fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Pengetahuan

Ini Kode Error di Internet yang Wajib Kamu Ketahui

Wiliam

Saat menggunakan internet, anda mungkin pernah mendapati suatu situs tidak bisa dibuka. Meskipun terbilang sudah canggih, internet juga memiliki kekurangan, umumnya berbentuk kesalahan program atau error yang disebabkan oleh banyak hal salah satunya karena koneksi jaringan yang tidak stabil. 

Salah satu kode error yang mungkin familiar dan pernah Anda temukan sendiri yaitu 404 not found. Kesalahan ini biasanya karena halaman website tersebut sudah dihapus sehingga halaman. Selain kode error tersebut, masih banyak kode error lainnya yang juga tak kalah pentingnya untuk diketahui.

Pada artikel ini akan dibahas berbagai kode error internet yang paling sering muncul. 

19 Kode Error Di Internet

Berikut ini berbagai kode error di internet yang penting untuk anda ketahui:

1. Error 400 bad request

Kode error 400 biasanya muncul ketika seseorang salah dalam pengetikan alamat sebuah website. Selain itu, error ini juga bisa terjadi karena gangguan server website tersebut atau internet tidak bisa mengenali permintaan komputer. 

2. Error 401 server unauthorized

Error code 41 ini biasa dijumpai ketika menemukan website atau file yang memiliki kata sandi. Kode ini memberitahukan bahwa anda tidak punya akses untuk membuka file atau folder tersebut karena dilindungi oleh kata sandi.

3. Error 402 payment required error

Adapun untuk error kode 402 biasanya muncul ketika terjadi kesalahan pembayaran ketika berbelanja secara online. Kesalahan jenis ini memang sangat jarang ditemui karena memang jarang terjadi.

4. Error 403 server

Jenis kode error di internet selanjutnya yaitu Nomor 43 forbidden. Kode ini menjadi pertanda bahwa website atau situs yang ingin dikunjungi tidak bisa diakses oleh sembarang orang karena termasuk dalam kategori dokumen yang penting. 403 mengisyaratkan bahwa pengguna tidak bisa mengakses website tersebut karena pemilik melakukan kesalahan dalam konfigurasi folder.

5. Error 404 server not found

Kode error 44 merupakan kode error yang paling sering ditemui ketika mengakses internet. Kode ini mengisyaratkan bahwa halaman website yang ingin dikunjungi tidak tersedia di web, alasannya pun beragam, bisa karena dihapus, dipindahkan, atau aktivitas lainnya. 

Error 44 biasanya muncul karena permintaan halaman Yang dicari tidak ditemukan. Kemungkinan munculnya error ini karena url yang dimasukkan tidak benar. Olehnya itu, periksa kembali halaman yang diminta, mulai dari ejaan, tanda baca, dan akhirannya dari nama domain.

6. Error 405 method not allowed

Kode selanjutnya yaitu nomor 405 yang mengisyaratkan bahwa koneksi yang digunakan oleh anda tidak sesuai atau tidak didukung oleh server.

Jadi, Meskipun server memahami apa yang Anda minta namun menolak permintaan tersebut, maka akan muncul error 45 yang berarti server tidak mendukung permintaan Anda. 

7. Error 406 Not acceptable

Kode error 46 muncul ketika terjadi kesalahan yang disebabkan oleh permintaan dari browser tidak bisa dipenuhi oleh server. 

8. Error 407 proxy authentication required

Kode selanjutnya nomor 4007 mengisyaratkan bahwa pengguna terlebih dahulu harus mengotentikasi dirinya lebih dulu dengan proxy agar bisa mengakses website yang bersangkutan. 

9. Error 408 request time out

Kode error 408 juga salah satu kode error yang sering ditemui saat mengakses halaman website. Saat kode ini muncul mengisyaratkan bahwa halaman yang diminta membutuhkan waktu lebih lama untuk dimuat. error ini muncul saat pengguna menutup browser, mengklik link dengan cepat, atau menekan tombol stop.

10. Error 409 conflict 

Kode error 409 muncul ketika anda mengakses sebuah website tetapi pada saat bersamaan pemilik website sedang mengedit halaman tersebut sehingga muncullah kode ini. Umumnya, kode ini akan hilang secara otomatis ketika pemilik website menyelesaikan pengeditannya.

11. Error 410 gone

Error 410 gone adalah kode error yang terjadi ketika halaman yang diminta sudah dihapus untuk selamanya ataupun domain dan hosting website yang digunakan sudah kadaluarsa sehingga website yang diminta tidak bisa diakses sepenuhnya.

12. Kode error 411 length required

Kode error 411 merupakan kode kesalahan yang terjadi karena permintaan browser tidak sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan oleh sumber daya yang diminta.

13. Error 412 precondition failed

Kode error selanjutnya yaitu error nomor 412 yang mengisyaratkan bahwa permintaan pengguna tidak bisa dipenuhi oleh server pada.

14. Error 413 request entity too  large

Kode error di internet selanjutnya yaitu error 413 yang muncul ketika data yang diminta pengguna terlalu besar sehingga komputer server tidak bisa memproses atau menampung besarnya data tersebut.

15. Error 414 request url too long

Error 414 mengisyaratkan bahwa url yang diminta atau yang dituju ini terlalu panjang dan server tidak bisa memproses permintaan tersebut.

16. Error 415: Unsupported Media Type

Kode r415 biasanya muncul saat pengguna menggunakan jenis media yang tidak didukung oleh server. Misalnya, saat mengunggah sebuah file berformat PNG sedangkan server hanya mengizinkan format JPG saja, secara otomatis akan muncul lah error 415.

17. Error 416: Requested Range Not Satisfiable

Kode error selanjutnya nomor 416 yang muncul jika pengguna meminta sebagian dari file sedangkan server tidak bisa menyediakan permintaan tersebut.

18. Error 417: Expectation Failed

Kode error 417 mengacu pada permasalahan header dalam permintaan tidak memenuhi persyaratan yang diajukan komputer pengguna.

19. Error 504: Gateway Timeout

Error 504 mengisyaratkan bahwa terjadi kesalahan di mana gateway atau proxy tidak bisa menerima tanggapan dari server.

Itulah 19 kode error di internet yang perlu Anda ketahui. Manakah kode error yang pernah anda temui?

Baca Juga