fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Digital MarketingMedia SosialPanduanPengetahuanSEOWordpress

Lebih Bagus WordPress atau Blogspot? Berikut Bedanya

Yanti puspita

Kedua platform blogging ini menawarkan fitur luar biasa yang di butuhkan blog. Di antara banyak pilihan platform blogging, ada dua alat yang sangat populer, yaitu WordPress dan Blogspot. Namun, mana yang terbaik apa lebih bagus wordpress atau blogspot?

Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas perbandingan lebih bagus mana wordpress atau blogspot. Sebelum itu lebih baiknya kita ketahui apa itu WordPress dan Blogspot.

Apa itu Blogspot?

Blogspot adalah penyedia akun situs web gratis tempat kita untuk memposting, berbagi, dan lainnya. Akun Blogspot juga merupakan akun google karena saat kita login ke blog menggunakan akun google.

Sebenarnya banyak sekali website yang menyediakan layanan blogging gratis seperti wordpress, detik blog dan lain-lain. Jika kita menggunakan WordPress dan ingin mengganti tema, pertama kita harus membayar atau mengupgrade blog ke yang berbayar, tetapi ada juga solusi lain, yaitu instalasi di hosting sendiri.

Anda dapat mendaftarkan Blogspot dengan akun Google, mengintegrasikannya dengan Google Analytics untuk menganalisis kinerja situs web, dan menggunakan Google Drive sebagai penyimpanan data.

Apa itu WordPress?

WordPress adalah Content Management System (CMS) yang dapat membantu Anda membuat dan mengelola situs web tanpa coding. Anda dengan mudah menyesuaikan tampilan, menambahkan fitur, dan membuat konten di situs web jika menggunakan WordPress.

Oleh karena itu, WordPress adalah situs yang cocok untuk pemula yang baru ingin membuat sebuah website.

Platform CMS WordPress bersifat open source dan selalu update dengan fitur-fitur baru. Layanan ini sudah menyediakan Anda dengan hosting dan domain, baik dalam versi gratis maupun berbayar.

WordPress.com adalah layanan blogging gratis seperti Blogspot yang juga menyediakan versi berbayar. Sementara itu, WordPress.org menyediakan platform WordPress yang dapat di unduh secara gratis untuk blogging atau membangun situs web.

Lebih Baik Mana WordPress atau Blogspot?

Untuk memilih platform yang tepat untuk Anda, berikut adalah beberapa faktor yang perlu di pertimbangkan sebelum memilih antara WordPress dan Blogspot. Berikut adalah perbedaan Blogspot dan WordPress:

Kemudahan Bagi Pengguna

WordPress memiliki beberapa opsi menu, namun navigasi pada antarmuka WordPress cukup rapi dan intuitif. Anda hanya perlu beberapa saat untuk mempelajari cara menggunakannya. WordPress juga menawarkan kemudahan satu klik pada halaman editor. Anda hanya perlu menggeser kursor ke menu Post dan klik submenu Add New.

Proses pembuatan artikel pada WordPress lebih sederhana dan pilihan pengaturannya juga lengkap untuk membuat konten berupa tulisan, gambar dan video.

Sedangkan blogspot di buat sebagai platform blogging. Maksudnya di sini semua fitur yang ada di dalamnya cukup untuk memenuhi berbagai kebutuhan untuk menjalankan sebuah blog. Inilah yang membuat tampilan dan navigasi dashboard menjadi sederhana karena hanya berisi menu utama.

Misalnya, ketika Anda ingin membuat posting baru, Anda hanya perlu mengklik tombol + Posting Baru di halaman beranda dasbor. Jika di suruh memilih, kami memilih WordPress karena memiliki opsi pengaturan yang lengkap dan mudah di gunakan.

Pembuatan Website

Ada begitu banyak pilihan dan fitur yang di tawarkan di bandingkan dengan yang ada di Blogspot. Berbagai fitur ini menawarkan keuntungan tersendiri bagi WordPress dan Anda karena kreativitas dalam pembuatan konten dan penyesuaian situs tidak terbatas.

Dengan pemubuatan situs yang mudah menjadikan Blogspot sebagai alat yang mudah di gunakan untuk pengguna pemula. Selain itu, Blogspot juga tersedia dalam bahasa Indonesia yang tentunya akan semakin memudahkan dalam penggunaannya.

D isini pemenangnya yaitu Blogspot karena dalam hal kemudahan penggunaan dan pembuatan, sedangkan WordPress cukup sulit di gunakan karena fitur yang di sediakan oleh WordPress lebih beragam sehingga kurang cocok bagi pemula.

Management Situs

Dalam hal pengelolaan website, Blogger memiliki berbagai kemudahan yang bisa Anda manfaatkan. Anda dapat menambah halaman baru hanya dengan beberapa klik. Sayangnya, Blogger tidak menyediakan fitur terkait pemeliharaan kecuali Anda memahami dan ahli HTML.

Pada platform WordPress mencakup opsi untuk manajemen pengguna dan bahkan alat untuk mengimpor konten dari platform blogging lain. Bahkan jika Anda ingin beralih dari Blogger ke WordPress, proses pemindahan dapat di lakukan dengan sangat mudah.

Jelas di sini pemenangnya adalah WordPress, karena mengelola situs web membutuhkan banyak alat, opsi, dan fitur agar blog dapat di sesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan pemiliknya. Sehingga fitur lengkap pada wordpress lebih di butuhkan.

Performa Website

Dalam menjawab pertanyaan yang di ajukan oleh para blogger, lebih baik mana wordpress atau blogspot dalam hal performa jawabannya tak ada pemenangnya alias sama. Alasannya Anda selalu dapat mempercepat loading situs web atau blog Anda jika Anda menggunakan WordPress ataupun Blogspot.

Hal yang mempengaruhi kecepatan/loading sebuah website yaitu gambar yang mempunyai ukuran besar. Ukuran gambar yang tidak terkompresi ini bisa menjadi salah satu penyebab lambatnya loading website. Anda bisa mengakalinya dengan menggunakan plugin tambahan atau situs yang menyediakan kompres gambar seperti tiny.png.

Keamanan Website

Hal yang perlu dipahami adalah keamanan situs web berbasis WordPress dapat disetting sedemikian rupa. Untuk platform Blogspot, pengaturan keamanan default tidak dapat diubah karena Blogspot sendiri menggunakan platform tertutup atau lebih mudahnya tidak bisa menggunakan plugin.

Yang pasti pemenangnya adalah WordPress karena fitur keamanan yang dapat disesuaikan, banyak dukungan keamanan, dan dapat menggunakan plugin

Kelebihan Blogspot Dan WordPress

WordPress

  • Berkat banyaknya plugin yang tersedia, membuat situs WordPress lebih SEO friendly juga sangat sederhana. Selain itu, WordPress juga memiliki plugin yang bernama Yoast, salah satu plugin SEO terbaik yang banyak digunakan oleh user.
  • WordPress dapat menyesuaikan tampilan situs web dan blog di berbagai layar. Anda tidak memerlukan keahlian teknis untuk mengaktifkan fitur seluler responsif ini.
  • WordPress adalah platform CMS yang paling fleksibel ketimbang blogger, Anda dapat membuat situs web dalam skala apa pun, dari situs web blog hingga toko online. Anda juga dapat dengan mudah menambahkan fitur tambahan melalui plugin.
  • Dengan menggunakan WordPress, Anda mendapatkan kendali penuh atas situs web dan blog, Anda dapat dengan mudah mengelola dan memodifikasi situs web sesuai dengan kebutuhan Anda.
  • Platform WordPress juga cukup mudah dipelajari oleh pemula. Tidak hanya tampilan dasbor yang intuitif, WordPress juga memiliki dokumentasi resmi dan forum online untuk membantu mengatasi masalah apa pun yang mungkin Anda temui.

Blogspot

  • Blogspot benar-benar platform yang ramah pemula karena mudah digunakan dan dinavigasi.
  • Dengan tampilan dasbor yang intuitif dan wizard yang mudah digunakan, Anda dapat mengaktifkan dan menjalankan blog Anda melalui Blogspot dalam hitungan menit saja.
  • Blogspot bisa bermanfaat tanpa harus membayar uang lebih untuk membeli hosting karena Blogspot sudah menyediakannya secara gratis.
  • Blogspot sudah terintegrasi dengan produk Google lainnya, hal ini berarti Anda dapat memanfaatkan fitur Google saat Anda mulai blogging.
  • Anda juga memiliki pilihan untuk menggunakan nama domain Anda sendiri untuk membuat blog lebih profesional.

Bagaimana apakah sudah terjawab rasa penasaran para blogger sekalian tentang lebih bagus wordpress atau blogspot? Jika ada perbedaan lain tentang keduanya bisa meninggalkan komentar Anda dibawah.

Baca Juga