fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Media SosialTips & Trik

Strategi Marketing Instagram 2023, Wajib Anda Ketahui!

Wiliam

Instagram adalah salah satu media sosial yang ini banyak digunakan masyarakat di Indonesia. Yang mana, jumlah pengguna aplikasi ini di dalam negeri mendekati ratusan juta pengguna. Napoleon Cat mencatat, jumlah pengguna Instagram Indonesia per Desember 2022 mencapai 97,17 juta. 

Banyaknya pengguna Instagram tersebut membuat Platform ini bisa dijadikan sebagai media promosi yang efektif. Melalui platform tersebut Anda bisa menjangkau lebih banyak orang di berbagai wilayah. 

10 Strategi Marketing Instagram Yang Bisa Bekerja 

Untuk memaksimalkan fungsi Instagram sebagai media sosial, berikut ini terdapat strategi marketing Instagram yang bisa Anda praktekkan:

1. Mengoptimalkan Profil Akun Bisnis 

Strategi marketing pertama yaitu mengoptimalkan profil akun bisnis Anda. Gunakan nama yang menarik dan mudah ditemukan orang lain sesuai dengan bisnis apa yang Anda jalankan. 

Gunakan foto profil brand Anda agar orang lain lebih mudah mengenalinya. Sertakan call to action atau CTA diakhir bio, misalnya “Klik Untuk Dapatkan Promonya”. 

Lalu, Anda juga bisa menyematkan tautan di bawah CTA tersebut, misalnya situs website, alamat marketplace seperti Shopee, Tokopedia,  Lazada, dan WhatsApp Bisnis. Anda juga bisa membuat highlight terkait cara order, testimoni pelanggan, deskripsi produk, dan lainnya yang dianggap penting.  

2. Memanfaatkan Instagram Story 

Selanjutnya adalah rutin membuat Instagram story. Hal ini agar para pengikut akun Anda tetap mendapatkan kabar dan informasi tentang apa yang anda tawarkan. Melalui Instagram Story, Anda bisa membagikan aktivitas harian bisnis sehingga semakin banyak yang tertarik. 

Instagram story ini berlaku 24 jam yang letaknya di atas feed. Posisinya yang berada di bagian atas ini membuatnya menjadi sorotan saat pertama kali membuka Instagram. Anda bisa memanfaatkan fitur musik, menambah tautan, Gif, filter, stiker, dan lainnya untuk membuat story Anda makin menarik. 

Anda bisa memaksimalkan fitur Instagram story tersebut, apalagi jumlah story yang bisa Anda buat tidak terbatas. 

3. Menggunakan Akun Instagram Bisnis 

Strategi marketing Instagram selanjutnya yakni menggunakan akun bisnis. Anda bisa mengalihkan akun pribadi yang anda buat ke akun profesional agar Anda bisa memantau engagement setiap postingan yang Anda unggah. Anda juga bisa melihat pertumbuhan orang yang baru mengikuti akun Anda yang mana fitur tersebut tidak bisa diakses oleh akun Instagram biasa. 

Untuk mengubah akun Anda ke akun profesional sangat mudah. Pertama klik menu pengaturan, lalu klik akun, selanjutnya klik beralih ke akun profesional. 

4. Live Instagram

Untuk memaksimalkan marketing di Instagram, Anda juga bisa mencoba live Instagram. Apalagi untuk live Instagram tidak ada syarat minimum jumlah pengikut. Berdasarkan penelitian Livestream, sebanyak 80% orang lebih memilih melihat live streaming dari sebuah brand tertentu daripada membaca artikel di website. 

pilihan Instagram live dapat Anda akses dengan memencet kamera pada bagian kiri atas halaman utama lalu geser hingga pilihan live muncul. Posisi saat Anda melakukan siaran langsung terletak paling depan di bagian story. Dan juga pemberitahuan bahwa Anda sedang live ke pengikut secara otomatis. 

5. Gunakan Fitur Promosi Instagram 

Selanjutnya yaitu dengan menggunakan fitur Promosi Instagram. Jumlah pengguna Instagram yang kian banyak dari hari ke hari membuat iklan Instagram menjadi salah satu strategi pemasaran efektif. Dengan fitur ini anda bisa menjangkau ratusan ribu sampai jutaan calon pelanggan melalui postingan yang Anda unggah. 

Fitur Promosi Instagram ini adalah fitur berbayar Instagram yang bertujuan untuk memperluas jangkauan akun. Meskipun memerlukan biaya, namun jumlahnya tidak besar, dimulai dengan Rp20.000 dan anda sudah bisa memanfaatkan fitur tersebut.  

Untuk memasang Iklan Instagram, Anda bisa membuka post atau story yang diinginkan untuk diiklankan. Selanjutnya klik tombol Boost Post pada postingan tersebut. 

6. Buat Reel

Berbeda dengan story dan postingan yang muncul di beranda pengikut, reel memungkinkan posting Anda menjangkau banyak orang bahkan yang bukan pengikut Anda dan muncul di menu Explore. 

Reel berbentuk video dengan durasi tertentu yang mana Anda bisa menggunakan musik, filter, efek tertentu dan mengeditnya sesuai selera Anda. 

Menggunakan reel bisa memaksimalkan pemasaran yang anda lakukan memiliki jangkauan lebih luas. Apalagi terdapat laman khusus reel di Instagram sehingga kemungkinan postingan Anda dilihat lebih banyak pengguna akan lebih besar. 

7. Buat Caption Menarik 

Caption adalah salah satu hal penting yang perlu diperhatikan. Caption Instagram marketing yang menarik akan membuat orang lain tertarik melihat dan menyelesaikan membaca keterangan tersebut. 

Saat mereka menyelesaikan caption, informasi yang Anda ingin sampaikan bisa diterima dengan baik. Saat mereka berlama-lama pada postingan Anda maka akan meningkatkan engagement postingan tersebut. 

Untuk membuat caption menarik, Anda bisa memulainya dengan membuat beberapa draf terlebih dahulu. Tulis semua ide yang Anda punya lalu minta pendapat orang lain. Memang terkesan merepotkan, namun untuk awal memang seperti itu, jika sudah terbiasa Anda bisa menilainya sendiri. 

Dalam caption, jangan lupa menaruh hal-hal penting di awal kalimat agar orang yang membacanya langsung mendapat informasi penting tersebut. Anda juga bisa menambahkan CTA untuk menarik dan menginstruksikan pembaca untuk melakukan sesuatu sebelum meninggalkan postingan.  

Tak lupa sertakan hastag agar postingan Anda bisa terhubung dengan postingan lain dengan kata kunci yang sama. Namun, jangan memasukkan terlalu banyak hashtag, maksimal 4 dalam tiap postingan. 

Itulah beberapa strategi marketing Instagram untuk meningkatkan penjualan dan menumbuhkan bisnis yang bisa Anda lakukan. Semoga bermanfaat dan dapat segera diaplikasikan. 

Baca Juga