana mengatasinya? Bizzie bisa simak pembahasannya di bawah ini.

Bagaimana Cara Mengatasi HP yang Cepat Panas dan Boros Baterai?

Memahami bagaimana cara mengatasi HP yang cepat panas dan boros baterai adalah hal penting di zaman sekarang. Pasalnya baterai HP yang cepat habis dan kondisinya panas merupakan masalah yang sering ditemui di HP Android. Banyak sekali penyebab terjadinya overheating atau panas pada ponsel. Salah satunya yaitu kondisi lingkungan sampai pemakaian yang terlalu berlebihan.

Apabila Bizzie memaksakan penggunaan HP ketika kondisinya panas dan baterainya sudah lebih cepat habis, bisa berdampak buruk terhadap kondisi serta performa ponsel tersebut. Hal ini akan memungkinkan Bizzie tak bisa lagi menggunakan HP seperti biasanya bahkan diperlukan membeli ponsel yang baru. Namun kini Bizzie tak perlu panik apabila mengalami kondisi HP yang cepat panas dan baterainya boros.

Sebab ada beberapa cara mengatasi HP yang cepat panas dan boros baterai paling efektif serta bisa Bizzie terapkan sekarang juga di bawah ini:

1. Menurunkan Tingkat Kecerahan Layar

Pertama dalam cara mengatasi HP yang cepat panas dan boros baterai yang efektif adalah dengan menurunkan tingkat kecerahan layar pada ponsel tersebut. Tidak sedikit orang yang menaikkan kecerahan layar pada ponselnya sampai maksimal. Hal itu akan memaksa baterai pada HP bekerja lebih keras. Tak hanya membuat baterai cepat habis, layar ponsel yang dinaikkan bisa menyebabkan layar HP lebih panas dan baterai ponsel cenderung cepat habis.

2. Matikan Ponsel Saat Tidak Dipakai

Salah satu cara efektif mengatasi baterai HP cepat panas dan habis yaitu dengan mematikan ponsel saat tidak dipakai. Hal ini bertujuan supaya terjadi pendinginan pada sistem serta komponen HP, terutama di bagian prosesor dan RAM. Apabila komponen dan sistem dalam keadaan dingin, maka performa ponsel akan baik kembali saat dipakai. Oleh karenanya, Bizzie bisa lebih sering matikan HP ketika tidak digunakan setiap hari.

3. Melakukan Pembersihan Data Penyimpanan

Para pengguna ponsel android, cara mengatasi HP yang cepat panas dan boros baterai yang efektif berikutnya adalah dengan membersihkan data penyimpanan. Tidak jarang seorang pengguna menyimpan data atau aplikasi yang terlalu banyak dan berat. Hal ini membuat penyimpanan internal HP penuh yang berpengaruh terhadap kecepatan performa serta berdampak terhadap kinerja prosesor.

4. Mengalihkan HP ke Mode Penghemat Baterai

Untuk mengatasi HP yang cepat panas dan baterainya boros, maka Bizzie perlu mengalihkan ponsel ke mode penghemat baterai. Sebagai informasi, mode penghemat baterai yang ada di android akan menonaktifkan layanan lokasi serta latar belakang HP. Selain itu, fitur tersebut juga membatasi pemakaian daya serta memperpanjang masa pakai baterai. Oleh karena itu, Bizzie bisa sesering mungkin mengalihkan mode HP ke penghemat baterai.

5. Menggunakan Antivirus

Memasang antivirus di ponsel menjadi cara mengatasi HP yang cepat panas dan boros baterai paling efektif berikutnya. Antivirus berguna untuk melindungi ponsel dari spyware alias aplikasi jahat yang dapat membocorkan informasi pribadi pengguna. Keberadaan aplikasi jahat dapat ditandai dengan baterai yang kondisinya cepat habis serta panas secara tiba-tiba karena aktivitas mematai-matai secara intensif.

6. Melakukan Back up Data

Rekomendasi cara untuk mengatasi HP yang baterainya boros dan cepat panas berikutnya adalah dengan melakukan back up data. Sebagai informasi, back up data adalah pendukung supaya ponsel bisa bertahan lebih lama. Cara tersebut dapat Bizzie lakukan secara berkala dengan memakai tambahan perangkat lain seperti hardisk, flashdisk, serta perangkat komputer sebagai wadah backup tersebut.

7. Memakai Charger Asli dan Bawaan HP

Perlu Bizzie ketahui, salah satu penyebab HP cepat panas dan baterainya boros adalah sering kali memakai charger palsu. Tidak jarang pengguna HP justru menggunakan charger yang tidak sesuai dengan keperluan ponsel. Hal itu bisa merusak HP serta komponen pengecasan lainnya yang membuatnya cepat panas dan boros. Oleh sebab itu, pastikan Bizzie menggunakan charger asli atau bawaan dari ponsel tersebut demi terhindar dari kerusakan yang parah.

8. Menginstall Aplikasi Sesuai dengan Kebutuhan

Opsi terakhir dalam cara mengatasi HP yang cepat panas dan boros baterai yaitu menginstall aplikasi sesuai kebutuhan Bizzie. Harap instal aplikasi yang sesuai kebutuhan Bizzie dan jangan sampai berlebihan. Sebab jika Bizzie memasang aplikasi berlebihan, bisa berpengaruh terhadap kinerja baterai serta prosesor ponsel.

Itulah beberapa cara mengatasi HP yang cepat panas dan boros baterai paling efektif untuk Bizzie lakukan sekarang juga. Dengan informasi tersebut, Bizzie sudah tak perlu lagi merasa risau saat HP cepat panas dan baterainya boros. 

Baca Juga