fbpx

6 Rekomendasi Plugin Ongkir Untuk Toko Online, Jangan Salah Pilih!

Aktivitas berbelanja secara online saat ini sudah menjadi lifestyle. Kemudahan dan efisiensi waktu yang dirasakan tentu menjadi alasan utama mengapa kegiatan satu ini amat digemari. Terlebih lagi dengan hadirnya beberapa marketplace dengan fitur yang sangat mendukung aktivitas tersebut. Namun, ongkos kirim masih menjadi hambatan beberapa orang untuk berbelanja dengan mudah.

Jika anda merupakan pemilik usaha yang menjalankan , ongkos kirim yang akan dibahas di bawah ini akan sangat membantu. Mengapa? Karena dengan memanfaatkan plugin ongkos kirim yang dipasang di akan memudahkan pelanggan untuk mengecek berapa biaya  yang harus dikeluarkan agar barang yang diinginkan bisa sampai di rumahnya.

Bagi Anda yang masih bingung memilih plugin ongkir terbaik untuk website, semoga ulasan di bawah ini membantu ya.

Apa Sih Sebenarnya Plugin Ongkos Kirim Itu?

Sebelum mebahasa ke beberapa contohnya, mungkin akan lebih baik jika Anda mengetahui lebih jauh tentang plugin ongkir ini. Plugin sendiri merupakan software yang bisa memudahkan Anda sebagai pemilik website. Sebab, dengan software ini, program yang dikelola bisa mendapatkan fitur tanpa perlu mengubah aslinya.

Salah satu plugin yang saat ini banyak digunakan oleh toko online adalah ongkos kirim. Memang, begitu banyak orang yang membutuhkan fitur ini agar kegiatan berbelanja bisa makin mudah dan menyenangkan.

Manfaat plugin ongkos kirim ini mampu memudahkan pembeli menghitung biaya yang harus dikeluarkan sampai barang tersebut tiba di rumah. Tentunya, dengan adanya plugin ini Anda tidak perlu lagi memasukkan ongkos kirim secara manual ke seluruh Indonesia.

Sebab, pada dasarnya plugin sudah terintegrasi dengan semua data jasa ekspedisi pengiriman dengan lebih real-time, termasuk didalamnya TiKi, JNE, J&T, Pos, dan banyak lagi lainnya.

Baca Juga :  Panduan Lengkap tentang Cara Menambahkan Meta Tag di WordPress

Daftar Plugin Ongkos Kirim Terbaik

Banyaknya pilihan plugin ongkos kirim saat ini cukup membuat pemilik toko online kebingungan. Nah, sebagai bahan pertimbangan, berikut ini beberapa rekomendasi yang bisa dipilih:

1.       Epeken

Daftar plugin yang pertama ada Epeken yang telah banyak digunakan oleh website toko online sebab sudah terintegrasi dengan . Epeken mampu mengerti semua kebutuhan online meski pada mulanya, plugin ini menggunakan API JNE. Namun, seiring waktu Epeken terus berkembang hingga bisa seperti sekarang.

Pertama kali dirilis pada tahun 2015 dan masih eksis sampai saat ini dalam hal melayani ratusan website toko online. Jadi, tak perlu khawatir jika website Anda saat ini membutuhkan plugin ongkos kirim, Epeken bisa menjadi solusi tepat.

2.       Ongkos Kirim By Tonjoo Studio

Berikutnya ada plugin ongkos kirim dari Tonjoo Studio yang merupakan agensi pengembang website dan software terkemuka di Indonesia. Kini Tonjoo hadir dan menawarkan plugin ongkos kirim untuk website Anda. Sekarang ini, plugin Tonjoo ini telah mandiri dalam mengembangkan API meski pada mulanya masih menggunakan dokumentasi Rajaongkir.

Plugin dari Tonjoo ini sudah dikenal luas oleh banyak kalangan dalam dunia bisnis. Untuk Anda yang tengah mencari plugin gratis, Tonjoo Studio bisa menjadi solusi tepat. Banyak fitur yang bisa dimanfaatkan, salah satunya API ongkos kirim secara gratis sampai tingkat kecamatan. Ada juga pilihan kurir, dan plugin ini bisa bisa dinikmati secara gratis selama 14 hari.

Sedangkan untuk memakai plugin Tonjoo secara berkelanjutan, Anda harus meng ke paket pro, multi, atau . Tentu semua pilihan tersebut kembali lagi kepada kebutuhan masing-masing pengguna.

3.       Raja Ongkir

Mungkin plugin satu ini sudah dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. Rajaongkir hadir dalam bentuk yang bisa didapatkan di playstore. Menarinya, rajaOngkir  bisa dimanfaatkan oleh pemilik toko online sebagai fitur untuk mengecek ongkos kirim.

Baca Juga :  Apa itu Startup? Pengertian dan Kelebihannya

Pengguna bisa menambahkan widget ongkir tanpa harus mengeluarkan budget lagi. Secara sederhana, Rajaongkir bisa Anda gunakan secara gratis dan tentu sangat cocok digunakan untuk berbagai website toko online.

4.       Deliveree

Menjadi plugin ongkos kirim untuk toko online terbaik dengan banyak fitur yang ditawarkan. Cocok untuk pengiriman kargo serta barang. Mampu menjadi solusi terbaik untuk pelaku bisnis online maupun konvensional serta cocok untuk kebutuhan pribadi maupun bisnis besar.

Bukan hanya plugin ongkos kirim saja, Deliveree juga sangat mendukung platform dalam hal online seperti Shopify, Magento, juga WooCommerce. Ongkos kirim ke seluruh Indonesia murah dan cepat menjadi salah satu alasan kuat mengapa plugin ini banyak digunakan.

5.       Ongkoskirim.id

Plugin ongkos kirim untuk toko online berikutnya yang bisa menjadi pilihan tepat adalh Ongkoskirim.id. Menariknya, meski terintegrasi dengan WooCommarce, Ongkoskirim.id dapat digunakan secara gratis oleh seluruh penggunanya.

Bagi Anda yang baru merintis usaha online, plugin ini termasuk cocok meskipun fitur yang bisa digunakan secara gratis masih terbatas. Selain itu, plugin ini tidak memiliki masa kadaluarsa sehingga pengguna bisa menggunakannya kapanpun sampai batas waktu yang tidak ditentukan.

6.       IndoOngkir

Rekomendasi plugin ongkir terakhir ada IndoOngkir dengan biaya penggunaannya yang terbilang murah setiap tahunnya, yakni sekitar Rp297.000 saja pertahunnya. Biaya ini termasuk paket basic dengan berbagai fitur yang bisa dinikmati.

Sedangkan untuk paket lain dengan fitur lengkap lainnya ada paket pro dan extend. Perlu menjadi catatan, paket basic hanya berlaku untuk satu website saja, namun lain halnya dengan paket pro, dimana paket ini bisa digunakan untuk 5 website sekaligus. Sedangkan untuk paket extend sendiri bisa digunakan hingga 10 website sekaligus.

Itulah beberapa rekomendasi plugin ongkos kirim yang bisa menjadi pilihan tepat Anda untuk website toko online. Bagaimana, sudah menentukan pilihan akan menggunakan yang mana? Jangan sampai salah pilih ya.