fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Pengetahuan

Tips Memilih Spesifikasi Komputer Server Untuk Perusahaan

Wiliam

Setiap kantor atau perusahaan tentu sangat membutuhkan yang namanya komputer server sebagai induk utama dari seluruh komputer yang ada. Pada dasarnya, komputer server ini berbeda dengan jenis komputer rumah loh. Maka dari itu, tips memilih spesifikasi komputer server untuk perusahaan sangat penting untuk diketahui.

Tips Memilih Spesifikasi Komputer Server Untuk Perusahaan

Ketelitian dalam memilih komputer server sangat diperlukan agar pemanfaatannya dapat berjalan dengan optimal. Selain itu, operasional kantor pun akan menjadi baik dan lebih sistematis tentunya. 

Olehnya itu, berikut penjelasan lengkap terkait dengan tips yang harus dilakukan dalam memilih spesifikasi komputer server untuk kantor:

1. Memahami Kebutuhan Pokok Perusahaan

Tips yang harus diingat terlebih dahulu yakni dengan memahami kebutuhan pokok perusahaan atau kantor. Karena pada dasarnya, setiap kantor memang mempunyai kebutuhan pokok yang berbeda-beda. 

Disinilah Anda harus mengetahui betul kebutuhan pokok dari perusahaan tersebut. Kebutuhan pokok yang dimaksud adalah jumlah komputer yang akan digunakan.

Misalnya saja, kantor membutuhkan komputer sebanyak 10 unit sehingga anda bisa memilih server jenis Value Server. Jenis server ini memang hanya untuk spesifikasi komputer yang dibutuhkan dalam jumlah sedikit. 

Disediakan pula berbagai kelengkapan jika memilih server tersebut. Jika lebih dari 10 unit, pengguna bisa memilih jenis server lain untuk digunakan. 

2. Selalu Siap Dengan Perubahan di Masa Akan Datang

Selain tips tersebut, anda harus selalu siap dengan berbagai perubahan yang akan terjadi di masa yang akan datang. Cara yang dapat dilakukan agar mempunyai kesiapan adalah dengan mengantisipasi berbagai hal yang tidak terduga seperti pemilihan komputer server. 

Anda bisa memilih spesifikasi dari komputer server dengan mempertimbangkan perkembangan jaringan. Perkembangan jaringan tersebut memang harus disesuaikan dengan adanya perubahan teknologi nantinya. Pastikan jika server komputer yang dipilih bisa memenuhi spesifikasi terhadap perubahan teknologi yang bisa terjadi. Dengan begitu, komputer server dapat digunakan dalam jangka waktu yang panjang.

3. Memilih Server yang Sudah Teruji dan Mempunyai Kualitas Tinggi

Tips yang satu ini sangat penting untuk diperhatikan sebab sia-sia rasanya jika memilih komputer server yang murah namun kualitas kurang bagus. 

Olehnya itu, pastikan jika server yang akan dijadikan pilihan memang sudah teruji sehingga mempunyai kualitas yang terbaik. Karena kualitas menjadi pengaruh pengoptimalan server saat dijalankan.

Semakin bagus kualitas servernya maka semakin optimal pula komputer server saat dijalankan nantinya dan dapat digunakan dalam waktu lama. Dengan begitu, server tersebut pun dapat diandalkan sesuai dengan kebutuhan dari perusahaan tentunya. 

Sangat disarankan untuk tidak melihat dari segi harga namun lihat dari segi kualitas yang diberikan.

4. Memperhatikan Produk yang Akan Dipilih

Untuk tips memilih spesifikasi komputer server untuk kantor yang terakhir ini, Anda harus benar-benar memperhatikan produk yang akan dipilih nantinya. Maksudnya memastikan jika spesifikasi yang dimiliki benar-benar sesuai dengan kebutuhan. 

Diketahui pula kelemahan dan keunggulan dari produk tersebut sebelum dibeli. Misalnya mengetahui berapa RAM yang dimiliki oleh server tersebut dan berapa kapasitas hardisknya. Minimal kapasitas RAM 2 giga byte dan hardisknya minimal berkapasitas 1 terabyte.

 Dengan begitu, pemakaian dari komputer server ini sesuai dengan keinginan dan kebutuhan dari perusahaan. Selain itu, komputer server pun dapat digunakan di masa yang akan datang.

Jenis-jenis Komputer Server

Setelah mengetahui tips memilih spesifikasi komputer server untuk perusahaan, ada juga jenis-jenis dari komputer server ini. Jenis-jenis tersebut perlu diketahui pula sebelum memilih komputer server untuk digunakan di dalam perusahaan. Berikut penjelasan terkait dengan jenis dari komputer server tersebut:

1. Server Aplikasi

Dapat dikatakan jika server aplikasi ini termasuk server yang dijadikan sebagai media untuk menyimpan aplikasi. Nantinya aplikasi tersebut yang akan diakses seluruh komputer client yang ada. 

Pada dasarnya, jenis server ini digunakan untuk perusahaan yang mempunyai skala yang jauh lebih besar sebab akan mengakses berbagai aplikasi.

2. Data Server

Ada juga yang dinamakan sebagai data server yang mempunyai fungsi untuk menyediakan layanan pengelolaan data. Biasanya data tersebut akan dikelola dalam komputer client yang ada.

 Bukan hanya digunakan dalam pengelolaan data saja, namun juga dimanfaatkan untuk menganalisis hingga menyimpan data yang telah dikelola.

3. Mail Server

Nah, mail server ini termasuk jenis dari komputer server yang dapat dimanfaatkan dalam menjalankan perangkat lunak. Nantinya mail server ini dapat memungkinkan pengguna untuk melakukan pengiriman email melalui jaringan internet dengan mudah. 

Email yang dikirim dapat terbaca dengan jelas dan bisa juga dibalas melalui jaringan tersebut.

4. Web Server

Berbeda halnya dengan web server yang sudah mempunyai berbagai kelengkapan software. Nantinya, software tersebut akan difungsikan dalam melakukan penerimaan permintaan melalui protokol HTTP. 

Perlu diketahui jika HTTP ini berupa halaman dari website client. Dengan begitu, web server akan memberikan hasil respon dalam bentuk halaman.

Rekomendasi Merek Komputer Server

Ada beragam rekomendasi terkait dengan merek dari komputer server yang dapat digunakan. Anda bisa memilih salah satu merek tersebut untuk digunakan dalam memenuhi kebutuhan perusahaan. Terkait dengan merek yang dimaksud tersebut sebagai berikut:

  • IBM System x Server
  • Indorack, Dell
  • Asus Server
  • Extron Server
  • HP ProLiant Server
  • Dell

Itulah penjelasan terkait dengan tips memilih spesifikasi komputer server untuk perusahaan atau kantor yang harus dilakukan. Dengan mengetahui berbagai tips tersebut, Anda bisa mendapatkan komputer server sesuai dengan keinginan. Bahkan anda bisa menggunakan komputer server dalam jangka waktu yang panjang.

Baca Juga