fbpx

Lelang Domain - Temukan Domain Bagus Disini!

Pengetahuan

Ketahui Keuntungan Ikut Program Afiliasi Berikut Ini!

Wiliam

Siapa sih yang tidak ingin mendapatkan uang tanpa mengeluarkan tenaga yang besar? Di era digital ini, begitu banyak hal yang dapat dilakukan untuk mendapatkan uang dengan cara yang mudah. 

Diantara yang dapat anda jadikan pilihan adalah program afiliasi. Meskipun Anda sedang rebahan, pundi-pundi penghasilan akan mengalir dalam rekening. 

Pada artikel ini, kita akan membahas apa saja keuntungan yang didapatkan ketika mengikuti program afiliasi ini. Penasaran? Simak penjelasan artikel ini sampai selesai yah.

Pengertian Afiliasi

Sebelum mengetahui keuntungan yang dapat diperoleh dari menjadi bagian program afiliasi, Anda perlu memahami dulu apa yang dimaksud  dengan afiliasi tersebut. 

Program Afiliasi adalah suatu sistem di dunia bisnis yang membayar jasa pihak ketiga karena berhasil mengajak orang lain untuk membeli dan menggunakan produk yang dijual perusahaan dengan cara online. Secara garis besar, program afiliasi ini adalah memberikan komisi penjualan kepada para anggotanya. 

Program ini adalah salah satu strategi marketing perusahaan agar produk yang mereka jual dapat dikenal masyarakat lebih banyak. Ketika anda memutuskan untuk menjadi anggota dari program ini, anda tidak perlu membeli produk tersebut, cukup menawarkan saja kepada orang lain hingga mereka membelinya. 

Jumlah komisi yang dapat didapatkan berbeda-beda, tergantung kebijakan dari tiap perusahaan. Saat ini sudah banyak perusahaan yang memberikan kesempatan untuk bergabung  dalam program afiliasi.

Beberapa contoh perusahaan dan komisi yang diberikan, yaitu Bukalapak yang dengan komisi 4-7% dari harga produk, Tokopedia dan Amazon  memberikan komisi hingga 10% dari harga produk, Zalora  dengan komisi 4-6 % dari harga produk, Tiket.com akan memberikan komisi 40-60 persen setiap ada yang melakukan booking hotel dengan kode Anda, shopee dengan maksimal komisi 20%, dan lainnya. 

Apa Saja Keuntungan Ikut Program Afiliasi?

Setelah memahami apa itu program afiliasi, selanjutnya apa saja keuntungan yang dapat anda dapatkan ketika bergabung dengan program tersebut. Apa saja itu? Berikut ini diantaranya.

1. Mendapatkan Penghasilan Pasif

Keuntungan pertama yang pasti Anda dapatkan yaitu bisa memperoleh penghasilan yang tentu dapat dinikmati sesuai banyaknya orang yang berhasil anda ajak. Meskipun hanya baring di kamar, Anda masih tetap bisa menghasilkan cuan. 

Promosi yang anda lakukan di awal akan tetap ada di sana kecuali jika Anda menghapusnya sendiri. Jadi, tidak perlu menghabiskan waktu seharian di depan komputer atau ponsel karena  promosi yang dilakukan di awal akan membuat uang tetap masuk ke rekening Anda. 

2. Modal yang Dikeluarkan Kecil

Setiap perusahaan memiliki kebijakan berbeda dalam merekrut anggota di program afiliasi ini. Secara garis besar, terdapat dua jenis kebijakan perusahaan, yang pertama ada perusahaan yang mewajibkan calon anggota untuk membeli produknya sebelum mendaftar program afiliasi. Kedua,  ada perusahaan yang tidak mewajibkan untuk membeli produknya.

Jenis pertama, Anda memang perlu mengeluarkan biaya, namun bisa menyelesaikan produk yang Anda butuhkan untuk dibeli. Sehingga, selain bisa mendaftar program tersebut, Anda juga bisa memenuhi kebutuhan. 

Jenis kedua dapat dikatakan gratis atau tidak perlu mengeluarkan biaya. Namun, kedua jenis ini pastilah sama-sama harus memiliki modal ketekunan karena keduanya hanya dapat mendapatkan komisi jika ada yang membeli produk menggunakan kode referral Anda. 

3. Penghasilan Sesuai dengan Kerja Keras Anda

Komisi yang Anda akan peroleh sangat tergantung dari seberapa niat melakukan promosi. Penghasilan yang diperoleh akan berbanding lurus dengan usaha yang Anda berikan. Semakin sering melakukan promosi, semakin banyak pula komisi yang dapat diperoleh, begitupun sebaliknya.

4. Jam Kerja Fleksibel

Tidak seperti jika bekerja di kantoran, melakukan promosi dalam program ini dapat disesuaikan dengan waktu luang. Sebab, pekerjaan ini tidak terikat oleh waktu. Anda sendiri yang menentukan jam berapa saja akan melakukan promosi. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda juga perlu mempertimbangkan jam aktif orang lain memegang  smartphone.

5. Bisa Mengikuti Lebih dari Satu Program Afiliasi

Setiap perusahaan tidak memberikan syarat bahwa anggotanya tidak boleh mengikuti program afiliasi perusahaan lain karena memang program ini adalah pekerjaan yang tidak terikat atau freelance. Hal ini dapat Anda manfaatkan dengan mengikuti lebih dari satu program afiliasi perusahaan yang dirasa potensial untuk menghasilkan cuan.

6. Kerja di Mana Saja

Keuntungan ikut program afiliasi selanjutnya adalah kamu dapat kerja di mana saja. Anda hanya perlu menjalankan strategi promosi link referral yang anda miliki kepada orang lain. Yang mana, hal tersebut dapat dilakukan di mana saja, baik di rumah, sekolah,  bus, dan lainnya.

Asalkan Anda memiliki smartphone/laptop dan jaringan internet, Anda sudah bisa menjadi pekerjaan sempurna, apalagi jika memang menyukai marketing. 

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan berbagai platform yang ada, misalnya kamu bisa melakukannya di instagram, tiktok, whatsapp, facebook, dan berbagai platform lainnya. 

Cara Kerja Program Afiliasi

Dalam program afiliasi, ada tiga pihak yang terlibat, yaitu pemilik produk (yang mengeluarkan program), afiliator (orang yang ikut program afiliasi), dan konsumen (pihak yang membeli produk). 

Cara kerja program ini diawali dengan para afiliator mendaftarkan diri pada program afiliasi di perusahaan. setelah resmi menjadi afiliator, mereka akan melakukan promosi produk dengan menggunakan kode referral. Ketika konsumen membeli produk di perusahaan tersebut menggunakan kode referral afiliator, maka afiliator bisa mendapat komisi sesuai kebijakan perusahaan. 

Itulah penjelasan terkait keuntungan ikut program afiliasi serta cara kerja program tersebut. Bagaimana, apakah anda tertarik?

Baca Juga