Panduan Optimasi SEO WordPress untuk Pemula

Panduan Optimasi SEO WordPress untuk Pemula

Panduan Optimasi SEO WordPress untuk Pemula

Meningkatkan WordPress SEO Anda sangat penting untuk mendapatkan lebih banyak pengunjung ke situs web Anda. Sayangnya sebagian besar panduan SEO WordPress terlalu rumit dan susah bagi pengguna baru untuk memulai. Jika Anda serius meningkatkan traffic situs web Anda, maka Anda perlu memperhatikan praktik terbaik SEO WordPress. Dalam panduan ini, kami akan membagikan kiat-kiat SEO WordPress untuk membantu Anda meningkatkan SEO WordPress Anda dan mendapatkan lebih banyak pengunjung organik.

SEO WordPress untuk Pemula

Anda mungkin pernah mendengar para pakar mengatakan bahwa WordPress ramah terhadap SEO. Inilah sebabnya mengapa banyak orang memilih WordPress untuk memulai blog atau situs web.

Sementara WordPress memastikan bahwa kode yang dihasilkannya mengikuti praktik SEO terbaik, ada banyak lagi yang perlu Anda lakukan jika Anda ingin memaksimalkan upaya SEO Anda.

Kami memiliki sejumlah langkah-langkah tindakan yang perlu Anda lakukan untuk mengoptimalkan SEO WordPress Anda dengan benar.

Anda tak perlu khawatir dan cemas tentang kerumitan SEO yang kata orang sangat ribet dan rumit sekali untuk mendapatkan SEO wordpress, namun disini kami akan menyajikannya secara ramah lingkungan yang akan mudah anda pahami, anda hanya akan diminta untuk membaca artikel ini sampai akhir dan melakukan praktek setelah itu.

Apa itu SEO?

SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization. Ini adalah strategi yang digunakan oleh pemilik situs web untuk mendapatkan lebih banyak pengunjung untuk mendapatkan peringkat tertinggi di mesin pencari.

Optimalisasi mesin pencari bukan tentang menipu Google atau mempermainkan sistem. Ini hanya tentang membuat situs web yang memiliki kode dan format situs web yang dioptimalkan untuk memudahkan mesin pencari menemukan situs web Anda.

Ketika orang mencari suatu konten di mencari, maka konten Anda yang dioptimalkan akan muncul di halaman teratas pada hasil pencarian, dan Anda akan mendapatkan lebih banyak orang mengklik ke situs web Anda.

SEO ini akan sangat berarti dan berguna untuk mendapatkan suatu pengunjung yang organik, karena biasa situs web yang mendapatkan pengunjung organik akan bertahan lebih dari pada situs web yang mendapatkan kunjungan hasil dari promosi diberbagai sosial media.

Mengapa SEO itu penting bagi pemilik situs web?

Mesin pencari sering menjadi sumber pengunjung terbesar untuk sebagian besar situs web. Google dan mesin pencari lainnya menggunakan algoritma canggih untuk memahami dan memberi peringkat halaman secara tepat dalam mesin pencari. Tetapi algoritma itu tidak sempurna – mereka masih membutuhkan bantuan Anda untuk memahami tentang apa itu konten.

 

Jika konten Anda tidak dioptimalkan, maka mesin pencari tidak akan menemukan situs web anda dihalaman teratas. Saat orang mencari topik yang Anda tulis, situs web Anda tidak akan muncul di hasil pencarian, dan Anda akan kehilangan semua pengunjung itu.

Inilah mengapa pentingnya sebuah optimalisasi SEO didalam situs web dan konten yang anda buat, karena dengan  SEO ini mesin pencari seperti google, yahoo, bing, dan lain sebagainya akan mengenal situs web dan konten anda.

Dasar-dasar Optimasi SEO WordPress

SEO bisa bersifat teknis, tetapi tidak harus demikian. Hanya belajar beberapa tips SEO dasar untuk mengoptimalkan situs Anda dapat memberi Anda dorongan nyata untuk situs web Anda.

Anda tidak harus menjadi mahiar dulu teknologi untuk menggunakan teknik di bawah ini. Jika Anda sudah menggunakan WordPress, maka Anda sudah mendapatkannya!

Ikuti teknik di bawah ini.

Periksa Pengaturan Visibilitas Situs Web Anda

WordPress hadir dengan opsi bawaannya untuk menyembunyikan situs web Anda dari mesin pencari. Tujuan opsi ini adalah memberi Anda waktu untuk bekerja di situs web Anda sebelum siap untuk meluncur ke publik.

Namun, terkadang opsi membuat situs web Anda tidak tersedia di mesin pencari ini bisa diperiksa dengan tidak sengaja. Apabila webiste itu tidak muncul dalam mesin pencarian, maka langkah awal yang perlu Anda lakukan adalah memastikan bahwa menu itu tidak dicentang.

Cukup anda login ke area admin situs WordPress Anda dan kunjungi Pengaturan »halaman Baca.

Anda perlu mencari ke bawah ke bagian Vis Visibilitas Mesin Pencari ’dan memastikan bahwa kotak di sebelah‘ Mencegah mesin telusur agar tidak mengindeks situs ini ‘tidak dicentang.

Jangan lupa mengklik tombol ‘Simpan Perubahan’ untuk menyimpan perubahan Anda.

Menggunakan Struktur URL SEO Friendly di WordPress

URL SEO friendly berisi kata-kata yang menjelaskan dengan jelas konten halaman, dan mudah dibaca oleh manusia dan mesin pencari.

Beberapa contoh URL ramah SEO adalah:

https://www.dewabiz.com/cara-menginstall-wordpress/

https:// www.dewabiz.com /cara-menginstal-wordpress-bagi-pemula/

Perhatikan bahwa URL ini dapat dibaca dan pengguna dapat menebak apa yang akan mereka lihat di halaman hanya dengan melihat teks URL.

Jadi seperti apa tampilan URL yang tidak ramah untuk SEO?

https://www.dewabiz.com/?p=10467

https://dewabiz.com/archives/123

Perhatikan bahwa URL ini menggunakan angka yang tidak terkait dengan konten, dan pengguna tidak dapat menebak apa yang akan mereka temukan di halaman dengan melihat URL.

Menggunakan struktur permalink yang ramah SEO meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan posisi yang lebih baik dalam mesin pencarian.

Ini cara Anda untuk memeriksa dan memperbarui struktur permalink situs WordPress Anda.

Anda perlu mengunjungi halaman Pengaturan »Permalinks. Pilih opsi nama pos lalu klik tombol ‘Simpan Perubahan’ untuk menyimpan pengaturan Anda.

WWW apa non-WWW ?

Jika Anda baru memulai dengan situs web Anda, maka Anda harus memilih apakah Anda ingin menggunakan www (http://www.contoh.com) atau non-www (http://contoh.com) di URL situs Anda. Mesin pencari menganggap ini sebagai dua situs web yang berbeda, jadi ini berarti Anda harus memilih satu dan tetap menggunakannya.

Anda dapat mengatur preferensi Anda dengan mengunjungi halaman Pengaturan »Umum. Tambahkan URL pilihan Anda di bagian ‘Alamat WordPress’ dan ‘Alamat Situs’.

Plugin WordPress SEO Terbaik

Salah satu bagian terbaik tentang WordPress adalah bahwa ada plugin untuk kepentingan semuanya, tidak terkecuali dengan SEO. Ada ribuan plugin WordPress SEO yang mempersulit pemula untuk memilih plugin WordPress SEO terbaik.

Berikut adalah plugin SEO terbaik menurut kami diantaranya

  1. Yoast SEO
  2. All in On SEO Pack

Tambahkan Site Map XML di WordPress

XML Sitemap adalah file yang diformat khusus yang mencantumkan setiap halaman di situs web Anda. Ini memudahkan mesin pencari untuk menemukan semua konten Anda.

Meskipun menambahkan sitemap XML tidak meningkatkan peringkat pencarian situs Anda, tapi bisa membantu mesin pencari menemukan halaman dengan cepat dan mulai memberi peringkat situs web anda.

Jika Anda menggunakan plugin Yoast SEO, maka itu akan secara otomatis membuat peta situs XML untuk Anda. Untuk menemukan peta situs Anda, buka saja URL ini (jangan lupa ganti contoh.com dengan nama domain Anda sendiri):

http://contoh.com/sitemap_index.xml

itulah panduan optimasi SEO WordPress untuk pemula, sekarang anda hanya melakukan praktek apa yang tadi dibahas pada artikel ini. Semoga bisa bermanfaat untuk meningkatkan situs web anda.