fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Tips & Trik

Begini Cara Upload Laravel ke Hosting Beserta Persiapannya!

Rianda

Tentunya bagi anak IT, bahasa pemrograman bukan lagi hal asing untuk dipahami. Tidak terkecuali terkait cara upload laravel ke hosting yang juga menjadi salah satu poin yang bisa dipelajari dalam bahasa pemrograman. Khususnya dalam dunia website juga PHP.

Melalui laravel inilah nantinya seseorang bisa mengembangkan website menggunakan PHP dengan lebih baik. Namun, apa sebenarnya yang dimaksud dengan PHP serta laravel? Mari simak ulasannya berikut:

Sekilas Tentang PHP juga Laravel

Seperti yang diketahui bahwa dalam membuat website memanglah tidak segampang seperti kelihatannya. Pada proses pembuatan web sendiri akan memerlukan berbagai langkah untuk membangun website yang menarik.

Nantinya website menarik inilah kemudian yang menjadi tolak ukur keberhasilan pengembangan website dalam dunia digital ini. Apalagi bila ternyata peminat dari website yang dibuat pun cukup banyak.

Tentunya dengan keberhasilan website yang dibangun ini pun bisa besar kemungkinan pemilik website mendapatkan pundi rupiah melalui konten yang diunggah. Namun, seperti yang sempat disinggung bahwa untuk bisa membuat website menarik memang perlu proses cukup panjang.

Supaya program dalam website melalui bahasa pemrograman ini bisa berjalan dengan baik bahkan lebih baik pun nantinya pengguna juga bisa mengunggah laravel. Melalui laravel inilah nantinya kinerja PHP akan lebih baik saat digunakan.

Bahkan melalui laravel ini nantinya PHP juga bisa menjadi lebih aman saat digunakan. Tentunya laravel ini juga bisa menjadi solusi untuk membuat kinerja PHP lebih powerful. Hal inilah kemudian yang membuat laravel cukup disukai oleh pengguna website. Tidak heran bila pada akhirnya cara upload laravel ke hosting banyak dicari tahu.

Apa yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Upload Laravel?

Tentunya sebelum mengetahui cara upload laravel ke hosting haruslah terlebih dahulu mengetahui apa saja yang diperlukan. Hal ini perlu diketahui supaya nantinya pemilik website tau apa saja yang akan diunggah serta kemana laravel ini nantinya diunggah.

Umumnya untuk dapat mengunggah laravel ini sendiri akan membutuhkan 3 persiapan penting. Lalu, apa saja 3 poin yang perlu disiapkan tersebut? Simak ulasannya berikut untuk informasinya:

1. Akses Internet Bagus

Tentu hal pertama yang perlu dipersiapkan adalah akses internet yang stabil. Hal ini menjadi poin pertama yang perlu dipersiapkan supaya nantinya saat proses pengunggahan laravel bisa berjalan lancar.

2. Persiapkan File Laravel

Hal berikutnya yang menjadi begitu penting tentunya adalah mempersiapkan berkas file yang nantinya akan diunggah. Tentunya format file ini haruslah sudah berbentuk zip supaya nantinya bisa diunggah.

3. Mempersiapkan cPanel

Poin terakhir yang perlu dipersiapkan adalah chanel untuk mengunggah file.Pada proses upload ini pada umumnya pengguna akan membutuhkan cPanel supaya nantinya laravel bisa diunggah ke hosting.

Bagaimana Cara Mengunggah Laravel?

Apabila persiapan telah selesai dilakukan tentu pada tahap berikutnya pengguna sudah bisa mulai mengunduh laravel ke hosting. Namun, bagaimanakah caranya? Mari simak ulasan berikut:

  • Langkah pertama silahkan masuk terlebih dahulu ke cPanel menggunakan akun yang dimiliki.
  • Tahap berikutnya adalah menentukan lokasi untuk upload dimana pengguna bisa memilih mengunggah di main domain atau pun subdomain.
  • Klik file manager kemudian pilih upload ke public_html untuk pengunggahan di main domain serta subdomain untuk pengunggahan di subdomain.
  • Tahap berikutnya silahkan klik extract kemudian move file.
  • Barulah kemudian pengguna bisa mulai melakukan konfigurasi database serta konfigurasi htaccess.
  • Silakan ikuti proses yang ada pada domain kemudian klik save change.
  • Proses pengunggahan selesai.

Begitulah tadi sekilas cara upload laravel ke hosting melalui domain utama maupun subdomain. Pada awalnya proses ini memang akan membingungkan bagi pemula namun, seiring waktu tentu proses ini akan mudah dilakukan.Begini Cara Upload Laravel ke Hosting Beserta Persiapannya!

Baca Juga