fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

Inilah Tren Digital Marketing 2023, Penting Untuk Marketer

Yodik Prastya

Dalam setiap tahun, selalu ada yang baru dalam dunia digital marketing. Misalnya saja, tren digital marketing 2023 amat berbeda dengan tren digital marketing pada tahun 2021. Ini jelas tidak mengherankan karena dunia pemasaran terus berkembang.

Perkembangan itulah yang sebenarnya membuat banyak orang lebih mengupayakan inovasi dan kreasi untuk terus bertumbuh. Dalam hal bisnis, tentu yang bertumbuh adalah skala dari usaha yang sedang dijalani.

Memahami tren digital marketing tentu sangat penting. Agar nantinya kamu bisa menerapkannya dalam bisnis yang tengah kamu jalani.

6 Tren Digital Marketing 2023 Perlu Diketahui

Kira-kira apa saja ya yang menjadi tren dalam dunia digital marketing saat ini? Kamu bisa cek lengkapnya pada penjelasan kami di sini:

1. Peningkatan Penggunaan Teknologi AI (Artificial Intelligence)

Penggunaan Artificial Intelligence dan machine learning sebenarnya sudah jadi tren pada tahun 2023 ini. AI dan machine learning akan terus digunakan dalam digital marketing untuk meningkatkan personalisasi dan efisiensi.

Tentu saja penggunaan AI dan machine learning akan membuat banyak proses pemasaran jadi lebih efektif. Contohnya penentuan audiens. Penentuan audiens bisa dilakukan dengan menggunakan AI dan machine learning.

Hal itu menjadikanmu tidak perlu lagi menentukan audiens secara manual dan kamu sudah bisa menyelesaikannya secara otomatis.

2. Pertumbuhan E-commerce

Dengan pandemi COVID-19 beberapa saat lalu, banyak orang yang lebih memilih untuk berbelanja secara online. Ini akan terus meningkat pada tahun 2023 dan diperkirakan akan menjadi salah satu tren utama dalam digital marketing.

Jadi, pembuatan e-commerce belakangan memang sedang marak. Apalagi sekarang sudah banyak orang yang ingin membeli banyak hal dengan cara instan. Maka E-commerce adalah salah satu solusinya.

Dalam e-commerce ada banyak hal yang disediakan. Mulai dari barang kebutuhan sehari-hari sampai metode pembayaran untuk membayar tagihan.

3. Peningkatan Penggunaan Video

Video akan terus menjadi salah satu jenis konten yang paling populer dalam digital marketing. Ini akan terus digunakan untuk menjangkau audiens dan meningkatkan engagement.

Yap, pemakaian video memang belakangan sedang banyak kita saksikan. Contoh saja, engagement dari video Reels sangat banyak di Instagram. Reach akun TikTok yang membuat video menarik juga akan lebih tinggi.

Hal ini juga menjadi tren dari digital marketing pada tahun 2023. Sudah banyak bisnis yang mencoba menggunakannya untuk kebutuhan marketing.

4. Pertumbuhan Influencer Marketing

Influencer marketing adalah strategi pemasaran di mana seorang atau sekelompok orang yang memiliki banyak pengikut di media sosial atau platform lainnya, digunakan untuk mempromosikan produk atau layanan kepada audiens mereka. Influencer dapat berasal dari berbagai bidang, seperti seni, olahraga, teknologi, atau hiburan.

5. Peningkatan Penggunaan Chatbot dan Messaging

Chatbot dan messaging akan terus digunakan untuk meningkatkan komunikasi dengan audiens dan meningkatkan efisiensi.

6. Pertumbuhan Content Marketing

Content marketing akan terus menjadi salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan brand awareness dan menjangkau audiens baru.

Content marketing adalah strategi pemasaran yang menekankan pada pembuatan dan distribusi konten bermanfaat yang menarik untuk audiens tertentu.

Tujuan dari content marketing adalah untuk membangun hubungan dengan audiens dan membantu mereka menyelesaikan masalah atau kebutuhan mereka, bukan hanya menjual produk atau layanan.

Penutup

Itulah beberapa tren digital marketing 2023 yang sedang marak digunakan. Tren inilah yang digunakan oleh banyak pebisnis untuk mengembangkan usaha mereka. Jadi, sudah coba yang mana?

Baca Juga