cPanel

Inilah Kerugian Akibat Virus Dan Malware Website

Dewabiz
January 18, 2019
Inilah Kerugian Akibat Virus Dan Malware Website
Inilah Kerugian Akibat Virus Dan Malware Website

Inilah Kerugian Akibat Virus Dan Malware Website – Website yang biasanya digunakan untuk berbagi informasi terkait sebuah hal, tentunya sangat diperlukan bagi semua orang. Biasanya content pada website berisikan mengenai informasi, edukasi, hiburan dan persuasi. Bagi setiap orang di era modern ini, memiliki langganan website sudah pasti dilakukan. Beberapa orang telah memilih website-website yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Pemilihan ini tentunya dilandasi dengan keinginan mereka sendiri, biasanya bisa memilih website yang bertipe hiburan, informasi maupun edukasi.

Tetapi biasanya beberapa website disisipi dengan kalimat-kalimat persuasi agar bisa memberi penekanan kepada pengunjung untuk melakukan suatu hal. Biasanya sikap persuasi ini bisa sangat mudah masuk pada tipe website yang memiliki segmentasi edukasi pada kontennya. Tetapi tidak menutup kemungkinan, kepada beberapa website yang memiliki konten-konten di luar dengan edukasi. Kalimat-kalimat persuasi bisa diselipkan pada sebuah halaman konten tertentu.

Karena kebutuhan masyarakat terhadap informasi, edukasi dan hiburan telah pada tingkatan yang berbeda dengan media konvensional, website menjadi sebuah destinasi bagi mereka yang merasa tepat berada di dalamnya. Beberapa orang khususnya generasi milenial yang telah melek media internet, memiliki alasan tersendiri mengapa lebih menyukai jenis media komunikasi modern daripada media konvensional. Oleh sebab itu di tengah kepentingan ini biasanya akan terdapat beberapa orang atau segelintir orang yang memiliki kepentingan tersendiri, atau hanya iseng untuk melakukan tindakan yang merugikan banyak orang. Tindakan merugikan di sini adalah upaya hacking ataupun penyebaran virus.

Virus dan malware website tentunya akan sangat merugikan banyak orang. Kerugian di sini bisa mengakibatkan beberapa jaringan terkait yang telah terhubung mendapatkan kerugian bersama-sama. Tentunya setiap elemen pada bisnis website akan mengalami kerugian akibat dari tindakan penyebaran virus tersebut. Sebab karena itu, perlu dilakukan perawatan website secara berkala. Hal ini bertujuan agar upaya-upaya makan tersebut tidak merugikan orang banyak. Tindakan melakukan perawatan website juga merupakan sebuah tanggung jawab terhadap website anda. Karena itu bagi setiap orang yang ingin berada di bisnis website atau sedang berkarir di dalamnya, wajib mengetahui cara-cara melakukan perawatan pada website.

Namun sebelum kita membahas bagaimana cara mengatasi virus dan malware website yang menyerang situs anda, anda perlu mengetahui risiko apa yang akan terjadi bila hal-hal terjadi pada bisnis website anda bila terjangkit malware. Tentunya selain itu anda juga harus mengetahui cara menjaga website agar tidak terserang virus dan malware ini lagi di masa depan.

Tiga Kerugian Akibat Virus Dan Malware Website

Terdapat tiga kerugian akibat dari serangan virus dan malware pada website kita, kerugian ini ini tentunya akan membuat anda mencapai kerugian finansial bila tidak segera ditanggulangi. Seperti halnya manusia, website juga akan terserang penyakit bila tidak dirawat dengan baik. Perawatan website tersebut tentunya harus dilakukan secara berkala, agar website selalu sehat. Ini dia tiga kerugian akibat adanya virus dan malware website :

  1. Yang pertama adalah tentunya ruang penggunaan pada hosting kamu akan bertambah banyak.

    Padahal anda tidak melakukan penambahan beberapa file pada ruang hosting anda. Hal ini diakibatkan oleh serangan virus dan malware tersebut. Ruang penyimpanan yang penuh merupakan salah satu indikasi website anda terserang oleh serangan virus dan malware. Tentunya hal ini akan sangat merugikan anda bila dibiarkan berlarut-larut, serta akan membuat anda tidak bisa melakukan posting sehari-hari. Bahkan kerugian yang bisa terjadi akibat ruang penyimpanan hosting anda penuh adalah tidak terdapat mengirimkan email, melakukan aktivitas sehari-hari dan tidak dapat melakukan posting. Sebagaimana kita ketahui, hosting diperuntukkan untuk menyimpan beberapa file yang penting pada website anda. Apabila ruang penyimpanan tersebut penuh, tentunya anda tidak dapat menyimpan file baru lagi.

  2. Yang kedua adalah, akun anda bisa saja terkena blacklist. Blacklist disini bisa berupa tindakan pada alamat IP anda, atau blacklist pada sisi domain.

    Tentunya kedua hal ini ini sangat merugikan bagi anda bila dibiarkan berlarut-larut. Ketika anda terkena blacklist, setiap email yang akan anda kirim akan dikategorikan spam atau bahkan di reject.

  3. Yang ketiga adalah ketika virus dan malware tersebut terus menggandakan diri atau melakukan aktivitasnya, hal ini akan merugikan anda dan penyedia server.

    Terutama kerugian ini akan sangat dirasakan bila anda menggunakan share hosting. Hal ini akan mengganggu kinerja server dan akan sangat merugikan. Setiap kerugian yang dilakukan bisa saja menjadi kanker pada setiap fungsi dari hosting, salah satunya adalah tindakan email yang akan dianggap atau dikategorikan sebagai spam dan ini diperuntukan bagi anda maupun beberapa akun yang terkait dengan hosting anda. Pada dasarnya virus dan malware website akan sangat merugikan bagi anda dan kelompok jaringan anda.

Itu dia tiga macam kerugian yang akan diakibatkan oleh virus dan malware pada website. Tentunya anda tidak menginginkan hal ini terjadi karena selain anda akan dirugikan kelompok jaringan anda juga akan dirugikan. Oleh karena itu melakukan perawatan pada website secara berkala akan sangat penting bagi anda. Tentunya agar hal ini tidak terjadi anda harus sering melakukan tindakan verifikasi terhadap situs anda mengenai keberadaan virus dan malware di dalamnya. Salah satu cara terampuh dan sering digunakan oleh beberapa web developer maupun pebisnis website adalah dengan cara sebagai berikut.

Lakukan Tindakan Verifikasi Virus Pada Website

Salah satu cara menjaga website anda agar terhindar dari virus dan malware adalah dengan selalu melakukan tindakan pengecekan terhadap perkembangan website anda. Terutama pada sisi proteksi di website anda. Proteksi pada website agar tidak terkena virus bisa dilakukan secara manual, hal ini bisa anda lakukan setiap hari atau bisa anda jadwalkan setiap sebulan sekali. Berikut adalah cara untuk menjaga website anda atau sebagai cara memverifikasi adanya virus atau malware pada situs anda.

  1. Yang pertama yang perlu anda lakukan adalah mendaftarkan website milik anda pada layanan Google Webmaster. Pada layanan Google Webmaster terdapat fitur Malware Diagnostic. Fitur ini dapat anda gunakan sewaktu-waktu bahkan bila situs anda telah diblokir oleh Google akibat virus dan Malwarenya.
  2. Yang kedua adalah lebih baik melakukan pengecekan secara berkala mengenai kesehatan dari website anda melalui Google Webmaster ini. Sebelum website anda terblokir, anda juga harus perlu melakukan tindakan-tindakan agar anda mengetahui seberapa parah kondisi dari kesehatan situs anda dengan menggunakan fitur scanning virus yang tersedia pada Google Webmaster ini.
  3. Yang ketiga, jika anda menggunakan platform CMS sistem untuk membuat website anda. Anda perlu memperhatikan beberapa hal mengenai penggunaan tema, login dan module. Ada tiga hal ini sebaiknya anda membaca review dari setiap orang. Tentunya ketiga hal ini bisa digunakan oleh virus dan malware sebagai upaya untuk masuk pada situs anda.
  4. Yang keempat, jika anda menggunakan CMS sistem jangan lupa untuk mengupdate versi komponen CMS kamu ketika versi baru telah muncul. Malware biasanya akan mudah menyusup dan masuk pada komponen yang jarang diupdate atau diperbarui.
  5. Yang kelima pastikan perangkat keras anda seperti laptop dan komputer desktop yang anda gunakan untuk berinteraksi dengan hosting tersebut bebas dari virus dan malware. Karena ketika anda sedang upload data dan login pada hosting, malware akan masuk pada area hosting anda.
  6. Yang keenam, pastikan anda terbebas dari upaya hacking pada situs anda. Selalu update mengenai password yang anda gunakan agar terhindar dari keusilan orang lain.
  7. Yang terakhir adalah, jangan menggunakan WiFi publik. Karena bisa saja login kamu digunakan oleh orang lain, hanya gunakan WiFi private jika anda sangat memerlukan WiFi.

Itu dia beberapa upaya yang bisa anda lakukan agar terhindar dari kejamnya virus dan malware website. Tentunya hal ini akan menjadi kerugian yang besar bagi anda bila tidak langsung diselesaikan. Maka dari itu penting sekali melakukan perawatan dan pengecekan kembali file file anda di cpanel hosting.

Bagikan Artikel Ini