fbpx

Mengenal Domain .AC.ID : Domain Untuk Kampus

Website bagi pengguna memang sesuatu yang memiliki tujuan penting. Dimana tujuan adanya ini untuk memberikan informasi terhadap satu informasi atau objek kepada pembaca. Salah satu yang banyak dicari oleh pengguna internet adalah website kampus. ini banyak dicari apalagi jika Anda ingin masuk perguruan tinggi impian.

Tentunya informasi mengenai kampus tersebut harus diketahui terlebih dahulu sebelum mendaftarkan diri. Namun, untuk website kampus ini  menggunakan khusus yakni,.AC.ID agar lebih mudah dikunjungi pengguna internet. Bahkan banyak yang menggunakan domain ini sehingga membuat website yang dimiliki bisa muncul di hasil pencarian teratas.

Mengenal Domain .AC.ID

Memang sangat banyak yang menggunakan domain .AC.ID untuk kepentingan website yang menyajikan informasi terkait dengan perguruan tinggi. Dimana domain .AC.ID adalah sebuah nama domain yang digunakan untuk website kampus. Perguruan tinggi tersebut tentunya sudah terdaftar di Kemenristek Pendidikan atau kementerian lainnya.

Adapun kementerian yang dimaksud seperti Kementerian Agama maupun kementerian lainnya yang memang berwenang memberikan izin pendidikan. Kewenangan ini diberikan untuk perguruan tinggi. Jika kampus tersebut terdaftar di kementrian yang dimaksud dan mempunyai website yang menyajikan informasi tentang kampus tentu menggunakan domain ini.

Persyaratan yang Dibutuhkan Mendaftar Domain .AC.ID

Sebelum mendaftar domain .AC.ID untuk skepentingamwebsite kampus tentunya akan ada persyaratan yang harus dipenuhi. Hal ini disebabkan karena penggunaan domain memang bersifat resmi. Adapun persyaratan yang dibutuhkan untuk mendaftar domain .AC.ID adalah sebagai berikut:

1. Kartu Identitas

Seperti yang diketahui bahwa kartu identitas memang sangat dibutuhkan pada saat ingin menggunakan domain .AC.ID ini. Dimana kartu identitas yang dibutuhkan seperti KTP adalah syarat wajib yang harus disediakan oleh orang yang bersangkutan. Selain KTP, pemilik website juga bisa menjadikan paspor sebagai kartu identitas pada saat melakukan pendaftaran nantinya.

Baca Juga :  Perbedaan VPS dan Web Hosting: Mana yang Terbaik?

2. SK Pendirian Lembaga

Berhubung karena website ini merupakan website kampus, pemilik website tentu harus mengantongi SK Pendirian Lembaga. Dimana SK ini akan didapatkan orang yang bersangkutan dari Kementerian atau pun Lembaga yang berwenang. Namun, lembaga yang berwenang ini tentunya harus sesuai dengan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku.

3. Surat Keterangan Rektor

Surat ini juga mempunyai peran yang sangat penting untuk dicantumkan apabila ingin mendaftar untuk menggunakan domain .AC.ID. Surat keterangan ini bisa didapatkan langsung dari rektor atau pimpinan lembaga universitas. Dengan adanya surat ini tentu dijadikan sebagai bukti jika website tersebut benar-benar dari kampus  berdasarkan surat izin.

4. Nama Domain Sesuai Dengan Nama Lembaga

Persyaratan yang tidak boleh terlewatkan adalah nama domain yang akan dibuat nantinya harus sesuai dengan nama lembaga atau perguruan tinggi. Memang nama domain tersebut harus sesuai sehingga pengguna internet tidak sulit saat ingin mencari website resmi dari kampus yang dicarinya. Olehnya itu, hal ini tidak boleh untuk diganti saat menentukan nama domain.

Perguran Tinggi yang Menggunakan Domain .AC.ID

Memang sangat banyak perguruan tinggi yang menggunakan domain ini untuk sebuah website yang dimiliki. Pengguna domain ini memang hanya ditujukan untuk kampus, baik itu berstatus negeri maupun swasta. Lantas PT mana saja yang menggunakan domain ini untuk website yang dimiliki? Berikut penjelasan lengkapnya:

 1. UGM

UGM atau kepanjangan dari Universitas Gadjah Mada  merupakan perguruan tinggi negeri yang memiliki website resmi. Dimana website tersebut menggunakan domain .AC.ID dan berada pada rangking teratas hasil pencarian atau . Dalam website resmi perguruan tinggi tersebut memang menyajikan beberapa informasi seputar kampus.

Baca Juga Berikut : Mengenal Domain .MY.ID : Domain Untuk Perseorangan

Mulai dari sejarah perguruan tinggi, jumlah mahasiswa yang terdaftar, dan lain sebagainya. Bahkan melalui website ini pun akan ada beberapa informasi mengenai penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa. Bukan hanya itu, situs resmi UGM ini pun memberikan informasi terkait dengan kegiatan pengabdian yang dilakukan oleh para mahasiswa.

Baca Juga :  3 Cara Kompres Video Online Cepat dan Mudah

2. UI

Siapa sih yang tidak mengenal kampus populer yang satu ini. Banyak siswa lulusan sekolah menengah atas yang bercita-cita untuk menimba ilmu di kampus satu ini. Memang kampus ini dianggap sangat berkualitas dalam memberikan ilmu kepada mahasiswa. Bahkan melihat sejarah dari perguruan tinggi ini, keberadaannya memang sudah ada sejak lama.

Adapun isi dari website resmi UI tentunya tidak jauh berbeda dengan website resmi dari perguruan tinggi yang lain. Banyak berita mengenai kampus ini yang tersaji dalam website yang dibuat ini. Selain itu, ada juga informasi mengenai akreditasi kampus baik akreditasi yang bersifat nasional maupun yang bersifat internasional. Memang UI sudah bertaraf internasional.

3. UNPAD

Ada juga Universitas Padjajaran yang berlokasi di Jawa Barat dan telah berdiri sejak tahun 1957. Melihat tahun pendirian dari universitas ini tentunya keberadaannya memang sudah terkenal sejak lama. Kampus ini pun memiliki website resmi yang bertujuan agar calon mahasiswa bisa memperoleh informasi yang diinginkan. Dimana informasi yang dimaksud seperti berita terkini, pendaftaran, kegiatan mahasiswa, dan lain sebagainya.

Bahkan dalam website ini juga menyajikan terkait dengan agenda yang akan dilakukan dalam waktu dekat ini. Memang sangat banyak informasi yang tersaji dalam website tersebut dan ada juga disediakan kolom pengumuman harian. Olehnya itu, sangat penting keberadaan dari website yang satu ini untuk dikunjungi pengguna internet yang membutuhkannya.

Demikian penjelasan terkait dengan review dari domain .AC.ID sebagai domain yang digunakan untuk website kampus. Memang domain ini digunakan untuk website kampus agar nantinya bisa muncul di hasil pencarian teratas di halaman utama Google. Selain itu, jika ingin menggunakan domain .AC.ID tentunya pengguna harus menyediakan sejumlah biaya yang akan dibutuhkan nantinya.

Baca Juga Artikel Berikut : Mengenal Domain .SCH.ID : Domain Untuk Sekolah