fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Pengetahuan

 Sejumlah Manfaat Melakukan Backup File Website Secara Rutin

Wiliam

File atau data adalah hal yang perlu dijaga baik-baik agar tidak rusak apalagi hilang. Salah satu cara yang mungkin akan kita lakukan sebagai bentuk menjaga file yaitu dengan membuat salinannya, baik jika file tersebut berbentuk online ataupun fisik. 

Saat mengelola sebuah website, data menjadi hal yang sangat penting. Saat salah satu data rusak atau mengalami gangguan virtual tentu saja akan menjadi hal merepotkan karena Anda harus membuat ulang file tersebut. Namun, jika sebelumnya Anda sudah menyalin data tersebut maka hal itu tidak akan menjadi masalah yang berarti. 

Menyalin atau melakukan Backup file website secara rutin menjadi jaminan terbaik bagi sebuah website. Backup ini dilakukan dengan menyimpan salinan file pada penyimpanan eksternal sehingga dapat digunakan sewaktu-waktu saat mengalami masalah.  

Backup atau recovery file website memiliki banyak manfaat, pada artikel ini akan dijelaskan beberapa diantaranya. Olehnya itu, simak penjelasannya sampai selesai yah. 

5 Manfaat Backup File Website Secara Rutin

Bagi sebagian orang, Backup file mungkin menjadi hal yang merepotkan, padahal jika kita melihat manfaatnya maka usaha tersebut bukanlah hal sia-sia dilakukan. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa dirasakan saat rutin melakukan Backup data website Anda:

1. Mengatasi masalah yang tak terhindarkan

Manfaat pertama yang dapat dirasakan saat melakukan backup file secara rutin adalah mengatasi masalah yang tak terhindarkan. 

Terkadang, data-data penting website bisa saja hilang misalnya karena Human error.  Tak menutup kemungkinan, saat bekerja dengan keadaan tidak fokus, Anda mungkin saja menghapus file yang sebenarnya sangat penting secara permanen tanpa sengaja atau mungkin tak sengaja merusak file tertentu saat akan melakukan perbaikan website. 

Atau misalnya saat website sedang down, kemungkinan terburuk yang bisa terjadi adalah hilangnya beberapa file yang Anda miliki. Dengan melakukan backup bisa menjadi tindakan preventif yang sangat berguna. 

2. Website bisa di hack

Tak peduli sebesar dan seaman apa hosting yang Anda gunakan, cybercrime akan selalu menjadi masalah serius yang perlu diantisipasi jika sewaktu-waktu terjadi. Yang mana, cybercrime ini memiliki berbagai bentuk, salah satunya adalah hacking.  

Anda perlu melakukan langkah tepat untuk meminimalisir kerugian yang dialami jika website Anda kena hack. Dengan backup file secara rutin, Anda bisa mengurangi resiko kehilangan data website secara permanen. 

Berbicara tentang hack pada website akan selalu berkaitan dengan Content Management System (CMS). CMS merupakan sebuah platform open source yang memungkinkan setiap orang dapat memiliki akses ke sumber kodenya. Salah satu CMS yang paling populer yaitu WordPress. 

Ketika CMS ini melakukan pembaharuan file inti maka celah keamanan website tersebut akan tertutup. Namun berhubungan karena sifatnya yang open source maka bisa memancing para peretas melihat celah dari keamanan baru. Peretas mungkin saja akan mengubah kode keamanan dan menyerang website tertentu, terutama yang tidak melakukan pembaruan rutin. 

Jika website yang diretas tidak melakukan backup atau discovery data, maka kerusakan dan kehilangan file akan berdampak sangat buruk bagi kelangsungan website tersebut karena tak memiliki salinan yang bisa digunakan. 

3. Pembaruan bisa bermasalah

Manfaat selanjutnya dari melakukan backup secara rutin yaitu mengatasi masalah pembaruan yang bermasalah. Saat mengelola sebuah website, sangat disarankan untuk rutin melakukan pembaruan sebab melalui pembaruan tersebut, keamanan, Plugin, software, dan berbagai fitur lainnya dapat diupdate dan disempurnakan sehingga bisa memberikan manfaat secara maksimal. 

Namun sayangnya pembaruan tersebut tak selamanya berjalan mulus. Terkadang, pembaruan yang dilakukan bermasalah dan membuat website error, kehilangan data bahkan merusak file inti pada website tersebut. Jika hal ini terjadi, Backup data adalah solusi terbaik yang bisa diandalkan.

 File yang hilang ataupun rusak dapat dikembalikan dan digunakan lagi sebab Anda memiliki salinan lainnya.

5. Computer crash

Memiliki salinan file atau data website di komputer lokal atau hard drive komputer memang merupakan sesuatu yang baik. Namun, hal tersebut belum bisa menjadi solusi terbaik untuk membackup semua file website sebab tak dapat dipungkiri bahwa komputer sering kali tiba-tiba rusak atau crash. Komputer memiliki kemungkinan besar untuk mengalami error, baik karena penggunaan yang overload maupun serangan virus yang tak terhindarkan. 

Oleh karena itu, sangat disarankan agar Anda memiliki 2 atau tiga backup file website, setiap hari. Bisa pada hard drive lokal, layanan backup hosting maupun bantuan backup dari vendor tertentu. 

5. Website Bisa kena Malware dan virus

Malware atau virus adalah salah satu bentuk cybercrime yang tak jarang menjadi masalah bagi pengelola website. Kedua masalah ini layaknya serangga kecil yang biasa tanpa disadari menyusup ke dalam sistem dan memberikan masalah pada website, misalnya website down. Terlebih lagi, Malware dan virus ini memiliki berbagai jenis dan jumlahnya sangat banyak sehingga untuk mendeteksi keberadaannya menjadi hal yang sulit dilakukan. 

Saat Malware dan virus menyerang lalu mengambil alih website, Anda bisa melihat website Anda jadi berantakan, overload hingga mengalami down. Masalah terbesar adalah rusaknya sistem inti, serta hilang dan rusaknya berbagai file penting dalam website Anda. 

Jika Anda tak memiliki salinan di manapun, tentu hal ini akan jadi masalah yang sangat pelik. Mau tidak mau, Anda harus mulai membangun website tersebut dari awal lagi yang pasti membutuhkan waktu dan biaya yang tak sedikit. 

Itulah manfaat yang dapat dirasakan jika Anda melakukan backup file website secara rutin tiap hari. Meskipun mungkin akan memakan waktu dan dirasa merepotkan, namun manfaat yang diberikan sangatlah banyak untuk kelangsungan website Anda. 

Baca Juga