fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Panduan

10 Cara Mengatasi Baterai HP yang Cepat habis

Wiliam

Baterai HP yang awet tentunya menjadi salah satu idaman bagi kalangan masyarakat. Namun, sampai sekarang masih banyak orang yang tidak tepat di dalam dalam penggunaan dan mengakibatkan baterai HP menjadi cepat habis.

Dengan banyaknya meningkatkan kecanggihan HP, seringkali baterai menjadi lebih boros dan cepat habis. Hal ini bisa disebabkan oleh aplikasi dengan kapasitas yang cukup besar, penggunaan HP yang tidak tepat, usia HP sudah lama dan lain-lain.

Meskipun begitu, Bizzie tidak perlu khawatir karena sekarang ada berbagai cara mengatasi baterai HP yang cepat habis. Bagi Bizzie yang penasaran, yuk langsung saja simak penjelasan lengkapnya dibawah ini.

Cara Mengatasi Baterai HP yang Cepat Habis

Kini ada banyak HP yang menawarkan kapasitas ruang penyimpanan yang besar. Namun, hal tersebut bisa membuat Bizzie menyimpan lebih banyak aplikasi. Hal ini secara tidak sadar bisa menghabiskan banyak daya baterai lebih mudah. Supaya bisa tahan lama, simak beberapa cara mengatasi baterai HP yang cepat habis sebagai berikut :

1. Menggunakan Low Power Mode atau Battery Saver Mode

Memanfaatkan fitur low power mode atau battery saver mode agar baterai HP tidak cepat habis dan bisa tahan lama. Fitur ini berfungsi untuk menghentikan beberapa aplikasi yang berjalan di background HP yang memakan daya sangat besar.

Biasanya, fitur yang satu ini harus Bizzie aktifkan secara manual. Sehingga, Bizzie bisa langsung mengaturnya sendiri melalui menu pengaturan yang ada di HP tersebut.

2. Tidak Menggunakan HP Pada Saat Mengisi Daya

Menggunakan HP di saat mengisi daya ini bisa meningkatkan temperatur di HP. Bahkan, dengan hal tersebut juga bisa meningkatkan tekanan atau membuat kehilangan efektivitas HP lebih cepat.

Maka dari itu, Bizzie bisa menahan diri untuk bermain HP pada saat diisi daya. Selain itu, temperatur HP juga bisa naik secara cepat di saat Bizzie meletakkan didekat material isolator.

3. Mengatur Tingkat Kecerahan Layar HP

Cara mengatasi baterai HP yang cepat habis selanjutnya, yaitu mengatur tingkat kecerahan layar. Semakin rendah tingkat kecerahan, maka akan semakin sedikit juga daya yang digunakan oleh HP tersebut.

Selain tingkat kecerahan, Bizzie juga bisa mengatur display time layar yang tidak terlalu lama menyala. Misalnya, memilih waktu 1 menit untuk mematikan layar HP secara otomatis.

4. Mengaktifkan Mode Pesawat

Apabila HP sedang tidak Bizzie gunakan, maka mengaktifkan mode pesawat atau airplane mode ini bisa menjadi cara yang paling efektif agar baterai bisa tahan lama. Pada saat menggunakan jaringan WiFi, Bizzie bisa mengaktifkan airplane mode terutama di saat tidak membutuhkan fasilitas SIM Card, seperti SMS atau telepon.

5. Menjaga Siklus Pengisian Daya

Salah satu cara mengatasi baterai HP yang cepat habis adalah menjaga siklus pengisian daya secara teratur. Maksudnya, Bizzie bisa mengisi daya HP disetiap baterai sudah menunjukkan angka 20% dan mencabut kabel charger ketika sudah mencapai 80%. Selain bisa membuat baterai HP bisa bertahan lama, cara yang satu ini juga bisa menjaga siklus baterai HP agar tidak merusak beberapa sistem di dalamnya.

6. Mematikan Auto Download dan Auto Update

Fitur auto download memang bisa mengupdate semua aplikasi secara otomatis, ketika ada update. Akan tetapi, cara ini bisa menyedot banyak daya baterai yang lebih besar.

Maka dari itu, sebaiknya Bizzie menonaktifkan fitur auto download atau auto update hanya melalui WiFi saja. Pada saat terhubung dengan WiFi, HP akan terkunci pada jaringan itu saja. Sehingga, penggunaan sistem dan baterai bisa  lebih hemat lagi.

7. Menghindari HP Overheat

Cara mengatasi baterai HP yang cepat habis adalah menghindari HP berada di dalam keadaan panas atau overheat. Biasanya HP akan overheat, ketika digunakan secara terus menerus. Apalagi, ketika digunakan untuk bermain game dengan desain HD yang cukup tinggi.

Supaya tidak overheat, Bizzie bisa membatasi penggunaan HP menjadi lebih bijak. Bahkan, Bizzie bisa berhenti sejenak untuk tidak bermain HP pada saat temperaturnya sudah mulai tinggi.

8. Bijak Menggunakan Aplikasi GPS

Ternyata, menggunakan aplikasi GPS secara terus menerus bisa membuat baterai HP cepat habis. Hal ini dikarenakan aplikasi tersebut harus terus melakukan deteksi lokasi Bizzie, sehingga daya baterai yang digunakan akan lebih banyak.

Maka dari itu, cara mengatasi baterai HP yang cepat habis adalah menggunakan aplikasi GPS dengan bijak. Hindari penggunaan fitur lokasi sama sekali, ketika HP sedang tidak digunakan.

9. Menggunakan Wallpaper Statis

Selanjutnya, salah satu cara mengatasi baterai HP yang cepat habis adalah menggunakan wallpaper statis. Saat ini banyak HP yang menggunakan wallpaper di dalam bentuk live photo atau video. Akan tetapi, hal tersebut bisa memberikan pengaruh terhadap penggunaan baterai HP.

10. Mematikan Notifikasi yang Tidak Penting

Mematikan notifikasi yang tidak penting ini juga menjadi salah satu cara mengatasi baterai HP yang cepat habis. Dengan mematikan notifikasi, kemungkinan Bizzie akan lebih jarang melihat HP.

Bizzie bisa memastikan notifikasi yang kurang penting dan hanya menyalakan notifikasi dianggap penting saja. Dengan cara ini, maka penggunaan baterai bisa berkurang dan tidak cepat habis.

Nah, itulah dia beberapa cara mengatasi baterai HP yang cepat habis. Semua cara di atas mungkin terlihat mudah untuk dilakukan, tapi sesungguhnya membutuhkan sikap konsisten yang besar agar bisa melakukan semua cara tersebut. Selamat mencoba dan semoga berhasil,ya!

Baca Juga