fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Pengetahuan

Keuntungan Google Pengelola Tag dalam Teknologi Web

Wiliam

Google memperkenalkan alat Google Pengelola Tag gratis pada tahun 2012. Faktanya, GTM (tag manager) adalah sistem manajemen tag yang memungkinkan Anda menambahkan dan memperbarui tag tanpa membuat perubahan pada kode situs.

Menggunakan Google Pengelola Tag, Anda dapat menambahkan kode ke situs Anda dari sistem pengumpulan data yang berbeda, bukan hanya layanan Google. Semua tindakan instalasi dan konfigurasi yang diperlukan dilakukan melalui antarmuka alat, sehingga partisipasi pemrogram terbatas pada pemasangan kode GTM di situs.

Konsep Dasar yang Diperlukan saat Bekerja dengan Google Pengelola Tag

1. Akun

Antarmuka layanan tempat skrip dikelola. Biasanya hanya diperlukan satu akun untuk mengelola semua tag iklan.

2. Wadah

Mengontrol kode JavaScript, yang dimasukkan ke semua halaman situs.

3. Tag

Fragmen kode yang bertanggung jawab untuk menjalankan fungsi yang diperlukan oleh pemilik situs. Yang melacak sumber lalu lintas, memantau klik internal, memantau interaksi pengguna dengan formulir kontak.

4. Pemicu

Kondisi yang menentukan dalam keadaan apa tag akan dieksekusi.

5. Variabel

Bidang yang digunakan untuk menyimpan dan mentransfer data yang diperlukan agar pemicu dan tag berfungsi. Halaman, utilitas, kesalahan, klik, formulir, riwayat dapat digunakan sebagai variabel bawaan.

Lalu, Apa Itu Google Pengelola Tag?

Google Pengelola Tag (GTM, Pengelola Tag) adalah alat untuk mengelola tag JavaScript dan HTML di situs web atau kode aplikasi. Itu menambah atau menghapus baris yang bertanggung jawab untuk menghubungkan program eksternal.

Pengguna dapat menginstal dan menghapus sistem analitik dan alat lainnya secara mandiri. Google Pengelola Tag adalah layanan yang sepenuhnya gratis. Itu muncul pada tahun 2012 dan segera mendapatkan popularitas besar di antara pemilik situs web, pemasar, dan spesialis periklanan online.

Sebelum Google Pengelola Tag, pemrogram secara manual memasukkan tag untuk setiap sistem. Butuh banyak waktu, dan bahkan kesalahan kecil dapat menonaktifkan sumber daya. Pengelola Tag telah membuat proses ini menjadi lebih mudah.

Cukup menginstal kodenya di situs dan mengaktifkan dan menonaktifkan tag yang diperlukan melalui antarmuka bawaan, ini cepat, nyaman dan aman.

Fitur Google Pengelola Tag dalam Teknologi Web

  1. Integrasi situs dengan sistem analitik (Google Analytics, Yandex.Metrika, AppsFlyer, AdRoll, DoubleClick, dan lainnya);
  2. Memperoleh statistik dari jejaring sosial (VKontakte, Facebook, Twitter, dan lainnya);
  3. Penempatan tag pemasaran ulang untuk berbagai layanan (Google Ads, Facebook, dan lainnya);
  4. Implementasi formulir pengujian dan umpan balik (Google Polls, Google Optimize);
  5. Mengaktifkan skrip khusus (demonstrasi spanduk dan lainnya);
  6. Pengeditan online dari kode yang terhubung.

Siapa yang Diuntungkan dari Google Pengelola Tag?

Google Pengelola Tag memungkinkan Anda berintegrasi dengan banyak layanan analitik populer tanpa bantuan programmer. Oleh karena itu, alat ini berguna bagi semua orang yang entah bagaimana terlibat dalam pengembangan dan promosi situs.

Analis web dan pemasar dapat menerapkan layanan eksternal untuk menghitung indikator penting. Google Pengelola Tag berguna tidak hanya untuk pekerja lepas, tetapi juga untuk agen pemasaran Internet. Ini sangat menyederhanakan pekerjaan dengan akun pelanggan.

Manfaat Google Pengelola Tag

1. Ketersediaan

Fungsionalitas program ini sepenuhnya gratis.

2. Optimasi kode

Penandaan manual menyebabkan kekacauan kode. Anda harus hati-hati memeriksa semuanya ketika diedit lebih lanjut. Untuk Google Pengelola Tag, cukup memasukkan kodenya sekali dan kemudian bekerja melalui antarmukanya.

3. Kebebasan dari programmer

Memasang dan menghapus tag disertai dengan intervensi dalam kode situs. Google Pengelola Tag secara otomatis melakukan pengeditan yang sesuai seperti yang diarahkan oleh pengguna.

4. Transparansi

Antarmuka dengan jelas menampilkan ikatan skrip ke halaman dan acara.

5. Modus debug

Perubahan mulai berlaku saat penampung dipublikasikan. Sebelum itu, Anda dapat menguji pengoperasian penghitung dalam mode debug.

6. Pustaka templat dan variabel bawaan

Google Pengelola Tag kaya akan solusi siap pakai untuk tugas-tugas umum. Mereka diimplementasikan seefisien mungkin.

7. Kemampuan untuk membuat tag khusus

Ada opsi untuk mengelola operan yang tidak tersedia secara default.

8. Tingkatkan kecepatan unduh

Semakin besar kode situs, semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk memuat. Kode petugas operator dioptimalkan dan dilengkapi dengan pemuatan asinkron. Ini berarti tag lambat tidak mencegah tag yang lebih cepat dimuat.

9. Kembalikan ke versi sebelumnya

Program menangkap semua perubahan seperti jika terjadi kesalahan saat mengedit, Anda selalu dapat kembali ke versi yang berfungsi. Ini juga menampilkan informasi tentang perubahan yang dibuat oleh pengguna tertentu;

10. Mengatur akses untuk pengguna yang berbeda

Beberapa pengguna dengan hak berbeda dapat mengelola tag sumber daya sekaligus. Ini nyaman ketika tim spesialis sedang mengerjakan sebuah proyek.

11. Verifikasi situs untuk Search Console

Diperlukan untuk mengakses statistik pencarian Google yang terkait dengan situs atau aplikasi. Sangat mudah untuk melakukan ini melalui GTM;

Google Pengelola Tag adalah alat gratis multifungsi untuk mengelola tag di situs web dan di aplikasi seluler. Ini menyederhanakan dan mempercepat koneksi layanan analitik ke sumber daya, mengoptimalkan bagian teknis, membuat bekerja dengan analitik menjadi sederhana dan aman. Sekian dan terimakasih.

Baca Juga