fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Panduan

5 Cara Mengatasi HP OPPO Lemot dan Panas

Wiliam

Masalah HP OPPO yang lemot dan panas saat digunakan memang tidak nyaman. Banyak aktivitas, seperti game, membuka media sosial, edit video dan beberapa lainnya terasa kurang maksimal.

Hal ini terjadi, karena HP OPPO yang sudah digunakan selama bertahun-tahun mengalami penurunan performa. Akan tetapi, faktor usia bukan menjadi salah satu penyebab. Spesifikasi dna cara Bizzie menggunakan setiap hari juga mempunyai peran besar yang membuat HP menjadi lemot dan panas.

Pada umumnya pengguna yang mengeluh HP lemot ini kebanyakan adalah pengguna yang menggunakan HP kelas mid range dan low end. Meskipun demikian, bukan berarti pengguna HP kelas high end tidak pernah mengalami masalah tersebut.

Meskipun mempunyai HP OPPO dengan spesifikasi tinggi, tapi cara pemakaiannya kurang tepat akan tetap mengalami kelambatan. Untuk memahami lebih jelas mengenai cara mengatasi HP OPPO lemot dan panas, yuk langsung simak penjelasan lebih lengkapnya dibawah ini.

Cara Mengatasi HP OPPO Lemot dan Panas

Untuk mengatasi HP OPPO lemot dan panas, Bizzie bisa menggunakan beberapa cara sebagai berikut :

1. Membersihkan File Sampah

Cara mengatasi HP OPPO lemot dan panas pertama adalah membersihkan file sampah dan cache. File cache, cookie dan sejenis lainnya sebenarnya sangat membantu Bizzie di dalam mempercepat akses sistem dan aplikasi.

Namun di dalam kurun waktu tertentu, file cache tetap harus dibersihkan agar tidak menjadi tumpukan pada memori internal. Membersihkan file cache juga tidak menjadi menyebabkan masalah di dalam sistem dan aplikasi terinstall. Bizzie bisa mengikuti petunjuk menghapus cache secara manual dan penghapus cache menggunakan aplikasi pembersih

Menghapus Cache Secara Manual

Pada saat Bizzie ingin menghapus cache secara manual, maka bisa mengikuti beberapa tahapan sebagai berikut :

●   Pertama, Bizzie bisa membuka menu “Pengaturan” di HP OPPO yang digunakan.

●   Pilih “Manajemen aplikasi – temukan dan memilih aplikasi”.

●   Ketuk “Hapus cache” untuk menghapus semua cache di aplikasi tersebut.

●   Selesai.

Menghapus Cache Menggunakan Alat Pembersih

Apabila cara pertama ribet, Bizzie bisa menggunakan alat pembersih cache. Sebagai berikut langkah-langkah menggunakan alat pembersih cache :

●   Membuka aplikasi “Manajer Telepon” di HP OPPO.

●   Pilih “Bersihkan & Percepatan” dan tunggu sampai dengan prosesnya selesai.

●   Ketuk “bersihkan”.

●   Selesai.

2. Jangan Terlalu Banyak Menjalankan Aplikasi

Bagi Bizzie yang menggunakan HP OPPO dengan kapasitas RAM kecil, sebaiknya jangan terlalu banyak menjalankan aplikasi. Bizzie perlu membatasi aktivitas HP agar tetap stabil dan optimal pada saat digunakan.

Apalagi untuk para pengguna HP OPPO tipe lama, seperti OPPO A37, A71, A83 dan lainnya yang sudah mengalami penurunan performa. Sehingga, tidak bisa lagi diandalkan untuk beberapa aktivitas berat.

Di dalam hal ini, bukan berarti HP Bizzie tidak layak digunakan. Akan tetapi, Bizzie masih bisa menggunakan HP OPPO lama dengan menyesuaikan spesifikasi yang tersedia. Masih banyak dari kalangan masyarakat yang menggunakan HP OPPO lama, dimana masih nyaman digunakan untuk membuka media sosial, chat streaming video dan lain-lain.

3. Cukup Menggunakan Satu Aplikasi Antivirus

Apabila Bizzie ingin memasang aplikasi antivirus, sebaiknya cukup memasang satu saja. Antivirus sering sekali melakukan pemindaian secara real time di layar belakang dan dampaknya konsumsi baterai maupun RAM menjadi lebih tinggi.

Aplikasi antivirus pada Android sebenarnya juga tidak terlalu dibutuhkan. Sistem Android dan aplikasi keamanan bawaan dari HP OPPO ini sudah cukup untuk memberikan perlindungan kepada Bizzie dari serangan virus dan malware.

HP Android sangat rentang terhadap serangan virus yang menginfeksi sistem dan aplikasi. Kebanyakan virus itu ada didalam aplikasi yang sudah di unduh dari sumber tidak resmi.

Artinya, ketika Bizzie mengunduh aplikasi langsung dari sumber resminya seperti Google Play Store. Maka, aplikasi tersebut aman-aman saja untuk digunakan dalam jangka panjang.

4. Melakukan Pembaharuan Sistem dan Aplikasi

Sebagian pengguna mungkin berpikiran, bahwa pembaruan sistem dan aplikasi ini menyebabkan memori internal penuh. Memang ada benarnya, di dalam pembaruan sistem dan aplikasi ini terdapat penambahan file memori pada memori internal.

Akan tetapi, perlu diperhatikan bahwa pembaharuan sistem dan aplikasi juga membawa perbaikan serta peningkatan performa. Artinya, Bizzie disarankan untuk melakukan pembaruan apabila tersedia pembaruan.Di saat Bizzie merasa memori internal tidak cukup untuk melakukan pembaruan, pindahkan data yang ada di memori internal ke eksternal.

Memperbarui Color OS HP OPPO

Untuk langkah-langkah melakukan pembaruan color OS HP OPPO adalah :

●   Pertama, Bizzie membuka menu “Pengaturan” di HP OPPO yang digunakan.

●   Pilih “pembaruan perangkat lunak – lakukan pembaruan Color OS” apabila tersedia versi baru.

●   Menggunakan koneksi WiFi agar update berjalan dengan lancar.

●   Selesai.

Memperbarui Aplikasi Terinstall

Melakukan pembaruan aplikasi yang terinstall di HP OPPO ini harus dilakukan. Sebagai berikut adalah langkah-langkah memperbarui aplikasi terinstall di HP OPPO :

●   Membuka aplikasi “Google Play Store” di HP OPPO yang Bizzie gunakan.

●   Masuk di halaman “Aplikasi dan game saya”.

●   Ketuk menu “Semua” untuk melakukan pembaruan di semua aplikasi terinstall.

●   Selesai.

5. Menghapus Aplikasi yang Tidak Pernah Digunakan

Bizzie tidak perlu mempertahankan aplikasi yang sekiranya sudah tidak dibutuhkan lagi. Memasang banyak aplikasi tanpa melihat kebutuhan imi bisa menyebabkan HP OPPO lemot.

Selain itu, Bizzie juga bisa menghapus aplikasi maupun game dari manajemen aplikasi. Untuk menghapus aplikasi, Bizzie bisa mengikuti beberapa langkah sebagai berikut :

●   Pertama, Bizzie membuka menu “pengaturan” di HP OPPO yang sedang digunakan.

●   Pilih “manajemen aplikasi – temukan – aplikasi”.

●   Ketuk “hapus” untuk menghapus semua aplikasi tersebut.

●   Lakukan konfirmasi hapus dengan klik “OK”.

●   Selesai.

Nah, itulah dia 5 cara mengatasi HP Lemot dan Panas. Semoga informasi diatas bisa membantu dan selamat mencoba, ya.

Baca Juga