fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Aplikasi

5 List Aplikasi yang Digunakan untuk Membuat Server Voip

Wiliam

Sampai detik ini, masih banyak orang-orang yang belum mengetahui tentang keberadaan aplikasi yang digunakan untuk membuat server Voip. Padahal, aplikasi tersebut sudah sangat populer lho keberadaannya. Sebagai contoh, aplikasi bernama FreeSWITCH, Asterisk, dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Dengan mengetahui aplikasi tersebut. Tentu saja bizzie sudah tidak perlu repot lagi menggunakan command prompt maupun terminal yang dinilai jauh lebih susah pada penggunaannya. Untuk dapat menghemat waktu, sekiranya 5 list berikut ini dapat membantu bizzie di dalam membuat server Voip.

Apa yang Dimaksud dengan Server Voip ?

Pertama-tama, Voip ini merupakan singkatan langsung dari Voice Over Internet Protocol. Perihal penjelasannya, Voip sendiri telah menjadi bagian dari teknologi yang memanfaatkan bantuan Internet Protocol

Nah, penggunaan dari IP ini adalah untuk bisa menyediakan adanya komunikasi suara secara real time. Voip sendiri memiliki peran yang sangat penting. Nah salah satunya adalah untuk dapat memastikan apakah internet nantinya dapat bekerja dan berjalan secara maksimal.

Umumnya, server Voip ini bisa jalan dengan menggunakan bantuan sistem operasi pada PC / Komputer. Salah satu rekomendasi mengenai sistem tersebut ada pada Ubuntu. Dimana sistemnya sudah termasuk ke dalam OS yang fleksibel di dalam menjalankan adanya paket Asterisk.

Kalau dilihat-lihat dari histori, Voip ini telah menggunakan IP untuk dapat menghubungkan ke PBXs. Bagi yang belum tahu, PBXs ini adalah Private Branch Exchange yang saat ini sudah diganti menjadi IP Telephony. 

5+ List Aplikasi yang Digunakan untuk Membuat Server Voip

Setelah mengenal apa itu Voip, maka kali ini waktunya bagi bizzie untuk mengetahui aplikasi yang digunakan untuk membuat server Voip. Bisa dikatakan, aplikasi tersebut menjadi salah satu cara tercepat dan simpel yang bisa bizzie gunakan. Sebab, kedepannya sudah tidak perlu lagi memakai bantuan command prompt atau dikenal juga dengan terminal.

Lalu, apa saja aplikasi yang digunakan untuk membuat server Voip saat ini ? Berikut adalah listnya : 

1. List Aplikasi yang Digunakan untuk Membuat Server Voip Adalah FreeSWITCH

Salah satu aplikasi ternama dan terpopuler dalam pembuatan server Voip adalah FreeSWITCH. Dimana aplikasinya memang bukanlah satu-satunya yang dapat digunakan, namun masih termasuk baik saat ini. 

Dulunya aplikasi bernama FreeSWITCH ini berbasikan pada Asterisk. Dan sudah dikembangkan secara langsung oleh 3 orang ahlinya [ Brian W, Anthony Minsessale II dan Michael J ].

Aplikasi FreeSWITCH sudah lebih fokus pada pemakaian modulatory, dengan tambahan teknologi dukungannya di lintas platform. Tak hanya itu saja, aplikasinya juga sudah dilengkapi oleh stabilitas dan juga skalabilitas yang ciamik. Dimana kedua benar-benar dapat mendukung seluruh pengguna di dalam menciptakan adanya UC suite tersendiri.

Kemudian, FreeSWITCH juga mampu terintegrasi dengan jelas dan mudah menggunakan PBX. Disini FreeSWITCH juga bisa mendukung adnaya WebRTC, SIP, hingga H.323. Bagi dunia server  Voip, FreeSWITCH sudah menjadi aplikasi dengan ketersediaan atas pustaka software secara terbuka ( Open Source ). Sehingga, nantinya bisa memudahkan seluruh penggunanya di dalam mengoperasikan sistem yang terlihat kompleks.

2. List Aplikasi yang Digunakan untuk Membuat Server Voip Adalah Elastix

Selain FreeSWITCH, ada juga aplikasi pembuat server Voip bernama Elastix. Untuk aplikasinya, para pengguna dapat menikmati kehadiran dari fitur integrasi dengan WebRTC Video Conferencing dan terdapat Call Center. Tak hanya itu, bizzie selaku pengguna juga bisa mendapat kemudahan akses ke seluruh device smartphone. 

Secara singkat, Elastix ini adalah suatu aplikasi dengan berbasiskan pada penggunaan PBX. Aplikasinya sendiri telah dibuat oleh 3CX dan masuk ke dalam golongan free application yang sudah terintegrasi WebRTC. Bahkan aplikasinya sendiri sudah diisi oleh penggunaan sistem UC, dengan dibantu oleh 3 dukungan ( gateway, telepon internet protocol, dan SIP Trunks ).

3. List Aplikasi yang Digunakan untuk Membuat Server Voip Adalah FreePBX

Lalu, aplikasi pembuat server Voip lainnya yang memiliki sifat open source serta gratis adalah FreePBX. Di dalamnya para pengguna akan menemukan interface, yang memang telah berbasiskan website atau GUI. Dengan begitu, para penggunanya akan terasa mudah ketika sedang mengelola sistemnya.

Umumnya, FreePBX ini telah menggunakan bantuan sistem berbasiskan ASTERISK. Nantinya, di dalam aplikasi tersebut tersimpan begitu banyak fitur aplikasi FreePBX yang dinilai sama seperti software dalam membuat server Voip.  Sehingga, pengguna yang belum memiliki versi GUI dari FreePBX ini dapat lebih dulu menambahkan GUI ke versi sekarang.

4. List Aplikasi yang Digunakan untuk Membuat Server Voip Adalah Solarwinds

Selanjutnya aplikasi yang digunakan untuk membuat server Voip dengan segala kemudahannya adalah Solarwinds. Kehadiran dari aplikasi tersebut dinilai sangat murah, namun masih bisa menjamin masalah kecepatan hingga kondisi stabil ketika digunakan. 

Selain itu, bizzie sebagai pengguna juga akan menerima adanya fitur email trial. Dimana fitur tersebut sengaja diberikan untuk ajang pembelajaran atau pemantauan atas software dari tim expert. Jadi, untuk para pemula dimanapun mereka berada, sangat cocok jika pertama kali harus menggunakan aplikasinya.

5. List Aplikasi yang Digunakan untuk Membuat Server Voip Adalah Asterisk

Terakhir adalah software pertama yang bisa pengguna pakai, yakni Asterisk. Dimana aplikasinya sudah dikenal sebagai penyedia resmi atas serve Voip dan juga PBX Open Source. Walau perilisannya sudah ada sejak lama, namun hingga detik ini eksistensinya masih saja berjalan dengan tinggi. 

Kenapa demikian ? itu semua lantaran, Asterisk didominasi oleh pemakaian dari banyak perusahaan besar di dunia. Selain daripada itu, ada juga fitur lainnya yang telah disediakan oleh aplikasi Asterisk. Nah, fiturnya terdiri dari panggilan otomatis, panggilan konferensi, respon suara yang interaktif, dan lain sebagainya.

Demikianlah 5+ list aplikasi yang digunakan untuk membuat server Voip. Selain simpel dan canggih, semua aplikasinya dapat memberikan kemudahan bagi para pengguna dimanapun mereka berada. Jadi, pemula seperti bizzie sangatlah cocok untuk bisa menggunakannya.

Baca Juga