fbpx

Inilah Cara Membuat Website Terdaftar di Google

Saat ini jumlah pengguna internet berada di jumlah 75%. Bahkan semua pengguna internet tersebut selalu memperhatikan hasil pencarian pada mesin pencarian yang paling pertama.

Dengan hal tersebut menjadi salah satu alasan kenapa yang tidak pernah terjamah berada di halaman kedua dan seterusnya. Akan tetapi, untuk sekarang sudah ada cara membuat terdaftar di Google.

Cara Membuat Website Terdaftar Di Google

Pada dasarnya untuk menggunakan cara membuat website terdaftar di Google ini membutuhkan bantuan optimization (). Ada beberapa cara membuat website terdaftar di Google yang dapat digunakan yaitu:

1. Cek Kecepatan Website

Cara membuat website terdaftar di Google yang pertama adalah melakukan pengecekan kecepatan terlebih dahulu. Kecepatan website adalah salah satu faktor yang berpengaruh dengan ranking website.

Maka dari itu, dengan meningkatkan kecepatan loading situs website ada satu cara yang bisa digunakan. Untuk cara yang bisa digunakan adalah:

●      Pastikan terlebih dahulu bahwa semua ukuran file sudah menunjang halaman website, supaya tidak memperlambat loading. Bagi bizzie yang menggunakan bisa melakukan install beberapa seperti autoptimize dan fast velocity minify. Kedua alat tersebut sangat praktis untuk dipergunakan.

●  Setelah itu, bizzie juga masih harus melakukan kompres ukuran file gambar yang akan digunakan pada website tersebut. Di dalam langkah ini terdapat beberapa opsi tool secara online yang dapat mempermudah para pengguna.

2. Pastikan Lagi Website Mempunyai Mobile Friendly

Cara membuat website terdaftar di Google yang kedua adalah dengan memastikan mempunyai mobile friendly. Untuk aktivitas browsing dengan menggunakan perangkat mobile kini terus mengalami peningkatan.

Pada bulan Agustus di tahun 2010 traffic website yang ada di dunia dan dari perangkat mobile sudah mencapai dengan 51%. Artinya website harus bersiap-siap dengan para pengunjung yang menggunakan smartphone dan tablet.

Selain itu, para pemilik website juga bisa memperhatikan tampilan maupun kecepatan yang diberikan. Ditambah lagi, saat ini Google sudah menetapkan kecepatan loading pada perangkat mobile di salah satu faktor ranking website.

Untungnya untuk saat ini ada CMS yang menyerupai seperti WordPress. Dengan adanya tools tersebut pada membuat website lebih mobile friendly.

Baca Juga :  Algoritma: Pengertian, Fungsi, Ciri-Ciri, Jenis-Jenis, dan Contohnya

3. Membuat Sitemap

Sitemap merupakan salah satu file yang berisikan mengenai semua daftar halaman pada website. Selain itu, pada cara membuat website terdaftar di Google kali ini bisa memberikan segala informasi tentang beberapa halaman website.

Beberapa informasi yang diberikan mulai dari kapan terakhir dilakukan revisi, jumlah konten dan juga revisi. Ada dua jenis sitemap yang dibutuhkan pada cara membuat website terdaftar di Google yaitu HTML dan XML.

Sitemap HTML merupakan versi yang bisa digunakan pada para pengunjung website. Sedangkan untuk Sitemap XML adalah ditujukan pada mesin pencarian. Pada sitemap XML ini wajib digunakan, karena dapat membantu Google untuk melakukan crawling pada beberapa halaman.

Untuk cara membuat website terdaftar di Google kali ini sangat penting. Apalagi untuk bizzie yang mempunyai website dengan struktur secara kompleks, semua halaman akan saling terhubung dengan internal linking.

Meski terdengar rumit, untuk sitemap HTML dan XML ini sangat mudah dibuat. Apalagi untuk bizzie yang menggunakan wordpress sangat dibantu sekali dengan cara tersebut.

4. Memasang SSL Certificate

Certificate merupakan salah satu komponen yang dibutuhkan untuk melakukan enkripsi transfer data pada suatu website. Namun, untuk cara membuat website terdaftar di Google ini bisa memberikan fitur keamanan.

Sejak tahun 2014, pihak Google telah menetapkan untuk menggunakan SSL Certificate sebagai salah satu indikator ranking website. Ditambah lagi saat ini juga banyak sekali website yang memberikan tanda “tidak aman” sangat membutuhkan pemasangan SSL Certificate.

Dengan pemasangan SSL Certificate adalah salah satu kewajiban yang penting dan tidak boleh dilupakan dalam proses meningkatkan ranking. Paling menariknya lagi, bizzie bisa mendapatkan SSL Certificate ini secara gratis.

5. Melakukan Integrasi Website Dengan Google Analytics

Melakukan kegiatan SEO belum lengkap ketika tidak menggunakan Google Analytics. Pada tools online kali ini dapat membantu bizzie untuk memantau masing-masing halaman pada website tersebut.

Tidak hanya itu saja, pada saat menggunakan cara membuat website terdaftar di Google kali ini juga memberikan fasilitas untuk bisa mengamati traffic website. Ada juga beberapa data yang diberikan mulai dari asal usul demografis dan juga waktu pengunjung.

Untuk semua informasi yang diberikan pada cara membuat website terdaftar di Google ini memang tidak memberikan pengaruh terhadap ranking website secara langsung. Akan tetapi, ketika bizzie menggunakan secara teratur bisa digunakan untuk melakukan evaluasi konten dan user experience.

Baca Juga :  Langkah Mudah Membuat Menu Pada Wordpress

Ada kabar baiknya lagi, bahwa untuk Google Analytic saat ini bisa digunakan secara gratis. Maka dari itu, bizzie tinggal melakukan integrasi website dengan tools tersebut.

6. Menggunakan Google Search Console

Selain analytic, Google juga mempunyai tools gratis lain yang bisa membantu yaitu Console. Kedua tools tersebut mempunyai perbedaan di dalam pemberian informasi. Untuk informasi yang diberikan pada Google Search Console adalah:

●      Beberapa halaman yang populer di dalam website tersebut.

●      Memberikan kinerja pada perangkat mobile.

●      Memberikan informasi ada atau tidak terjadinya broken .

●      Mengatasi permasalahan yang berhubungan dengan keamanan website.

●  Sumber pada backlink bisa sangat mudah sekali untuk didapatkan.

Bagi bizzie yang menggunakan Search Console Google ini bisa menemukan beberapa kata kunci atau keyword untuk website.

7. Melakukan Riset Keyword

Website yang belum muncul dihalaman pertama pencarian google juga dipengaruhi oleh konten. Maka dari itu, untuk mendapatkan ranking terbaik di Google bisa melakukan riset keyword secara mendalam.

Selain itu, bizzie juga melakukan cara membuat website terdaftar di Google guna mendapatkan konten yang bagus. Ada tiga kriteria yang dapat digunakan ketika memilih kata kunci. Untuk ketiga kriteria tersebut adalah:

●      Menggunakan keyword yang mempunyai volume pencarian sangat tinggi di dalam mesin pencarian. Namun, harus diingat lagi bahwa semakin tinggi volume pencarian maka kompetisi yang dihadapi semakin sulit.

●      Mencari keyword yang sulit untuk digunakan pada setiap website. Tidak ada salahnya juga ketika bizzie menggunakan kata kunci yang panjang dan tetap relevan.

●  Kriteria paling akhir adalah SERP atau sering disebut dengan Search Engine Result Page. Serp adalah salah satu alat yang bisa menyebutkan 10 website paling teratas.

Dengan selalu memperhatikan ketiga kriteria tersebut, maka bizzie bisa mendapatkan atau mempelajari beberapa konten di beberapa situs lainnya. Sayangnya untuk menggunakan cara membuat website terdaftar di Google harus berbayar terlebih dahulu.

Akan tetapi, juga tidak ada salahnya ketika bizzie menggunakan cara membuat website terdaftar di Google secara berbayar. Semua hasil yang diberikan pada cara membuat website terdaftar di Google kali ini juga sangat menguntungkan.

Nah, itulah dia penjelasan mengenai tujuh cara membuat website terdaftar di Google. Besar harapan setelah adanya pembahasan diatas tidak ada lagi kalangan website yang kebingungan untuk meningkatkan ranking,