fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Panduan

7 Cara Membuat Facebook Ads Secara Mudah dan Simple!

Wiliam

Sebelum cara membuat Facebook Ads, perlu bizzie ketahui bahwa Indonesia adalah negara penyumbang Facebook terbesar keempat di dunia setelah Brazil, Amerika Serikat dan India. Berdasarkan data yang dirilis oleh KataData, Indonesia sudah menyumbang 140 juta pengguna aktif Facebook pada tahun 2021. Artinya, lebih dari setengah penduduk Indonesia menggunakan media sosial Facebook.

Sebagai pemilik bisnis, apa yang terlintas di dalam pikiran bizzie ketika melihat banyaknya orang Indonesia menggunakan Facebook? Ya benar, bizzie juga bisa memanfaatkan Facebook untuk kebutuhan marketing. Selain itu, bizzie juga dapat menjangkau lebih dari setengah penduduk Indonesia yang tersebar di Sabang sampai Merauke menggunakan satu platform saja.

Cara Membuat Facebook Ads

Setelah membuat halaman di Facebook, kini bizzie sudah dapat melakukan cara membuat Facebook Ads. Sebagai berikut cara membuat Facebook Ads :

1. Masuk ke Menu Business Suite

Sebagai awalan cara membuat Facebook Ads, silahkan masuk ke dalam menu Business Suite. Business Suite merupakan tempat untuk mengelola ads.

Mulai dari pengaturan iklan sampai dengan berbagai aplikasi yang terhubung dengan Facebook. Seperti Instagram maupun e-commerce.

2. Akses Facebook Ads

Setelah masuk ke Business Suite, akses Facebook Ads Manager dengan cara klik “Ads – Ads Manager”.

3. Mengenal Dashboard Facebook Ads Manager

Cara membuat Facebook Ads selanjutnya adalah masuk ke Facebook Ads Manager, bizzie akan melihat dashboard untuk mengelola iklan. Untuk mengoperasikan, sebaiknya bizzie mengenali dulu fungsi dari masing-masing di dashboard Facebook Ads Manager : 

●   Ads : iklan yang akan di target audiens bizzie jumpai.

●   Ad sets : terdiri dari banyak ads yang dibuat guna meraih goal campaign. Isinya berupa pengaturan promosi ads. Mulai dari target audiens, budget, jadwal hingga penempatan iklan.

●   Campaign : tujuan utama yang ingin diraih lewat kumpulan ad sets. Misalnya, guna meningkatkan brand awareness.

4. Mengenal Tujuan Campaign

Selain memahami dashboard Facebook Ads Manager, Bizzie juga harus tahu tujuan dari campaign. Sebab, campaign merupakan fokus dari tujuan promosi Bizzie. Baik itu awareness, consideration hingga conversion.

Sekarang pada dashboard, silahkan klik “campaign – create”. Kemudian, pilih salah satu campaign yang ingin Bizzie jalankan. Kalau Bizzie masih bingung, mari simak pengertian dari masing-masing campaign berikut :

Kesadaran (Awareness)

●   Kesadaran Merek (Brand Awareness) : Meningkatkan kesadaran dan rasa familiar target audiens atas sebuah produk.

●   Jangkauan (Reach) : Menampilkan iklan ke sebanyak mungkin audiens sesuai dengan jumlah anggaran.

Pertimbangan (Consideration)

●   Lalu Lintas (Traffic) : Mengarahkan orang dari Facebook ke platform yang Bizzie inginkan. Contohnya, website, konten, blog apps dll.

●   Interaksi (Engagement) : Menjangkau audiens yang berpotensi berinteraksi dengan Bizzie.

●   Pemasangan Aplikasi (App Installs) : Mengajak orang install aplikasi tertentu.

●   Penayangan Video (Video Views) : Membagikan video bisnis ke target audiens.

●   Pembuatan Prospek (Lead Generation)  : Mengumpulkan prospek untuk bisnis Bizzie. Bisa berbentuk data alamat email, nomor telepon dan lain-lain.

●   Pesan (Messages) : Menjalin koneksi dengan target audiens lewat Direct Messages, Instagram dan WhatsApp.

Konversi (Conversion)

●   Konversi (Conversion) : Mendorong orang untuk bertindak ke toko online Bizzie. Contohnya, install aplikasi, membeli lewat website dan lain-lain.

●   Penjualan Katalog Produk (Catalogue Sales) : Menampilkan katalog milik Bizzie guna mempercepat transaksi.

●   Kunjungan Toko (Store Traffic) : Mempromosikan toko fisik kepada target audiens agar mereka bisa berkunjung langsung.

5. Membuat Campaign

Setelah mengetahui campaign untuk cara membuat Facebook Ads, kini saatnya membuat campaign. Di sini, Bizzie perlu mengisi detail campaign yang ingin dijalankan.

MenuFungsi
Special ad CategoriesKategori iklan sesuai dengan bidang industri Bizzie dan negara target tempat penyebaran iklan. 
Campaign DetailsDetail tambahan terkait kampanye dan biasanya disesuaikan secara otomatis sesuai dengan campaign objective.
A/B testFitur ini digunakan, ketika Bizzie ingin menguji beberapa jenis iklan untuk melihat mana yang performanya terbaik. Jadi, Bizzie akan diminta untuk membuat dua iklan dengan konten yang sama. Target Audience Bizzie akan dibagi menjadi dua dan akan sama-sama melihat iklan yang berbeda. Dengan begitu Bizzie bisa melihat konten iklan mana yang lebih menarik dan mempunyai banyak trafik.
Campaign Budget OptimisationFitur yang digunakan untuk mengelola anggaran kampanye secara otomatis. Jadi, Facebook akan melakukan distribusi anggaran sesuai ke ad set yang berpeluang suksesnya bagus.

6. Membuat Ad Sets

Jika campaign sudah terbuat, maka Bizzie bisa mengatur cara kerja adsm Sekarang kamu bisa memilih menu “ad sets – create”. Kalau sudah, klik opsi “use existing campaign”. Pilih kampanye yang sudah Bizzie buat di tahap sebelumnya.

Kemudian, isikan judul yang Bizzie inginkan di dalam kolom “ad set – continue”. Lalu, pilih Facebook Pafe yang ingin dipromosikan. Pada penjelasan berikutnya, Bizzie bisa mengatur cara kerja Ads lebih detail. Tidak perlu berlama-lama dan bisa langsung kamu mulai.

●   Budget dan Jadwal Promosi

Ada dua budget yang bisa Bizzie pilih. Daily Budget, yaitu biaya rata-rata yang ingin Bizzie keluarkan setiap hari. Sedangkan, Lifetime Budget adalah total biaya yang Bizzie keluarkan selama satu periode tertentu. Di dalam hal ini, Bizzie juga bisa mengatur durasi Ads.

●   Targets Audience

Di dalam settingan ini Bizzie bisa memfokuskan ads ke target audiens tertentu. Mulai dari lokasi target  audiens, umur, gender dan beberapa detail tambahan lainnya.

●   Penempatan Iklan

Mengatur lokasi dimana saja Bizzie ingin Facebook menampilkan iklan. Entah itu, Facebook, Instagram, Messenger dan lain-lain.

●   Keamanan Brand

Fitur yang satu ini akan membantu Bizzie terhindar dari konten yang membahayakan terhadap reputasi bisnis. Misalnya, konten sensitif berbau kekerasan.

●   Optimasi Iklan

Ingin budget iklan Bizzie lebih terkontrol lagi? Menu optimasi iklan akan membantu Bizzie di dalam mengalokasikan budget supaya lebih tepat sasaran dan efektif.

7. Membuat Ads

Apabila selesai mengatur cara kerja Ads, sekarang Bizzie bisa membuat Ads. Lengkap dari judul, tampilan visual, teks promosi dan beberapa fitur pendukung lainnya.

Terlebih dahulu, Bizzie memilih menu “Ads-Create”. Pilih campaign objective atau klik “use existing campaign” guna memilih kampanye yang pernah dibuat sebelumnya. Selanjutnya, Bizzie bisa melengkapi beberapa informasi berikut :

●   Ad Name, yaitu nama iklan yang ingin Bizzie buat.

●   Identity, terkait dengan halaman bisnis dan akun media sosial guna menerbitkan adsm

●   Ad Setup, yaitu jenis iklan Facebook Ads yang ingin Bizzie pilih. Selain itu, Bizzie juga bisa memilih iklan sebelumnya.

●   Ad Creative, yaitu pengaturan tampilan visual Ads.

●   Languages, yaitu fitur yang digunakan untuk menerjemahkan otomatis iklan.

●   Tracking, yaitu tools untuk membantu Bizzie di dalam memantau performa iklan.

Nah, itulah dia penjelasan lengkap mengenai cara membuat Facebook Ads. Semoga penjelasan diatas mengenai cara membuat Facebook Ads bisa membantu dan selamat mencoba, ya!.

Baca Juga