fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Panduan

4 Cara Menonaktifkan Scanning Protocol SSL yang Mudah dan Cepat

Wiliam

Mungkin bizzie pernah mencoba akses sebuah website dan mendapatkan pesan Your Connection is Not Secure. Sebenarnya apa arti dari pesan tersebut? Kenapa bizzie bisa mendapatkan pesan tersebut? Bagaimana cara menonaktifkan scanning protocol SSL? Simak penjelasan lebih lengkap mengenai semua hal tersebut dibawah ini.

Arti “Your Connection is Not Secure”

Pada dasarnya, untuk pesan your connection is not secure ini akan terlihat dan terjadi disaat SSL error. Pada SSl atau secure sockets layer (SSL) ini biasanya digunakan untuk menjaga keamanan dan privasi informasi yang dimasukkan di dalam website.

Secure connection atau situs ini dimulai dengan awalan “https:///” dan mempunyai arti, bahwa situs tersebut mempunyai sertifikasi valid dan mempunyai enkripsi kuat untuk memberikan perlindungan data. Jadi, bizzie mendapatkan pesan Your Connection is Not Secure ini kemungkinan bahwa situs tersebut tidak verifikasi atau belum mempunyai sertifikasi valid.

Biasanya, untuk situs yang dianggap kurang aman ini diawali dengan “https://”. Ketika bizzie membuka situs dan mendapatkan pesan seperti itu, maka harus berhati-hati.

Akan tetapi, ketika sedang mengalami error maka bisa mencoba akses beberapa situs populer lainnya. Misalnya, Google, Facebook, Bing dan masih banyak yang lainnya lagi.

Cara Menonaktifkan Scanning Protocol SSL

Sebagai berikut cara menonaktifkan scanning protocol ssl yang bisa bizzie lakukan :

1. Menghapus Browsing History Browser

Bizzie bisa melakukan cara menonaktifkan scanning protocol ssl ini dengan masuk ke dalam menu. Pilih juga menu “history” dan “clear browsing data”. Selanjutnya, pilih menu “all” dan klik tombol “clear”. Masuk ke dalam pilihan menu “settings” dan coba bizzie mencari bagian “change proxy”.

Membuka menu “tab security dan privasi”. Kemudian, bizzie bisa memilih level medium dan tutup dan buka kembali browser yang bizzie gunakan. Coba mengakses kembali situs yang bizzie sudah buka. Apakah masih menampilkan pesan “Your Connection is Not Sure” atau sudah hilang.

Bagi bizzie yang tidak terlalu tech savvy, kemungkinan besar bingung dengan cara menonaktifkan scanning protocol ssl satu ini. Ketika bizzie browsing internet dan mengunjungi situs, sebenarnya bisa download seperti gambar di perangkat yang digunakan.

2. Mencoba Akses Situs dengan Private Mode

Pada file data ini digunakan bagi komputer bizzie dengan berbagai tujuan. Misalnya untuk menyimpan history situs yang bizzie kunjungi sampai dengan menyimpan di berbagai jenis preference di file small text sebagai cookies.

Private mode ini akan dihapus kebanyakan komponen data pribadi agar tidak tertinggal di bagian sesi akhir. Ketika bizzie mengakses situs dengan menggunakan private mode, maka tidak akan bisa melihat aktivitas.

Akan tetapi, data bookmarks dan download ini bisa tetap tersimpan di perangkat yang digunakan oleh bizzie. Maka dari itu, bizzie akan mendapatkan pesan “your connection is not secure” untuk bisa mengakses kembali ke dalam situs dengan private mode.

Bizzie juga bisa dengan mudah melakukan cara menonaktifkan scanning protocol ini dengan hanya menekan tombol “ctrl+shift+P”. Semua taba baru di private windows ini juga akan tetap terbuka dan berada di dalam mode private.

Cara menonaktifkan scanning protocol ssl yang juga bisa gunakan adalah masuk di dalam menu “pengaturan antivirus”. Pada langkah atau cara yang satu ini sebenarnya banyak dipakai untuk melihat apakah masalah ini muncul, karena antivirus serta konflik data enkripsi.

Ketika bizzie memastikan scanning tersebut dan bisa mengakses kembali situs. Artinya, memang penyebabnya adalah perihal tersebut. Namun, masih ada yang bisa bizzie lakukan.

Coba, bizzie hapus history browsing firefox. Selain itu, bizzie juga harus coba install versi yang terbaru dari browser Firefox, software antivirus dan operatin system (OS). Setelah bizzie sudah menyelesaikan semua langkah yang sudah disebutkan diatas, maka bisa langsung mengaktifkan scanning protocol SSL di menu “pengaturan antivirus”.

3. Cek Tanggal dan Waktu

Ketika bizzie percaya, bahwa situs yang digunakan ini aman. Maka, kemungkinan besar bisa mengecek pada menu pengaturan tanggal dan waktu di dalam sistem operasi. Mungkin saja, untuk sertifikat keamanan ini sudah masuk di dalam masa expired.

Ketika tanggal dan waktunya salah, maka untuk firefox ini juga bisa mengira bahwa sertifikat keamanannya sudah mulai expired. Ketika memang hal tersebut terjadi, maka bizzie harus melakukan perubahan pengaturan tanggal dan waktu.

Apabila pengaturan tanggal dan waktu bizzie di dalam “set time automatically”, maka coba bizzie matikan terlebih dahulu. Setelah itu, atur kembali tanggal dan waktunya bisa berjalan secara manual. Coba restart firefox, bizzie bisa melihat apakah masih terlihat pesan “your connection is not secure”.

4. Mencoba Menghapus Sertifikat Cert8.db

Semua data sertifikat yang bermasalah ini sering muncul, ketika file folder profil bizzie. Dimana, sertifikat cert8.db ini akan disimpan setelah mengalami kerusakan. Hapus file tersebut akan dibiarkan firefox melakukan pembaharuan file tersebut.

Ketika situs yang bizzie akses mempunyai enkripsi yang lemah. Maka dari itu, bizzie akan diberikan pilihan untuk melakukan loading situs tersebut dengan beberapa pilihan tertentu.

Bizzie perlu ingat, bahwa untuk situs yang tidak asli ini akan meminta untuk melewatkan sertifikat dan ketika melakukan perihal tersebut. Maka dari itu, bizzie perlu untuk check apakah situs tersebut sedang berusaha melakukan phising atau situs palsu.

Nah, itulah dia penjelasan secara lengkap dan jelas mengenai cara menonaktifkan scanning protocol ssl. Semoga bisa membantu bizzie yang sering mendapatkan pesan “your connection is not secure”.

Baca Juga