fbpx

5 Cara Memperbaiki Google Chrome yang Tidak Bisa Membuka Website

Chrome yang tiba-tiba tidak bisa dibuka menjadi salah satu hal sudah biasa ditemui oleh kalangan pengguna smartphone atau laptop. Akan tetapi, untuk bizzie yang sedang berada di hal tersebut tidak perlu merasa khawatir.

Ada beberapa cara memperbaiki Google Chrome yang tidak bisa membuka . Untuk penjelasan secara lengkap mengenai cara memperbaiki Google Chrome yang tidak bisa dibuka bisa simak lebih lengkap di bawah ini.

5 Cara Memperbaiki Google Chrome yang Tidak Bisa Membuka Website

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa ketika sedang berada di masalah Google Chrome tidak bisa dibuka ada beberapa cara bisa dilakukan. Beberapa cara yang bisa dilakukan adalah:

1. Melakukan Pengecekan Pada Koneksi Internet

Cara pertama yang bisa dilakukan ketika Google Chrome tidak bisa dibuka bisa melakukan pengecekan koneksi terlebih dahulu. Bisa saja koneksi internet bizzie sedang mengalami gangguan atau bermasalah.

Ada cara yang paling ampuh untuk bisa melakukan pengecekan koneksi internet. Sebagai berikut cara yang bisa dilakukan ketika ingin mengecek koneksi internet pada perangkat windows:

●      Langkah pertama, bizzie bisa langsung saja klik start dan CMD dan tekan enter.

●  Langkah kedua, bizzie bisa mengetikkan pada kolom yang tersedia dengan tulisan Ping Google.Com dan lalu tekan enter.

Ketika di halaman perangkat bizzie menjelaskan mengenai koneksi sedang mengalami gangguan. Maka untuk cara yang bisa diambil adalah dengan melakukan restart terlebih dahulu dengan internet tersebut.

Pada saat proses restart sudah selesai bizzie bisa melakukan pengetesan kembali pada perangkat yang bizzie gunakan. Apabila hasilnya sudah memunculkan empat terkirim dan diterima berarti koneksi internet sudah berjalan secara lancar.

Sedangkan untuk cara lain yang bisa dilakukan adalah memasukkan perintah : ping google.com. Dengan memasukkan perintah tersebut bisa mengetahui kestabilan dari koneksi internet tersebut.

Apabila muncul tulisan Request Time Out berarti untuk koneksi internet yang ada di perangkat bizzie sedang tidak stabil. Selain itu, untuk langkah yang bisa bizzie lakukan adalah menghubungi pada penyedia layanan internet tersebut.

2. Menghapus Cache DNS

Cara memperbaiki Google Chrome yang tidak bisa membuka website selanjutnya dengan menghapus . Perlu bizzie ketahui juga untuk cache yang bermasalah juga bisa menyebabkan website tidak bisa diakses oleh penggunanya.

Baca Juga :  8 Tren SEO Yang Akan Mendominasi 2019

Maka dari itu, ada satu langkah yang bisa bizzie lakukan untuk mengatasi permasalahan Cache DNS. Bagi para pengguna perangkat Windows bisa menggunakan cara sebagai berikut:

●      Klik pada menu start yang ada di perangkat bizzie. Ketikan CMD dan klik enter.

●  Pada menu command prompt, bizzie bisa mengetikan ipconfig atau flushdns.

Nah, ketika dua dua langkah pada cara kali ini sudah berhasil maka website akan berjalan normal lagi. Sedangkan untuk website belum bisa diakses, maka bizzie perlu melakukan pengecekan DNS pada pengaturan servernya.

3. Melakukan Pergantian DNS Server

Pada saat bizzie sudah menggunakan cara penghapusan cache DNS dan belum bisa mengakses Google Chrome, maka bisa melakukan pergantian DNS. Pihak Internet Service Provider (ISP) akan memberikan DNS Default pada bizzie supaya bisa mengakses jaringan internet.

Ketika masih tetap terjadi masalah, tidak ada salahnya bizzie mencoba dengan menggunakan DNS Google. Sebagai berikut cara untuk melakukan perubahan DNS server pada perangkat Windows:

●      Berikan klik kanan pada ikon jaringan. Setelah itu, bizzie bisa memilih menu yang bertuliskan “Open the network and sharing center”.

●      Setelah itu, pilih saja langsung Change Adapter Settings.

●      Klik kanan pada koneksi yang sesuai dengan bizzie inginkan untuk proses perubahan DNS server. Berikan lagi klik kanan dan menu properties.

●      Tunggu sampai dengan muncul tab properties. Pilih salah satu menu yang bertuliskan “internet protocol version 4”. Berikan klik lagi pada menu Properties.

●      Pada halaman “use the following DNS server”, bizzie diminta untuk mamasukkan kode IP DNS Google 8.8.8.8 atau 8.8.8.4.

●  Klik pada kolom “OK” untuk proses penyimpanan konfigurasi yang sudah bizzie lakukan.

Setelah semua langkah pada cara pergantian DNS Server sudah berhasil, maka website sudah bisa berjalan secara normal kembali. Apabila belum berhasil bisa menggunakan cara lainnya.

4. Melakukan Reset TCP atau IP Address

Cara memperbaiki Google Chrome yang tidak bisa membuka website selanjutnya adalah melakukan reset TCP atau . Pada cara kali ini hanya bisa dilakukan untuk mengatasi ketika terjadinya IP Conflict atau IP yang terblokir.

Untuk melakukan reset TCP atau IP Address ada beberapa cara yang harus dilakukan. Langkah atau cara yang bisa dilakukan adalah:

●      Klik pada menu start dan lalu menuliskan atau mengetikan CMD pada perangkat yang bizzie gunakan.

Baca Juga :  Wajib Tahu, Ini Kelebihan dan Kekurangan Wordpress Hosting

●      Ketikkan lagi “ipconfig/release” untuk proses penghapusan konfigurasi network yang ada.

●      Ketikan “ipconfig/all” supaya bisa menampilkan semua informasi alamat IP dan juga pengaturan DNS.

●      Ketikan lagi “ipconfig/flush” supaya bisa melakukan proses penghapusan cache DNS.

●      Ketikan “ipconfig/renew” supaya dapat memasukkan ulang konfigurasi ulang pada pengaturan network.

●      Memasukkan perintah “netsh in ip reset” dan lalu berikan tombol enter.

●  Paling akhir bizzie diminta untuk memasukkan perintah “netsh winsock reset” dan lalu berikan tombol enter.

Setelah bizzie mencoba cara memperbaiki Google Chrome yang tidak bisa membuka website bisa melakukan restart perangkat terlebih dahulu. Proses restart sudah selesai bisa mencoba melakukan akses website yang sedang terkendala tersebut.

5. Menghapus Semua Cache Browser

Cara memperbaiki Google Chrome yang tidak bisa membuka website yang paling akhir bisa dengan menghapus semua cache . Cache browser merupakan data pada website yang tersimpan secara sementara pada media penyimpanan perangkat.

Cache browser mempunyai manfaat untuk mempercepat proses loading pada website. Sedangkan untuk kendala cache browser yang sering terjadi adalah tidak bisa diakses. Ketika bizzie sudah mengalami kendala tersebut bisa menghapus cache browser terlebih dahulu.

Masih sama seperti yang sebelumnya untuk menghapus cache browser bizzie beberapa langkah harus dilakukan. Untuk beberapa langkah yang bisa bizzie lakukan adalah:

●      Buka side pada menu yang berada di pojok kanan atas Google Chrome.

●      Pilih saja langsung menu “Settings” dan lalu mencari menu yang bertuliskan “Clear browsing data”.

●      Pilih juga jangka waktu atau menu “Time range”. Sedangkan untuk bizzie yang ingin menghapus semua data dari awal bisa memilih menu “All time”.

●      Pilih juga beberapa elemen yang ingin bizzie hapus.

●  Setelah proses pemilihan beberapa elemen sudah selesai bisa memberikan klik pada kolom yang bertuliskan “clear data”.

Proses penghapusan cache browser kali ini tidak membutuhkan banyak waktu. Paling tidak waktu yang dibutuhkan sekitar  tiga sampai lima menit saja. Setelah proses hapus cache browser sudah selesai, bizzie bisa menggunakan Google Chrome seperti semula.

Itulah dia penjelasan secara lengkap mengenai lima cara memperbaiki Google Chrome yang tidak bisa membuka website. Setelah adanya pembahasan diatas diharapkan tidak ada lagi kalangan masyarakat yang bingung ketika sedang mengalami kendala dengan Google Chrome.