fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Panduan

6 Cara Mengatasi HP Xiaomi Mati Hidup Sendiri

Wiliam

HP Xiaomi mati hidup sendiri ketika digunakan pastinya sangat membuat Bizzie bingung, karena biasanya hal tersebut terjadi secara tiba-tiba. Sedangkan untuk penyebab dari HP Xiaomi mati hidup sendiri ini sangat banyak.

Maka dari itu, bagi Bizzie yang mengalami kendala ini harus paham betul mengenai penyebab dan cara mengatasi dari permasalahan tersebut. Lantas, bagaimana cara mengatasi HP Xiaomi mati hidup sendiri? Simak penjelasan lebih lengkap dan jelasnya dibawah ini.

Penyebab HP Xiaomi Mati Hidup Sendiri

Sebelum masuk ke pembahasan inti cara mengatasi HP Xiaomi mati hidup sendiri, akan lebih baik dimulai dari memahami penyebabnya terlebih dahulu. Berikut adalah beberapa penyebab HP Xiaomi mati hidup sendiri :

1. Bug Software

Bug Software MIUI juga bisa menjadi salah satu penyebab, kenapa HP Xiaomi mati hidup sendiri secara tiba-tiba. Ada beberapa kasus pengguna yang mengalami hal ini dan biasanya terjadi, proses update MIUI selesai dilakukan.

2. Penggunaan Berlebihan

Aktivitas pengguna yang berlebih di HP Xiaomi juga bisa menjadi salah satu penyebab HP restart sendiri. Biasanya, hal ini terjadi ketika perangkat sudah mengalami overheat. Ada beragam kasus HP bisa overheat, seperti bermain game sembari di charger.

Hal ini bisa menjadi penyebab HP panas dan kinerja perangkat terlalu keras. Akibatnya HP akan melakukan restart sendiri, karena Bizzie menggunakan secara berlebihan.

3. Memori Penyimpanan Penuh

Penyebab HP Xiaomi mati sendiri secara tiba-tiba juga bisa disebabkan, karena ruang penyimpanan HP sudah penuh. Dikarenakan jika sudah tidak bisa menampung data baru, maka jelas kinerja HP akan lambat dan bisa menyebabkan error di perangkat hingga mati hidup sendiri.

4. RAM Penuh

RAM penuh karena banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang juga bisa menjadi penyebab HP Xiaomi mati hidup sendiri. Hal ini biasa terjadi di perangkat dengan RAM HP Xiaomi kelas menengah kebawah.

5. Kesalahan Melakukan Custom ROM dan ROOT

Banyak dari para pengguna HP Xiaomi masa kini yang suka melakukan custom ROM atau melakukan ROOT. Hal ini sangat beresiko di perangkat dan menyebabkan berbagai kendala, ketika terjadi kesalahan. Salah kendalanya adalah HP Xiaomi suka restart sendiri.

Cara Mengatasi HP Xiaomi Mati Hidup Sendiri

Setelah Bizzie paham dengan beberapa penyebab dari HP Xiaomi mati hidup sendiri, untuk pembahasan berikutnya adalah cara mengatasi HP Xiaomi mati hidup sendiri. Pada saat membicarakan mengenai cara mengatasi HP Xiaomi mati hidup sendiri, ada banyak sekali cara yang bisa digunakan.

Namun, tidak semua cara mengatasi HP Xiaomi mati hidup sendiri yang ada di halaman internet bisa membantu Bizzie. Ada beberapa cara mengatasi HP Xiaomi mati hidup sendiri yang bisa Bizzie gunakan, yaitu :

1. Update MIUI

Apabila terjadi bug software yang menyebabkan HP Xiaomi mati hidup sendiri. Maka dari itu, Bizzie bisa mencoba update MIUI ke versi paling baru. Apabila belum tersedia, maka bisa downgrade ke versi sebelumnya. Namun alangkah baiknya, Bizzie memantau forum group Xiaomi untuk perkembangan bug ini dan menunggu versi MIUI paling baru.

2. Memberi Ruang Pada Memori Internal

Cara mengatasi HP Xiaomi mati hidup sendiri berikutnya adalah memberikan ruang pada memori internal. Disarankan, Bizzie memberikan ruang cukup besar dikarenakan disetiap menggunakan HP baik itu sosial media dan lain-lain akan masuk beberapa file baru.

Jika memori internal sudah penuh, maka HP akan mengalami berbagai kendala dan salah satunya adalah lemot. Ketika hal ini terjadi, biasanya HP sering restart atau mati hidup sendiri.

Karena hal itu, Bizzie usahakan memberikan ruang pada memori internal. Perihal ini juga digunakan sebagai salah satu cara untuk menghindari kendala HP error terutama mati hidup sendiri.

3. Melakukan Pembersihan RAM

Membersihkan RAM di HP Xiaomi cukup mudah dilakukan, karena HP Xiaomi berada di kelas menengah terutama RAM kecil yang biasanya sering terjadi RAM penuh. Apabila RAM penuh, maka kinerja HP tentu akan melambat dan bisa terjadi kendala mati hidup sendiri. Nah, untuk cara mengatasi HP Xiaomi mati hidup sendiri adalah melakukan pembersihan RAM dengan menggunakan fitur pembersih bawaan.

4. Menggunakan Smartphone dengan Bijak

Untuk penggunaan smartphone terutama HP Xiaomi, usahakan jangan berlebihan. Terutama untuk bermain game sampai dengan over heat. Karena hal ini bisa membuat HP bekerja lebih keras dan bisa menyebabkan berbagai kendala dan salah satunya adalah mati hidup sendiri.

5. Hindari Melakukan Root atau Custom ROM

Jika HP Bizzie normal dan penggunaan tidak dilakukan secara berlebihan, maka jangan lakukan custom ROM. Karena jika terjadi kesalahan, maka bisa terjadi kendala seperti HP Xiaomi mati hidup sendiri bahkan kendala serius lainnya. Selain itu, melakukan hal ini juga bisa menghilangkan garansi pada HP Xiaomi.

6. Membawa ke SC Xiaomi

Apabila Bizzie sering mengalami masalah HP Xiaomi restart sendiri dan sudah mencoba beberapa cara di atas, tapi belum berhasil. Maka, Bizzie bisa langsung membawa ke service center Xiaomi dan lakukan klaim garansi. Kemungkinan kendala ini dikarenakan kerusakan di komponen hardware.

Penyebab kendala HP Xiaomi mati hidup sendiri ini sangat amat beragam. Bizzie bisa menggunakan beberapa cara mengatasi HP Xiaomi mati hidup sendiri di atas sebelum membawa ke service center. Bisa jadi, kerusakan tersebut bukan kerusakan komponen hardware.

Demikian penjelasan secara lengkap dan jelas mengenai 6 cara mengatasi HP Xiaomi mati hidup sendiri. Semoga penjelasan diatas bisa membantu dan bermanfaat,ya!

Baca Juga