fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Aplikasi

5 Aplikasi Untuk Mengunci Aplikasi Pada Android 

Wiliam

Bicara mengenai teknologi yang berhubungan dengan gadget, ada banyak sekali inovasi baru salah satunya adalah aplikasi untuk mengunci aplikasi pada Android. Tujuan dari aplikasi seperti ini tentunya untuk alasan keamanan, kenyamanan dan juga privasi bagi seseorang saat menggunakan sebuah aplikasi pada Android tersebut.

Bahkan, kalau untuk alasan keamanan atau sekuritas bukan hanya mengamankan dan mengunci sebuah aplikasi saja tapi bisa mengunci isi dari Android bizzle itu sendiri. Sehingga, aplikasi untuk mengunci aplikasi ini memang juga pastinya memiliki beberapa fungsi dan tujuan yang diinginkan.

Beberapa Aplikasi Untuk Mengunci Aplikasi

Jika bizzle penasaran apa saja aplikasi untuk mengunci aplikasi seperti ini jika memang didasarkan dengan fungsi dan tujuannya, maka ada beberapa aplikasi yang bisa dimanfaatkan, yaitu:

1. Ultra Applock

Rekomendasi dimulai dari aplikasi yang disebut dengan ultra applock, yaitu aplikasi yang bisa digunakan di semua jenis ponsel. Menariknya aplikasi ini bisa melakukan penyamaran dengan menjadikan aplikasi menjadi kalkulator supaya tidak dibuka sembarangan.

Namun, jika aplikasi ini berhasil dibobol maka ada kemungkinan lain yang menarik yaitu bizzle bisa melihat rekaman foto orang yang melakukannya. Yang terpenting aplikasi ini tidak menghabiskan pemakaian daya baterai.

2. Applock Go

Applock Go merupakan salah satu aplikasi untuk mengunci aplikasi yang cukup bisa diandalkan, karena memiliki sedikit perbedaan tapi cukup signifikan. Yaitu, aplikasi yang satu ini bisa membuat keyboardnya berjenis acak dan tidak bisa terlihat oleh orang lain. Dengan begitu, pola penguncinya tidak akan terlihat saat digunakan.

3. Keeplock

Berikutnya adalah aplikasi keeplock, yaitu aplikasi yang memiliki beberapa fitur dan bisa melakukan penguncian berbagai aplikasi termasuk aplikasi untuk media sosial. Bahkan, bizzle pun bisa mengunci galeri foto serta video yang ingin disimpan dan tidak ingin dilihat orang lain. Tentunya dengan menggunakan sistem penguncian biasa.

Aplikasi ini cukup kecil untuk masalah ukuran besar aplikasi, sehingga tidak memakan banyak memori RAM di ponsel.

4. Lockit

Aplikasi untuk mengunci aplikasi yang berikutnya adalah lockit, yaitu aplikasi yang sama seperti aplikasi pada umumnya dengan menggunakan tiga tipe kode akses seperti PIN, pola ataupun fingerprint. Sama juga dengan beberapa aplikasi lainnya, aplikasi ini bisa mengunci bagian penyimpanan foto dan video.

Termasuk jika ada yang memaksa masuk maka akan diketahui siapa yang melakukan hal tersebut dengan fitur memotret otomatis.

5. Applock Pro

Untuk rekomendasi terakhir adalah aplikasi yang bernama applock pro, yaitu aplikasi yang digunakan untuk mengunci aplikasi dan berasal dari Erwin Apps. Dimana aplikasi ini bisa mengunci aplikasi-aplikasi khusus akun media sosial seperti facebook, instagram, whatsapp dan banyak messenger.

Selain tipe akses yang biasa, ada juga dengan cara knock code lock. Bahkan, bizzle bisa mengatur batas waktu penggunaan penguncian yang menggunakan fitur timer.

Cara Mengunci Aplikasi

Menggunakan aplikasi untuk mengunci aplikasi tentunya bertujuan untuk menutup akses orang lain terhadap sebuah aplikasi yang sedang bizzle gunakan. Ada beberapa cara praktis dan standar yang bisa digunakan selain dengan sebuah aplikasi tentunya , antara lain:

1. Berbasis Android

Untuk aplikasi berbasis Android, sebenarnya ada dua macam cara yang terbagi untuk melakukan penguncian aplikasi. Yaitu :

·       Android Versi 9.0 dan 10.0

Untuk dua versi ini memiliki urutan cara mengunci aplikasi dengan cara membuka menu pengaturan dan security atau biometric dan security. Setelah itu, klik other security system. Nyalakan juga pengaturan screen pinning. Hingga terakhir klik pin this app untuk memasukkan passwordnya.

·       Android Versi Nougat dan Oreo

Untuk versi yang satu ini lagi, karena lebih lama dari versi yang di atas maka ada sedikit perbedaan yang mengalami pengembangan pada versi berikutnya. Dimana untuk langkah awal masih sama, tapi memiliki perbedaan saat bagian pemilihan penggunaan kunci aplikasi di bagian use screen lock type to unpin.

2. Berbasis iOS

Berbeda lagi untuk aplikasi yang diperuntukkan bagi gadget berbasis iOS, tentunya ada cara lain yang juga khusus dalam hal aplikasi untuk mengunci aplikasi ini. Dimana untuk basis Apple atau jenis iPhone ini memiliki empat metode, yaitu:

·       Metode pertama

Untuk yang pertama adalah memasuki bagian menu pengaturan dan bagian screen time. Setelah itu, pilih allow apps untuk mencari aplikasi yang akan dikunci baru balik ke home screen untuk menyimpan pengaturannya.

·       Metode Kedua

Metode berikutnya memiliki kesamaan pada bagian screen timing, lalu menuju pada menu apps limit. Bizzle bisa mengunci aplikasi melalui menu kategori, dimana setelah itu bizzle bisa memilih limit waktu yang diinginkan.

·       Metode Ketiga

Selanjutnya adalah metode ketiga yang melalui pengaturan dan juga menu accessibility, serta aktifkan guide access.

·       Metode Keempat

Metode terakhir adalah melalui cara aplikasi pihak ketiga. Yaitu, bioprotect, locktopus dan applocker.

3. Folder Samsung

Berbeda dari Android pada umumnya, untuk Android pada folder Samsung memiliki cara tersendiri mengenai aplikasi untuk mengunci aplikasi ini, yaitu bisa melalui secure folder dan memilih add apps. Setelah itu, disudahi dengan mengklik lock dan exit lalu akan muncul notifikasi mengenai secure folder yang sudah terkunci. .

4. Norton App Lock

Yang terakhir adalah Norton App Lock, yaitu pengunci aplikasi yang harus diinstall dulu aplikasi yang bisa dicari pada Google play store.

Kurang lebihnya memang seperti itulah aplikasi untuk mengunci aplikasi yang bisa dijabarkan, serta manfaat dan beberapa cara praktis yang biasa dilakukan pada beberapa jenis gadget yang ada. Dengan begitu, akan semakin mempermudah bizzle untuk mengamankan aplikasi yang diinginkan.

Baca Juga