fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

BusinessTips & Trik

Strategi Pemasaran 7P : Pengertian, Konsep dan Contohnya

Wiliam

Strategi pemasaran 7P merupakan bauran pemasaran yang bisa mendukung suatu bisnis untuk meningkatkan target penjualan dan kepuasan para konsumen. Konsep ini berbeda dari strategi pemasaran 4P yang lebih dulu dikenal lebih luas. Untuk membantu bizzie memahami lebih dalam tentang strategi pemasaran 7P, mari simak penjelasan selengkapnya dibawah ini.

Apa Itu Strategi Pemasaran 7P?

Strategi pemasaran 7P merupakan strategi pemasaran yang membantu bisnis untuk mengembangkan produk maupun layanan untuk memberikan rasa kepuasan terhadap pelanggan dan membuat posisi penawaran yang jelas di benak hati pelanggan. Konsep strategi pemasaran 7P pertama kali diperkenalkan oleh Neil Border di tahun 1940 di dalam pidatonya kepada American Marketing Association.

Di dalam pidatonya, Border menguraikan tentang apa itu strategi pemasaran 7P dan bagaimana bisa mengembangkan dan melaksanakan rencana pemasaran yang sukses. Dengan komponen strategi pemasaran 7P, bisnis bisa membuat keputusan pemasaran yang lebih menguntungkan dan membantu bisnis di dalam beberapa hal sebagai berikut :

●      Meningkatkan kolaborasi antara departemen dan mitra, sehingga lebih menguntungkan.

●      Lebih kompetitif dan mampu beradaptasi dengan pasar.

●  Meningkatkan kelebihan dan mengatasi kekurangan yang ada di suatu produk.

Awalnya, strategi pemasaran 7P dikenal dengan 4P. Namun, di akhir 1950-an mengalami berbagai transformasi sebagai respon terhadap lahirnya teknologi dan perubahan praktik pemasaran.

Sehingga, jadilah konsep strategi pemasaran 7P seperti yang bizzie kenal sekarang. Adapun konsep strategi pemasaran 7P yang terdiri dari produk, harga, tempat, promosi, orang, proses dan bukti bisik.

Konsep Strategi Pemasaran 7P

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa konsep strategi pemasaran 7P terdiri dari produk, harga, tempat, promosi, orang, proses dan bukti bisik. Sebagai berikut penjelasan lengkap dari masing-masing elemennya :

1. Produk

Produk merupakan segala bentuk hasil produksi yang ditawarkan oleh perusahaan kepada target pasarnya guna memenuhi kebutuhan masyarakat. Kesuksesan menjalankan strategi pemasaran 7P ini sangat ditentukan dari bagaimana perusahaan bisa membuat produk yang berkualitas dan mempunyai value.

Ada dua unsur di dalam produk yang perlu bizzie perhatikan, yaitu kualitas dan visual. Penting bagi sebuah bisnis untuk memperhatikan kualitas dari produk yang dipasarkan, serta mempunyai visual menarik yang bisa menjadi alasan target pasar membeli atau menggunakan jasa bizzie.

2. Harga

Strategi pemasaran 7P harga mengacu pada uang dan usaha yang dikeluarkan oleh konsumen agar bisa membeli maupun mendapatkan produk bizzie. Apabila pengorbanan yang dikeluarkan baik dari segi ruang dan waktu sebanding dengan manfaat didapatkan, maka mereka akan menggunakan jasa atau produk bizzie.

Maka dari itu, bizzie bisa membuat konsumen dan calon konsumen merasa bahwa pengorbanan mereka akan sebanding dengan apa yang didapatkan. Untuk menghitung harga produk, bizzie perlu menghitungnya dari biaya produksi, modal dan berapa persen keuntungan. Penting juga untuk membuat harga jual yang sesuai harga pasaran agar tidak terlalu tinggi dan terlalu rendah.

3. Tempat

Konsep ini merujuk pada lokasi atau tempat perusahaan berdiri. Semakin strategi, maka semakin luas peluang keuntungan yang bisa bizzie dapatkan. Lokasi strategis membuat konsumen maupun calon konsumen dengan mudah menemukan di dalam menjangkau bisnis bizzie.

Sehingga, transaksi lebih mudah dilakukan. Untuk menentukan lokasi bisnis yang strategis, bizzie bisa menyesuaikan dengan target pasar, apakah mereka itu kalangan up, middle atau bottom.

4. Promosi

Disini akan berfokus pada bagaimana cara bizzie memasarkan produk, dengan media apa, seperti apa pesan yang disampaikan dan lain-lain. Kegiatan promosi merupakan kesempatan bagi bizzie untuk menyebarkan informasi dengan sifat membujuk, mempengaruhi konsumen membeli produk. Contohnya adalah memasang iklan.

5. Orang

Faktor SDM mempunyai peran penting terhadap strategi pemasaran 7P yang dijalankan, sebab menentukan kemajuan dan kemunduran di dalam suatu perusahaan. Maka, tidak heran bahwa perusahaan berusaha untuk mendapatkan karyawan berkualitas dan mampu bekerja dengan baik agar bisnis bisa sukses.

Karyawan yang dimiliki oleh perusahaan harus mempunyai performance yang baik, loyal terhadap perusahaan dan mampu melayani konsumen. Untuk bisnis jasa, attitude karyawan juga menjadi faktor penting di dalam kesuksesan bisnis. Lalu, yang tidak kalah penting adalah seberapa motivasi karyawan untuk bekerja di perusahaan tersebut.

6. Proses

Proses merupakan bagaimana perusahaan melayani permintaan, mulai dari konsumen memesan produk sampai mendapatkan barang tersebut. Perusahaan juga harus menciptakan proses yang efisien agar bisa memuaskan para pelanggan.

Maka dari itu, penting bagi bizzie untuk paham bagaiama proses pelanggan mendapatkan produk agar bizzie memptimbangakn proses yangs ederhana. Sehingga, dapat menciptakan customer experience yang menyenangkan.

7. Physical Evidence

Konsep physical evidence  merupakn bagaimana bizzie menyajikan produk ke pasaran. Kualitas produk yang sudah baik perlu didukung dengan tampilan fisik kemasan yang sangat menarik. Hal ini karena kemasan menjadi salah satu alasan, kenapa konsumen tertarik untuk membeli produk bizzie.

Selain berkaitan dengan kemasan, physical evidence  juga berkaitan dengan bagaimana perusahaan bisa dikenal oleh para konsumen. Baik itu dari warna, yang digunakan, logo atau hal melakaty lainya yang menjadi pembeda dengan kompetitor.

Menerapkan strategi pemasaran 7P yang efektif akan mendukung bisnis bizzie secara optimal. Maka dari itu,sangat penting untuk mengadaptasi konsep strategi pemasaran 7P di dalam bisnis bizzie terutama people. Pastikan bizzie mempunyai karyawan kompeten di bidangnya supaya bisnis bisa berjalan dengan optimal.

Itulah dia penjelasan secara lengkap mengenai dan jelas strategi pemasaran 7P. Semoga penjelasan diatas bisa membantu bizzie,ya!

Baca Juga