fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Pengetahuan

Kegunaan dan Cara Kerja Server Nginx dalam Teknologi Web

Wiliam

Server Nginx adalah perangkat lunak open source khusus yang kompatibel dengan sistem UNIX. Dikembangkan sebagai server web untuk melayani permintaan HTTP. Pengembangan dimulai pada tahun 2002 dan rilis pada Desember 2004.

Tujuan utama yang ditetapkan Server Nginx sendiri adalah untuk memecahkan masalah C10k yang terkait dengan kompleksitas pemrosesan banyak permintaan (10.000 permintaan atau lebih). Server web yang berhasil mengatasi beban tinggi, yang menjadi alasan popularitasnya lebih lanjut.

Lingkup Aplikasi dan Fitur Fungsi Server Nginx

Server Nginx saat ini merupakan salah satu perangkat lunak server yang paling andal karena keberhasilan implementasi arsitektur yang digerakkan oleh peristiwa dan asinkron. Ini digunakan oleh raksasa Internet seperti Google, WordPress, Netflix, dan banyak lainnya. Aplikasi yang paling umum:

  1. Sebagai server HTTP mandiri;
  2. Sebagai server SMTP, IMAP, POP3;
  3. Dalam hubungannya dengan Apache, di mana Nginx diberi peran sebagai server caching;

Kegunaan Utama Server Nginx

Kesesuaian memilih satu atau solusi lain untuk server web ditentukan berdasarkan kriteria berikut:

1. Pertunjukan

Server Nginx menunjukkan kecepatan tinggi dalam menangani koneksi konten statis. Menurut indikator ini, ia melewati pesaing terdekat (Apache) sebanyak 2 kali. Performa saat bekerja dengan situs dinamis untuk kedua produk perangkat lunak kurang lebih sama.

2. Penggunaan sumber daya

Server Nginx kurang intensif memori daripada server web Apache.

3. Kompatibilitas OS

Server Nginx mendukung banyak sistem operasi populer. Namun, itu dikembangkan untuk sistem UNIX. Kompatibilitas dengan Windows diimplementasikan dengan buruk, sehingga kecepatan perangkat lunak dalam sistem ini cukup rendah.

4. Dukungan pengguna

Bantuan kepada pelanggan diberikan melalui korespondensi email. Ada juga forum komunitas yang membahas berbagai masalah.

Apa Itu Server Nginx dalam Teknologi Web?

Server Nginx adalah server web sumber terbuka dan gratis. Ini berjalan pada sistem operasi Linux / Unix 64-bit dan banyak digunakan untuk situs web berkinerja tinggi karena arsitekturnya yang ringan dibandingkan dengan server Apache.

Pada artikel ini, kami akan memberi Anda informasi dasar tentang Nginx, contoh konfigurasi, dan modul mana yang diperlukan untuk fitur tertentu dari situs Anda. Kami juga akan menjawab pertanyaan umum tentang server Nginx dan menawarkan solusi praktis untuk masalah umum yang muncul di web.

Bagaimana Cara Kerja Server Nginx?

Server Nginx adalah perangkat lunak server web yang kuat yang menangani lalu lintas dalam jumlah besar dengan sangat baik dan juga open source serta gratis untuk digunakan. Pada artikel ini, kita akan melihat cara kerja Nginx dan beberapa manfaatnya.

Server Nginx menggunakan model master-worker di mana satu proses master mendelegasikan pekerjaan ke proses pekerja. Nginx umumnya digunakan sebagai perangkat lunak server web yang dapat menangani lalu lintas dalam jumlah besar dengan sangat baik, tetapi juga dapat bertindak sebagai proxy terbalik dan penyeimbang beban.

Salah satu keuntungan utama Server Nginx adalah kemampuannya untuk menangani sejumlah besar koneksi bersamaan. Ini dapat dilakukan melalui berbagai metode, seperti menjaga koneksi tetap terbuka untuk jangka waktu yang lebih lama, atau sebagai alternatif melalui pemrograman yang digerakkan oleh peristiwa

Manfaat Menggunakan Server Nginx?

Server Nginx adalah proxy terbalik sumber terbuka yang dapat menyelesaikan masalah hosting Anda. Ia dikenal karena kecepatan, keandalan, dan rangkaian fiturnya yang kaya. Saat ini lebih disukai oleh sebagian besar host web karena memungkinkan Anda menangani lebih banyak lalu lintas pada satu mesin sekaligus mengurangi penggunaan sumber daya.

Alasan mengapa Server Nginx lebih banyak digunakan daripada server lain adalah karena Nginx menyediakan penggunaan memori yang lebih baik dan kecepatan pemuatan halaman web yang lebih cepat.

Ada banyak keuntungan menggunakan Server Nginx dibandingkan server lain yang tercantum di bawah ini:

1. Kecepatan

Server Nginx dirancang sedemikian rupa sehingga mengirimkan respons kembali ke klien hanya setelah semua komponen file itu dimuat sepenuhnya ke dalam memori, sedangkan dalam kasus Apache, setiap modul dimuat ke dalam memori secara terpisah bila diperlukan.

Ini menghasilkan pemanfaatan sumber daya yang lebih baik, yang membuat situs Anda memuat lebih cepat. Ini lebih hemat sumber daya. Ini menggunakan lebih sedikit RAM dan tidak perlu sering restart.

2. Terukur

Anda dapat menambah atau menghapus Server Nginx tergantung pada lalu lintas situs web Anda dan kinerjanya tidak akan terpengaruh. NGINX Plus mendukung server web gateway API populer untuk lalu lintas masuk dan dukungan komersial.

Mendukung load balancing dan membalikkan fungsi proxy langsung dari kotak tanpa menginstal perangkat lunak tambahan. Muncul dengan berbagai sumber daya sistem tanpa ekspansi dibandingkan dengan server lain.

Mendukung HTTP , HTTPS , SMTP, POP3 dan IMAP untuk komunikasi antara server web dan klien. Ini memerlukan otentikasi server HTTP eksternal dan penyeimbang beban HTTP dengan arsitektur sinkronisasi-kronis.

Server Nginx adalah server web untuk HTTP yang menangani permintaan masuk untuk situs web. NGINX adalah server HTTP berkinerja tinggi paling populer yang digunakan saat ini, dan pangsanya telah meroket sejak 2015. Sekian dan terimakasih.

Baca Juga