fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Panduan

7 Cara Mengatasi 500 Internal Server Error di Android dengan Mudah 

Wiliam

Mungkin, sebagian besar pengguna android pernah mengalami masalah 500 internal server error di android. Hal ini membuat Bizzie tidak dapat mengakses website untuk sementara waktu. Oleh karena itu, Bizzie pasti akan langsung membawanya ke tukang service. Namun, Bizzie tidak perlu khawatir, sebab ada berbagai cara dalam mengatasi masalah tersebut secara mandiri.

Pasalnya, langkah-langkah memperbaiki 500 internal server error banyak ditemukan di Internet. Untuk itu, Bizzie cukup memahami cara mengatasi 500 internal server error di android terlebih dahulu. Sehingga, selanjutnya dapat mengaplikasikannya dengan sangat mudah. Selain itu, Bizzie dapat mempelajarinya dengan membaca artikel ini sampai selesai.

Pengertian 500 Internal Server Error

Internal 500 Server Eror adalah masalah server karena terjadinya error kode status HTTP yang menyebabkan situs tersebut tidak bisa memenuhi permintaan dari pengguna. Pasalnya, masalah ini sering terjadi dan banyak ditemukan pada berbagai website. Selain itu, terdapat berbagai penyebab error 500 yang dapat diketahui. Namun, dalam mengetahuinya sangat sulit tidak semudah yang dibayangkan. Untuk itu, Bizzie perlu mempelajari cara mengatasi 500 internal server error di android dalam artikel ini. 

Penyebab 500 Internal Server Error

Sebelum mengetahui cara mengatasi 500 internal server error di android, Bizzie dapat mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Perlu Bizzie ketahui, saat mengunjungi website tentunya website akan mengirimkan permintaan kepada server tujuan. Selanjutnya, server akan menerima permintaan itu agar website dapat terbuka kembali. Kemudian, website resource akan dikirimkan secara bersamaan dengan HTTP header dan HTTP status kode. Apabila server memenuhi permintaan website, maka kode 200 akan muncul. Namun, jika yang muncul 500 kode internal server error, hal ini terdapat berbagai kesalahan pada server hosting.

Cara Mengatasi 500 Internal Server Error

Selain mengetahui pengertian dan penyebab 500 error pada penjelasan diatas, terdapat beberapa cara mengatasi 500 internal server error di android yang dapat Bizzie ketahui. Diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Melakukan Refresh Website

Cara pertama adalah melakukan refresh website. Pasalnya, cara ini dapat dilakukan dengan sangat mudah. Sebab, Bizzie dapat melakukannya melalui fitur reloading pada website. Hal ini tidak akan terjadi masalah server apabila website dapat kembali normal. Namun, jika sebaliknya kemungkinan besar terjadi karena alasan yang lain. Untuk itu, Bizzie dapat mempelajari berbagai masalah server dan cara mengatasi 500 internal server error di android.

2. Menghapus Cache Browser

Cara kedua adalah menghapus cache browser. Pasalnya, cache ini dapat menjadi penyebab terjadinya masalah server error. Sebab, hal ini tentunya karena banyaknya data-data yang tersimpan pada browser. Untuk itu, Bizzie dapat mengatasinya dengan menghapus sebagian cache yang terdapat pada browser. Selain itu, Bizzie dapat melakukan dengan cara mengatasi 500 internal server error di android yang sebelumnya harus di cek secara rutin.

3. Mengubah Versi PHP

Cara ketiga adalah mengubah versi php. Pasalnya, kebanyakan website membutuhkan versi PHP terbaru agar dapat meningkatkan kinerja dengan lebih baik. Untuk itu, Bizzie dapat melakukannya dengan cara mengatasi 500 internal server error di android. Kemudian, Bizzie memasukan akun cPanel, lalu pilih menu ‘select PHP Version. Terakhir, Bizzie dapat mengganti versi PHP ke current PHP version.

4. Mengecek htaccess

Cara keempat adalah munculnya error pada masalah file.htacces. Pasalnya, izin dalam menjalankan aplikasi ini tiba-tiba mengalami kesalahan yang tidak jelas alasannya. Untuk itu, Bizzie dapat melakukannya dengan cara mengatasi 500 internal server error di android. Langkah pertama, Bizzie membuka ‘publik-html directory website’ pada fitur file manager akun hosting. Langkah kedua, tekan klik kanan ‘file’ untuk mengganti nama ‘.htacces’ ke ‘nama yang diinginkan’. Langkah ketiga, Bizzie dapat ‘login ke dashboard website’, kemudian pilih ‘settings permalinks’ pada menu dan klik ‘save’. Langkah keempat, tunggu proses ini sampai berhasil. 

5. Menaikkan Limit PHP

Cara kelima adalah menaikkan limit PHP. Untuk itu, Bizzie dapat melakukan cara mengatasi 500 internal server error di android dengan membuka file terlebih dahulu. Selanjutnya, tambahkan code ‘wp-config-php define’ dan ‘php.ini-memory=64MB’. Terakhir, Bizzie dapat menunggu sampai proses selesai.

6. Update Tema

Cara keenam adalah tidak merawat tema pada android dengan benar. Pasalnya, hal ini dapat menyebabkan kerusakan yang menimbulkan kesalahan server internal. Namun, masalah ini dapat diselesaikan dengan mudah. Untuk mengatasinya dapat menggunakan cara mengatasi internal server error di android, cukup dengan menonaktifkan tema yang menjadi penyebab terjadinya masalah. Selain itu, Bizzie harus menginstall ulang untuk mengganti file yang rusak. Sehingga, masalah tersebut dapat terpecahkan dengan cepat.

7. Aktifkan Tampilan Error

Cara ketujuh adalah mengaktifkan tampilan eror untuk mengetahui penyebabnya. Pasalnya, mencari tahu penyebabnya dapat menjadi proses yang sangat sulit. Hal ini tentunya dapat menyebabkan kerusakan yang menimbulkan kesalahan 500 internal server. Namun, masalah ini dapat diselesaikan dengan cara yang mudah. Untuk itu, dapat menggunakan cara mengatasi internal server error di android, cukup dengan melalui ‘konfigurasi PHP’ pada control panel hosting android. Kemudian, buka ‘opsi php’ lalu centang ‘display-errors’ dan ‘log errors’, selanjutnya pilih ‘simpan’ dan refresh website sampai terdapat tampilan error.

Nah informasi diatas dapat memudahkan Bizzie dalam mendapatkan 7 cara mengatasi 500 internal server error di android dengan mudah, lho. Untuk itu, jika mengalami masalah tersebut Bizzie bisa menerapkan penjelasan diatas. Selain itu, Bizzie tidak perlu khawatir lagi saat mengatasi masalah tersebut. Semoga kedepannya artikel ini dapat bermanfaat di kehidupan sehari-hari.

Baca Juga