fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Sponsored

Fitur Omnichannel di Aplikasi majoo, Solusi Berjualan di Marketplace Dengan Mudah

dewabiz

Perkembangan teknologi telah memaksa masyarakat untuk mengubah cara dalam berbisnis. Jika sebelumnya bertransaksi secara langsung di sebuah tempat. Maka sekarang ini, pembeli dan penjual bisa melakukan transaksi tanpa harus bertemu, atau dikenal dengan belanja online.

Mengikuti perubahan zaman tersebut, maka pengusaha mengubah strategi marketing dengan mencakup ranah digital yang tergolong baru. Sehingga banyak pengembang teknologi pun berinovasi untuk menciptakan aplikasi marketplaceyang bisa digunakan oleh para pedagang online.

majoo Indonesia pun menjawab kebutuhan hal tersebut dengan menciptakan fitur omnichannel dimana kamu sebagai pelaku bisnis yang memiliki banyak saluran atau multichannel dalam memasarkan produk dan jasanya. Artinya ketika kamu berjualan pada banyak marketplace maka dengan menggunakan fitur omnichannel maka kamu dapat mengelolanya dalam satu dashboard.

Omnichannel digunakan untuk bisnis yang menjual produk atau jasa karena bersifat universal. Selain itu, bisa juga untuk perusahaan yang menjual produknya secara online maupun offline (dengan toko fisik). Untuk lebih memahami apa itu Omnichannel, fungsinya, manfaat dan cara kerjanya. Berikut pembahasannya:

Pengertian Omnichannel

Omnichannel adalah proses yang memungkinkan berbagai jenis saluran komunikasi untuk bekerja sama dalam satu platform. Strategi omnichannel bertujuan untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dengan menggunakan berbagai saluran komunikasi. Setiap pelanggan dapat terhubung dengan bisnis di berbagai saluran, tetapi dengan pengalaman yang lebih baik.

Dari segi bahasa, Omnichannel berasal dari dua kata yaitu Omni yang berarti alam semesta dan channel yang berarti saluran. Tidak seperti Multi Channel, sistem Omnichannel menggabungkan sarana komunikasi yang paling penting dengan pelanggan.

Sistem ini juga diperbarui secara otomatis untuk pengguna akhir. Oleh karena itu, setiap saluran komunikasi dan sumber dayanya dirancang untuk bekerja sama. Strategi pemasaran omnichannel adalah cara pelanggan menggunakan semua saluran yang digunakan pelanggan untuk terhubung dengan bisnis, seperti: email, media sosial, SMS, WhatsApp Business, web chat, dll.

Jika diterapkan dengan benar, sistem Omnichannel memudahkan konsumen untuk mencari informasi tentang produk dan jasa yang dijual. Dengan cara ini, pelanggan dapat menemukan apa yang mereka inginkan dengan cepat.

Selain itu, pelanggan dapat berinteraksi dengan cepat untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan, menciptakan rasa aman selama bertransaksi, dan memastikan produk sampai dalam keadaan baik saat diterima.

Fungsi Omnichannel Dalam Bisnis

Strategi omnichannel sekarang banyak digunakan oleh perusahaan retail atau pedagang online. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, yang berujung pada peningkatan penjualan.

Berikut beberapa fungsi omnichannel untuk diketahui bisnis:

1. Kinerja online dan offline

Sistem omnichannel memungkinkan bisnis terhubung dengan cepat secara online dan offline untuk mendukung transaksi pelanggan. Misalnya, memesan produk secara online dan mengambilnya di toko fisik (offline) terdekat.

Atau bisa juga sebaliknya, pelanggan mengecek produknya di toko dan melakukan pemesanan dan transaksi melalui internet sehingga produk langsung diantar ke rumah.

Integrasi offline dan online memungkinkan pemasar untuk berinteraksi dengan pelanggan secara fisik. Namun, transaksinya sederhana dan aman. Pelanggan juga dapat memesan beberapa produk dan mendapatkan pembayaran melalui metode pembayaran fleksibel yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan mereka.

Data yang terkumpul baik offline maupun online dapat diintegrasikan ke dalam sistem omnichannel sehingga dapat dianalisis dari satu tempat.

2. Menggabungkan beberapa saluran komunikasi

Omnichannel adalah strategi pemasaran yang bekerja untuk mengintegrasikan saluran komunikasi yang berbeda. Selain dapat menghubungkan fungsi omnichannel juga dapat menghubungkan saluran pemasaran, baik online maupun offline.

Fitur omnichannel pertama memungkinkan pemilik toko mengukur penjualan dan kepuasan pelanggan di satu dashbor. Tidak perlu mengecek manual satu per satu yang akan memakan waktu. Dengan cara ini, dapat meningkatkan efisiensi bisnis.

3. Menumbuhkan minat belanja

Data yang dikumpulkan dari omnichannel memudahkan bisnis untuk membuat program loyalitas yang disesuaikan. Dengan begitu, program yang berjalan lebih terarah. Pelanggan mudah menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhannya sehingga mereka setia pada merek kita.

Risiko menjalankan promosi atau program yang tidak sesuai dengan target pelanggan dapat dihindari. Minat pelanggan terhadap promosi dan pembelian tinggi karena promosi didasarkan pada kebiasaan konsumsi dan perilaku konsumen di toko. Semua manfaat ini dapat diperoleh selama data di semua saluran pemasaran dikembangkan melalui sistem omnichannel.

4. Membuat keputusan dengan cepat

Fungsi omnichannel menggabungkan berbagai informasi dan saluran pemasaran menjadi satu paket. Pemilik bisnis dapat memantau inventaris, total penjualan, preferensi pelanggan, dan tren penjualan dalam satu dashboard.

Survei kepuasan pelanggan juga mudah ditemukan. Fitur omnichannel ini memungkinkan pemilik toko untuk mengambil keputusan dengan cepat. Mengumpulkan data dari proses memungkinkan pemilik bisnis membuat strategi pemasaran khusus.

Strategi pengumpulan data memudahkan kamu memahami karakteristik dan perilaku pelanggan selama bertransaksi. Data yang dikumpulkan di Dashboard omnichannel Multisaluran dapat digunakan sebagai database saat menyusun data, merencanakan, atau meningkatkan kinerja.

Manfaat Omnichannel untuk Perusahaan dan Konsumen

Omnichannel adalah sistem yang mengintegrasikan semua saluran informasi dan pemasaran. Tujuannya untuk mempermudah analisis data pelanggan, mulai dari keluhan hingga produk yang berhasil dibeli.

Sistem ini juga memudahkan manajer perusahaan untuk menangani berbagai pertanyaan dan permintaan produk. Berikut adalah beberapa manfaat Multisaluran:

  • Tanggapi dengan cepat keluhan dan pertanyaan pelanggan dari semua saluran
  • Memungkinkan pemasaran untuk melayani banyak pelanggan pada saat yang bersamaan
  • Permudah tim penjualan untuk menawarkan produk atau layanan kepada pelanggan yang tepat
  • Memudahkan pelanggan untuk menemukan produk dan layanan dengan cepat
  • Meningkatkan kepuasan pelanggan dan mendapatkan merek kami disetujui
  • Membuat pekerjaan lebih efisien karena tidak perlu mengekstrak data secara manual dari berbagai saluran.

Cara Kerja Omnichannel

Omnichannel merupakan proses menyatukan berbagai saluran komunikasi dalam satu dashboard. Sistem ini memungkinkan pemilik bisnis untuk membuat keputusan dengan cepat. Promosi ini tepat sasaran karena disesuaikan dengan kebiasaan konsumsi pelanggan.

Menerapkan Omnichannel dalam bisnis dapat dilakukan dengan mengintegrasikan media sosial, layanan obrolan situs web, dan saluran perpesanan yang berbeda seperti email atau bisnis WhatsApp ke dalam satu platform.

Tim yang bekerja sama dengan komunitas dan pelanggan mengolah data yang diterima agar lebih mudah dipahami oleh departemen lain. Yang harus kamu pertimbangkan saat mengimplementasikan omnichannel adalah memastikan bahwa tim di lapangan menangkap data secara efektif.

Misalnya, jika kamu memiliki tugas mengumpulkan data pelanggan di toko fisik. Pastikan data pelanggan sudah diinput dengan benar karena hal ini akan langsung mempengaruhi hasil data akhir yang nantinya akan diproses.

Itulah fitur yang dapat kamu lakukan untuk mengelola bisnis pada banyak marketplace, sehingga kamu tidak harus mengecek satu persatu pada setiap marketplace yang tentunya hal tersebut membuat kamu kerepotan dan memungkinkan terjadi kesalahan karena kamu lakukan secara tidak efektif. Lainnya halnya jika kamu melihatnya dalam satu platform.

***

Baca Juga