fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Panduan

4 Cara Mengatasi LCD Rusak atau Tidak dengan Mudah

Wiliam

Di zaman yang serba modern seperti sekarang, HP layar sentuh menjadi salah satu kebutuhan utama para penggunanya. Semua kalangan masyarakat menggunakan HP layar sentuh untuk alat komunikasi.

Untuk salah satu komponen penting dari jenis HP ini adalah LCD. Namun, LCD HP layar sentuh sering mengalami permasalah di dalam penggunaan sehari-hari. Contohnya, tertekan, retak, pecah dan lain-lain.

Tentu saja, untuk masalh tersebut sangat menganggu kinerja HP keren membuatnya tidak normal lagi. Lantas, bagaimana cara mengatasi LCD rusak atau tidak? Yuk simak penjelasan secara lengkapnya dibawah ini.

Penyebab HP LCD Rusak

Sebelum membahas perihal cara mengatasi LCD rusak atau tidak, akan lebih baik paham mengenai penyebabnya terlebih dahulu. Sebagai berikut beberapa penyebab HP LCD rusak :

1. Dead Pixel

Salah satu jenis kerusakan LCD HP adalah deadpixel. Dead Pixel adalah titik atau noda hitam di bagian LCD HP. Awalnya mungkin titik hitam ini hanya berukuran kecil, tapi lama kelamaan bisa merambat serta meluas ke area lain di layar.

Jangan sepelekan jika ada noda hitam di layar LCD Bizzie, karena cepat atau lambat bisa menimbulkan masalah baru. Cara memperbaiki LCD HP yang tertekan san menimbulkan dead pixel adalah memasang aplikasi khusus.

Namun, jika cara memperbaiki LCD HP yang hitam sebagian ini tidak berhasil dan noda sudah meluas. Maka dari itu, tidak ada cara lain selain mengganti LCD HP dengan yang baru.

2. Ghost Touching

Jenis kerusakan LCD berikutnya adalah ghost touching. Kondisi ini bisa terjadi, ketika layar smartphone bergerak dan menjalankan perintah sendiri tanpa adanya sentuhan. Smartphone bisa melakukan aktivitas apa saja tanpa kendali.

Pada umumnya ghost touching terjadi akibat arus listrik berlebihan yang ada di HP, sehingga bisa mempengaruhi kinerja LCD. Selain itu, kondisi ini juga terjadi akibat tegangan listrik yang tinggi serta adanya kerusakan di alat pengisi daya.

Untuk mencegah ghost touching terjadi, usahakan selalu menggunakan charger original serta menghindari charger KW yang berpotensi merugikan perangkat HP. Apabila ghost touching terjadi secara terus menerus dan mulai mengganggu performa HP. Mungkin ini saatnya mengganti LCD lama sudah rusak dan tidak layak digunakan.

3. Layar Tidak Sensitif

Apakah Bizzie pernah mengalami kondisi, ketika layar HP tidak sensitif lagi ketika disentuh? Kemungkinan hal ini disebabkan oleh kerusakan layar LCD, baik karena pernah jatuh atau tertekan.

Layar HP yang sulit untuk merespon perintah ini tentu sangat mengganggu kinerja HP. Tidak jarang, kondisi ini juga menyulut emosi para penggunanya.

Cara memperbaiki LCD HP yang tertekan san menjadi tidak sensitif merupakan dengan mematikannya sesaat. Biarkan HP beristirahat sejenak. Namun jika cara ini tidak efektif, maka mengganti LCD HP bisa menjadi solusi.

Cara Mengatasi LCD Rusak atau Tidak

LCD yang tertekan dan rusak ini bisa dicegah menggunakan beberapa cara. Salah satunya adalah menjaga dan menyimpan HP di tempat yang aman.

Namun, bagaimana jika LCD HP yang Bizzie gunakan sudah terlanjur tertekan dan rusak? Sebagai berikut adalah cara mengatasi LCD rusak atau tidak :

1. Teliti Terhadap Sumber yang Terjadi Pada HP

Cara mengatasi LCD rusak atau tidak adalah meneliti sumber masalah yang terjadi pada layar HP. Cari tahu dengan jelas apa yang menjadi penyebab kerusakan pada layar LCD. Apakah layar rusak karena tertekan, terjatuh atau lain-lainnya.

Perlu diketahui, bahwa tekanan di layar LCD bisa mengakibatkan fungsi HP berkurang terutama di bagian touchscreen. Setelah mengetahui penyebab, lakukan jika pengecekan terhadap kondisi layar secara keseluruhan.

Jika terjadi pada kerusakan LCD yang cukup parah, segera bawa HP ke tempat service terpercaya supaya segera diperbaiki. Layar LCD yang rusak parah sulit untuk dilakukan perbaikan. Maka dari itu, Bizzie membutuhkan bantuan orang yang ahli.

2. Melakukan Kalibrasi Touchscreen

Untuk cara mengatasi LCD rusak atau tidak berikutnya adalah dengan melakukan kalibrasi touchscreen. Namun, cara ini hanya bisa dilakukan ketika layar HP yang tertekan masih bisa sedikit berfungsi.

Artinya, kerusakan pada layar HP tidak terlalu parah dan masih bisa diatasi. Kalibrasi touchscreen dilakukan dengan menggunakan aplikasi bantuan atau pihak ketiga.

Saat ini aplikasi kalibrasi touchscreen bisa di unduh secara gratis melalui Google Play Store. Jika setelah mencoba cara ini layar HP masih error, Bizzie bisa membawanya ke tempat service terdekat guna mendapatkan penanganan lebih tepat.

3. Melakukan Pengecekan Pada Pelindung LCD

Apakah Bizzie menggunakan pelindung LCD untuk layar HP? Jika iya, Bizzie bisa mengecek pelindung tersebut ketika LCD HP tertekan. Ada kemungkinan pelindung LCD anti gores yang digunakan tidak terpasang dengan tepat, sehingga menjadi tertekan.

Atau bisa juga pelindung layar terpasang di dalam kondisi masih ada kotoran. Jika hal ini terjadi, Bizzie cukup lepaskan pelindung LCD dari HP dan kemudian diganti dengan pelindung yang baru. Pastikan pelindung HP yang Bizzie gunakan sudah terpasang dengan tepat supaya tidak menimbulkan masalah baru.

4. Melakukan Service Apabila Dibutuhkan

Terakhir, cara mengatasi LCD rusak atau tidak adalah melakukan service ke tempat yang terdekat. Bizzie bisa juga menjelaskan secara rinci mengenai kerusakan layar yang terjadi pada HP dan meminta tolong kepada teknisi untuk melakukan penanganan secara tepat di HP.

Supaya hasilnya lebih maksimal, bawalah ke tempat service HP resmi dari  merek smartphone Bizzie. Pada umumnya, layar LCD yang rusak harus diganti dengan baru.

Hal ini dikarenakan LCD adalah komponen HP yang cukup vital san berbahaya, jika rusak. Meski demikian, ada resiko yang mungkin saja terjadi ketika Bizzie mengganti LCD HP. Salah satunya adalah performa HP yang menurun dari sebelumnya.

Nah, itulah dia beberapa penyebab dan cara mengatasi LCD rusak atau tidak. Semoga informasi diatas bisa membantu dan bermanfaat, ya.

Baca Juga