fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Business

6 Strategi Pemasaran Barang dan Jasa yang Bisa Dicoba

Wiliam

Strategi pemasaran barang dan jasa yang paling efektif harus diketahui oleh semua pebisnis. Terutama bagi bizzie yang bekerja di dalam bidang marketing atau pemasaran. Kareena teknik ini yang sejatinya membuat pekerjaan bizzie lebih mudah dan sukses. Sayang tidak semua pebisnis atau marketer mengetahui strategi pemasaran barang dan jasa.

Di kesempatan kali ini akan membahas perihal strategi pemasaran barang dan jasa. Bagi bizzie yang penasaran, yuk langsung saja simak penjelasan lebih lengkapnya dibawah ini.

6 Strategi Pemasaran Barang dan Jasa

Sebagai berikut adalah 6 strategi pemasaran barang dan jasa yang harus bizzie pahami :

1. Mengenali Pelanggan dengan Baik

Strategi pemasaran barang dan jasa pertama yaitu mengenali pelanggan dengan detail. Karena dialah menjadi salah satu target atau sasaran penjualan produk bizzie. Jika tidak mengenalinya, bisa jadi produk yang ditawarkan tidak akan disukai.

Supaya bisa mengenali pelanggan lebih mudah, silahkan bizzie melakukan survey terhadapnya. Termasuk survei terkait dengan proyek yang dibutuhkan, bagaimana sistem pembayaran yang disukai dan lain-lain.

Apabila hasil survei sudah berhasil didapatkan, tentu pemasaran produk bisa menjadi lebih efektif dan mudah. Bahkan, sebelum produk akan dipasarkan atau didistribusikan kepadanya.

Jadi, silahkan melakukan survey agar lebih efektif. Untuk mengenali pelanggan bizzie lebih baik, maka bisa melakukan riset pasar yang bisa diketahui di dalam pembahasan kali ini.

2. Melakukan Promosi yang Tepat

Strategi pemasaran barang dan jasa yang efektif kedua adalah melakukan promosi produk secara tepat. Semuanya tergantung bizzie termasuk dimana promosi akan diletakkan. Apakah melalui media cetak atau online, seperti media sosial dan lain-lain.

Jangan lupa untuk melakukan promosi produk dengan konsisten dan berkelanjutan. Karena, jika hanya satu dua kali promosi, hasilnya tidak akan maksimal. Apalagi, ketika promosi pertamanya adalah pelanggan yang salah.

3. Membangun Tempat Usaha yang Strategi

Strategi pemasaran barang dan jasa berikutnya adalah memilih tempat yang strategis. Minimal area ramai atau ruang yang mudah diakses publik. Tempat semacam ini mempunyai potensi memberikan keuntungan dibandingkan tempat sepi.

Untuk menemukan lokasi usaha yang strategis, tentunya membutuhkan survey terlebih dahulu. Jangan langsung asal membeli tanah hanya karena harganya murah. Tapi pastikan terlebih dahulu, apa tempat tersebut layak dijadikan tempat usaha atau tidak.

Lokasi yang nyaman dan potensial untuk berbisnis merupakan di pinggir jalan protokol. Selain itu, bizzie juga bisa memilih area perkantoran atau daerah pusat administratif kota. Karena, disanalah puncak dari keramaian.

Memang harga tempat usaha di lokasi semacam itu sangat mahal. Akan tetapi, hal tersebut sebanding dengan laba usaha yang didapatkan. Maka dari itu, silahkan persiapkan terlebih dahulu modal untuk membangun usaha ditempat yang strategis.

4. Membangun Anggaran Sistematis

Untuk strategi pemasaran barang dan jasa berikutnya, mungkin bizzie perlu membuat anggaran khusus melakukan promosi. Memang promosi di media sosial tidak membutuhkan banyak biaya. Bahkan, membuat situs saja ada yang gratis yang artinya promosinya juga ikutan gratis.

Namun, ketika langkah semacam ini masih tetap digunakan. Maka, bisa dipastikan tidak ada progres yang jelas dari promosi yang disampaikan. Maka dari itu, dibutuhkan sistem promo yang lebih khusus dan bagus. Tentunya, butuh modal untuk menjalankannya.

Salah satu bentuk promosi yang berbayar adalah Google Ads atau menyewa influencer. Hal ini membutuhkan modal yang besar. Maka dari itu, buat anggaran khusus untuk pemasaran jika tidak ingin mengalami kerugian.

Untuk kemudahan pembuatan anggaran yang sesuai rencana, bizzie bisa menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga. Sekalipun tidak mahal membangun tempat atau gedung usaha, akan tetapi harus dijalankan secara berkelanjutan. Maka dari itu, anggarannya harus tetap sistematis dan ditulis dengan rapi tanpa kesalahan.

5. Menjalin Hubungan yang Baik dengan Pelanggan

Untuk strategi pemasaran barang dan jasa berikutnya adalah menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan. Hal ini dilakukan, ketika ingin produknya dibeli dan pemasarannya berhasil. Jika kepada konsumen tidak menunjukkan pelayanan terbaik, tentu mereka juga malas untuk melakukan transaksi.

Salah satu bentuk pelayanan yang baik adalah akomodasi semua saran dan kritik dari konsumen. Yakinlah diri kalau produk yang dibuat tidak sempurna. Sehingga, kritik dan saran dari pelanggan merupakan nutrisi untuk menutupi ketidaksempurnaan tersebut.

Pelayanan terbaik yang dimaksud juga berbentuk pemberian hadiah atau reward untuk pelanggan. Bentuknya juga disesuaikan dengan keinginan perusahaan. Apakah dengan memberikan hadiah berupa produk, voucher gratis atau dengan memberikan potongan harga atau diskon tertentu.

Apabila hal ini dilakukan, biasanya pelanggan senang karena mereka merasa dihormati dan dilayani dengan baik. Jadi, jangan heran kalau pelanggan semacam ini akan mengajak orang lain untuk ikut membeli produk di perusahaan.

6. Membuat Toko Online Sendiri

Pada zaman sekarang membangun toko online untuk menjual barang lebih banyak yang produksi adalah hal biasa. Dengan membuka toko online sendiri, bisnis bizzie akan dikenal oleh siapapun di seluruh dunia tanpa adanya batasan jarak dan waktu.

Hal ini adalah strategi pemasaran barang dan jasa yang baik bagi bizie yang mempunyai visi da misi untuk menegmbangkan bisnis secara berkelnjautan. Membuat toko online dan website sendiri memang membutuhkan waktu dan dana tidak sedikit. Namun, hal ini bsia menajdi inevstasi yangs angat menguntungkan bagi bizzie dimasa depan.

Itulah dia penjelasan secara lengkap mengenai 6 strategi pemasaran barang dan jasa efektif. Semoga penjelasan diatas bisa membantu bizzie,ya!

Baca Juga