fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Panduan

6 Cara Memasarkan Produk Agar Diterima di Masyarakat

Wiliam

Ada beberapa faktor yang membuat daya beli konsumen mengalami penurunan. Salah satu penyebabnya adalah pertumbuhan ekonomi di Indonesia yang kini diperkirakan sedikit melandari sampai 5%.

Di era seperti sekarang mayoritas bisnis pun akhirnya menyiakan cara memasarkan produk agar diterima masyarakat. Brand membuat market segmentation, riset konsumen hingga mempelajari beberapa materi pemasaran produk, khususnya untuk beberapa produk baru.

Ada beberapa cara memasarkan produk agar diterima di masyarakat yang harus bizzie ketahui. Bagi bizzie yang ingin tahu perihal tersebut, yuk langsung saja simak penjelasan lebih lengkap san jelasnya dibawah ini.

6 Cara Memasarkan Produk Agar Diterima Di Masyarakat

Sebagai berikut adalah beberapa cara memasarkan produk agar diterima masyarakat :

1. Mengenali Target Market

Cara memasarkan produk agar diterima masyarakat pertama adalah mengenal target market terlebih dahulu. Mengenali target market ini sangat penting, sehingga bizzie bisa menentukan strategi pemasaran yang tepat. Identifikasilah siapa yang akan menjadi konsumen dari produk yang bizzie jual.

Bizzie juga bisa melakukan identufikasi, mulqi sari mengenali jenis jelamin, usia, twmpat tinggal san lain-lain. Lalu, jangan lupa untuk melakukan analisis pendapatan dism setiap market pasar tersebut.

Contohnya, bizzie mempunyai bisnis kopi. Lalu, kenali target marketnya. Jika targetnya adalah perempuan berusia 17-30 taju, maka bisa disimpulkan bahwa kriteria tersebut cenderung masih masif di salam bermain media sosial.

Nah, cara memasarkan produk agar diterima di masyarakat adalah memanfaatkan content marketing atau ads social media. Bizzie juga bisa menggunakan konten artikel yang tayang di Google untuk sharing di berbagai hal.

Neil Panel menjelaskan bahwa di dalam menawarkan produk kepada konsumen dibutuhkan persiapan secara matang-matang dan solid. Dengan begitu, maka produk pun akan sukses di pasaran.

2. Memberi Diskon Pada Hari Tertentu

Selain mengenali target market, cara memasarkan produk agar diterima di masyarakat adalah dengan memberi diskon untuk beberapa hari besar atau waktu tertentu. Kata “diskon” selalu berhasil menarik perjanjian para konsumen.

Nah, bizzie bisa menaikkan omset dengan cara memberikan diskon produk. Misalnya, di saat peringatan hari Kemerdekaan RI memberikan diskon sampai dengan 45%.

Agar konsumen mengingat waktu diskon untuk belanja, bizzie bisa memanfaatkan beberapa tanggal tertentu. Contohnya, setiap tanggal kembar 11.11, 12.12 dan lain-lain. Menurut data riset, salah satu brand e-commerce terbesar di Indonesia menganggarkan dana pemasarannya sebesar 1.9332 M tahun 2022 untuk melakukan iklan.

Dana ini bisa digunakan untuk mempromosikan produk baru atau iklan pompa si beberapa hari tertentu, seperti Big Sale 6.6, 7.7, 11.11 dan lain-lain. Selain diskon,bisa juga dengan memberikan voucher gratis ongkir maupun produk hadiah dengan minimal pembelian yang sudah bizzie tentukan. Maka dari itu, konsumen akan tertarik dengan produk yang dipasarkan tersebut.

3. Menggunakan Digital Marketing

Cara memasarkan produk agar diterima masyarakat berikutnya adalah menggunakan digital marketing. Adanya fakta bahwa pengguna internet terus bertambah, maka cara ini sangat sesuai apabila diterapkan.

Penadaran digital atau digital marketing adalah cara memasarkan produk yang dilakukan dengan bantuan beberapa media atau internet. Contoh digital marketing adalah penggunaan website bisnis, sosial media marketing, advertising, SEO dan lain-lain.

Namun, ketika bizzie ingin menggunakan digital marketing harus memperhatikan media yang digunakan. Contohnya, untuk media sosial TikTok dengan cara membuat konten menarik dengan kualitas jernih.

4. Menggunakan Cara Giveaway

Selain diskon, giveaway adalah cara memasarkan produk yang paling menarik perhatian konsumen. Meski tujuan giveaway adalah untuk mempromosikan produk, tapi tetap harus mengubah. Konsep yang matang agar tidak terlalu memasarkan produk.

Sebagai contoh, bizzie mempunyai bisnis skincare. Adakan kontes Instagram story dengan syarat unggah video pemakaian produk skincare. Setiap pemenang akna mendapatkan paket mystery box include dengan ongkos kirim

Selain contoh tadi, bizzie juga bisa mengadakan giveaway dengan syarat menjawab beberapa pertanyaan seputar manfaat sari produk skincare yang dijual. Setiap pemenang yang berhasil menjawab pertanyaan giveaway akan mendapatkan hadiah berupa voucher diskon, gift product, pulsa, e-wallet dan lain-lain.

5. Memasang Harga Pembanding untuk Produk yang Sama

Memasarkan produk, entah itu produk makanan, minuman atau lainnya ini tidak hal mudah. Bizzie harus mempersiapkan beberapa cara untuk menjual produk tersebut kepada market yang tepat.

Maka, cara selanjutnya adalah dengan membandingkan harga perusahaan bizzie dengan kompetitor. Misalnya begini, bizzie mempunyai usaha minuman boba.

Lalu, di daftar harga tertulis brown sugar boba size m adalah Rp45.000,00. Sedangkan untuk produk size L adalah Rp50.00,00.  Maka konsumen cenderung akan memilih size lebih besar, karena selisih harga dengan size M t8dak terlalu jauh. Mereka juga akan merasa diuntungkan di saat membeli minuman tersebut dengan ukuran besar.

6. Penawaran Terbatas

Untuk cara memasarkan produk agar diterima masyarakat terakhir adalah memberikan penawaran terbatas untuk spanduk atau harga tertentu. Melalui langkah ini, konsumwn pasti akan membeli produk bizzie karena terdesak dengan penawaran menarik tersebut.

Misalnya, bizzie mempunyai nishina skincare. Lalu mwmbiat promo paket bundling di dalam jumlah terbatas dan harganya jauh lebih murah dibandingkan beli eceran atau per satu produk.

Konsumen. Yang mengetahui promo ini, pasti akan merasa rugi jika tidak membelinya. Sebab, calon konsumen berpikir bahwa promosi itu adalah kesempatan langkah hamh belum tentu ditawarkan kembali di masa datang. Maka dari itu, mereka akan membeli produk tersebut. .

Nah, itulah dia penjelasan secara lengkap mengenai cara memasarkan produk agar diterima di masyarakat. Semoga informasi diatas hiwa bermanfaat dan selamat mencoba, ya, 

Baca Juga