6 Mesin Pencari Selain Google yang Bisa Anda Gunakan

6 Mesin Pencari Selain Google yang Bisa Anda Gunakan

Ketika Anda mencari tahu sebuah informasi di Internet, tentunya ada menggunakan mesin pencari untuk menemukan hal yang Anda inginkan. Mesin pencari yang sangat populer saat ini adalah Google. Google sudah sangat terkenal dengan digunakan oleh lebih dari 70% pengguna internet dari seluruh penjuru dunia. Google dapat digunakan di platform apapun ketika mengakses internet, ditambah lagi memiliki layanan penunjang yang beragam.

Nah tahukah Anda ternyata selain Google, ada beberapa mesin pencari lainnya yang bisa Anda gunakan sebagai alternatif atau ketika sedang mengalami kendala. Ataupun ketika ingin menemukan sebuah pengalaman baru disertai dengar kelebihannya masing-masing.

Mungkin Yahoo! Search adalah sebuah mesin pencari selain Google yang pernah Anda gunakan. Mesin pencari populer saat tahun 2000-an awal. Akan tetapi popularitas Yahoo kemudian menurun karena kehadiran mesin pencari Google dan Bing.

Saat ini, Yahoo! berpartner dengan Microsoft dan Bing untuk menampilkan hasil pencarian yang lebih beragam dan relevan bagi pengguna. Dan Yahoo juga menyediakan akses pencarian dalam 38 bahasa.

Selain fitur mesin pencarian, Yahoo! juga terkoneksi dengan berbagai layanan informasi yang terpercaya seperti Yahoo! Answers. Ini bisa menanyakan beragam pertanyaan bertema spesifik untuk dijawab oleh pengguna internet. Selain itu ada juga Yahoo! Finance sebagai sumber informasi seputar bisnis dan ekonomi yang update seperti informasi saham.

Bing

Bing merupakan mesin pencari populer lainnya selain Google dan Yahoo. Bing menyediakan berbagai macam informasi yang bisa Anda temukan dalam satu halaman pencarian seperti gambar, video, peta, atau berita terkait kata kunci yang kamu cari.

Bing mempunyai tampilan halaman awal yang mirip dengan Yahoo! Search, yaitu background yang terdiri dari gambar seperti gambar pemandangan alam.

Bing menjadi parner dari Microsoft, sehingga Anda dapat menemukan menu untuk mengakses program Microsoft, seperti MSN, Outlook, dan berbagai program Microsoft Office di halaman depan

Yandex

Yandex adalah salah satu mesin pencari buatan dari Rusia yang dibuat pada tahun 1997. Yandex menyediakan berbagai fitur yang bisa digunakan sebagai pengganti dari Google karena memiliki fitur yang mirip.

Yandex dibuat untuk membantu pengguna dalam menjalankan bisnis online dan offline agar dapat yang lebih baik. Ajaibnya tidak digunakan sebagai mesin pencarian, tetapi juga menampilkan berbagai macam layanan seperti terdapat gambar, email, video, sampai AppMetrica yang hampir sama dengan Google Analytics.

Baidu

Baidu merupakan mesin pencari populer dengan market terbesar kedua setelah Google. Mesin pencari berbahasa China ini juga sangat populer di negara asalnya. Baidu menguasai lebih dari setengah di negara tirai bambu tersebut, seperti yang kita ketahui bahwa China merupakan negara dengan penduduk terbesar di Dunia. Jadi tidak heran menjadikan Baidu salah satu raksasa dalam mesin pencari.

Seperti beberapa mesin pencari yang sudah dibahas, Baidu juga menawarkan berbagai fitur yang mirip dengan Google. Selain pencarian konten web.

Selain pencarian dengan menggunakan keyword. Seperti halnya Google, Baidu juga sudah dilengkapi dengan fitur pencarian dengan menggunakan suara sehingga dengan adanya fitur ini bisa lebih mudah mencari sesuatu di mesin pencari.

Ask

Ask.com awalnya adalah sebuah platfrom tanya jawab yang dibuat pada tahun 1996 oleh Garrett Gruener dan David Warthen di Berkeley, California, Amerika Serikat. Kini, Ask.com berkembang menjadi mesin pencari dengan market share terbesar nomor 6 di dunia.

Ask menyediakan fitur yang menyerupai kompetitor pada umumnya. Anda bisa masukkan kata kunci yang dicari di kolom pencarian. Maka seketika, Ask.com akan memunculkan berbagai konten paling sesuai dengan kata kunci yang ingin Anda temukan.

Terdapat dua jenis hasil pencarian yang bisa dipilih, yaitu answers atau konten videos. Mesin pencari ini juga terdapat seperti plug-in yang bisa ditambahkan ke browser Anda. Lewat software tambahan ini, Anda bisa mendapatkan berbagai konten menarik pada dekstop Anda. Tentu saja konten yang ditampilkan akan menyesuaikan dengan topik yang Anda minati.

DuckDuckGo

DuckDuckGo merupakan salah satu mesin pencari yang diklaim paling aman dan sederhana yang bisa kamu gunakan. Karena mereka menawarkan Privacy, Simplified ada tagline mereka.

DuckDuckGo menjamin privasi data yang Anda berikan pada saat melakukan pencarian sehingga riwayat pencarian Anda tidak akan terdeteksi oleh para pengiklan misalnya. Oleh karena itu, setiap kata kunci yang Anda cari akan menampilkan hasil yang populer dan umum.

DuckDuckGo menggunakan informasi dari berbagai sumber seperti Wikipedia dan dari kemitraan dengan mesin pencari lain seperti Yandex, Bing, Yahoo, dan WolframAlpha untuk mendapatkan hasil pencariannya.

Penutup

Nah, apakah sekarang Anda tertarik untuk menggunakan beberapa alternatif yang sudah kami ulas untuk menggantikan Google? Anda bisa menggunakan beberapa diantaranya sesuai kebutuhan Anda dan yang paling nyaman Anda gunakan untuk mencari sesuatu hal.

Jika Anda memiliki opsi lainnya dan sebuah pendapat, bisa komentar dibawah ya! Jangan lupa berlangganan blog dewabiz.com untuk mendapatkan informasi terbaru.

Related Posts