fbpx

Daftar Platform Untuk Blogging Terbaik, Cocok Untuk Pemula

Memperoleh penghasilan tambahan bisa dari kegiatan apapun. Salah satu kegiatan yang bisa ditekuni seperti membuat dengan memanfaatkan berbagai platform. Ada beberapa daftar platform untuk blogging  yang bisa Anda gunakan. 

Apa Kegunaan Platform?

Ada beragam kegunaan  platform yang sangat berguna untuk yang Anda kelola. Salah satu kegunaan dari platform ini yakni untuk mempercantik tampilan  blog Anda agar banyak dikunjungi pengguna internet. Fungsi ini jugalah yang membuat penggunaan platform menjadi sangat diminati.

Pada dasarnya, platform blog ini dibagi menjadi 3 bagian, yakni Free Blog, Self Hosting Blog, dan Citizen Journalism Blog. Ketiga jenis platform blog tersebut tentunya mempunyai keunggulan masing-masing. Seperti Free Blog yang dijadikan sebagai blog gratisan yang penggunaannya hanya mengandalkan hosting dan dari perusahaan penyedia layanan.

Memanfaatkan platform yang akan digunakan untuk kebutuhan blog tentu sangat menguntungkan. Hal ini disebabkan karena setiap platform mempunyai kelebihan tersendiri yang sifatnya menguntungkan Anda sebagai pemilik blog. Kelebihan ini seperti mempunyai optimasi dan berpengaruh terhadap peringkat blog di mesin pencarian.

Rekomendasi Platform Untuk Blog

Seperti yang diketahui bersama jika ada beragam platform yang dapat  Anda manfaatkan. Banyaknya platform ini tentunya dapat digunakan secara gratis alias tidak berbayar. Lalu, apa saja rekomendasinya? Berikut penjelasan terkait  daftar platform untuk blogging yang dapat dijadikan pilihan:

1.  Tumblr

Platform untuk blogging ini dikatakan sebagai platform microblogging yang cara kerjanya tentu sangat mirip dengan aplikasi Twitter. Nantinya, pemilik blog yang mempublikasinya konten yang dimiliki, pengikut bisa memberikan love atau melakukan reblog. Menariknya lagi karena konten yang dipublikasi tersebut tentu dapat dibagikan ke medsos.

Baca Juga :  Perbandingan Nameserver VS DNS Berdasarkan Perannya pada Internet

Selain itu, Tumblr ini dapat memuat konten teks, gambar, , dan bahkan audio sesuai kebutuhan blog. Adapun kelebihan yang dimiliki oleh platform ini adalah mempunyai tampilan dan user interface yang bersifat menarik. Bahkan seseorang juga bisa mengubah blog Tumblr ke top-level domain yang mempunyai eksistensi.com.

2.  WordPress.com

Untuk platform blog ini dijadikan sebagai sebuah blog publishing services dan menyediakan tempat bagi pemilik blog untuk memposting konten tanpa ribet. Memang cara memposting konten jika menggunakan WordPress.com cukup mudah dan bahkan bisa mencantumkan gambar, video, dan audio. Tidak heran jika platform ini sudah populer di kalangan pengguna.

Menariknya jika menggunakan platform ini,seseorang tidak perlu berlangganan hosting web. Dengan begitu, yang dimiliki bisa mempunyai status aktif dan bisa langsung menjalankan website blog tanpa mendaftar. Ada juga beragam paket yang dapat dijadikan pilihan mulai dari paket gratis sampai dengan kelas Ecommerce ditawarkan dalam platform ini.

3.  Blogger.com

Daftar platform untuk blogging selanjutnya adalah .com yang juga tidak kalah populer dibanding platform sebelumnya. Sebenarnya, platform ini merupakan blogging milik Google.com sehingga masalah kualitas tentu tidak dapat diragukan lagi. Memang kualitas dari produk-produk yang ditawarkan Google tidak pernah mengecewakan utamanya dari segi kualitas.

Untuk menggunakan platform ini tentunya cukup mudah saja, dimana seseorang hanya perlu memasukkan  Email saja. Setelah membuat blog atau konten di platform ini, secara otomatis seseorang bisa memperoleh ekstensi namablog..com. Selain itu, blogspot juga dapat memungkinkan seseorang dalam melakukan pengeditan HTML, CSS

4.  Medium.com

Nah, Medium.com sendiri dapat dikatakan sebagai salah satu platform blog yang dijadikan alternatif oleh pemilik blog. Bagaimana tidak, dalam Medium.com ini tentu menjadi wadah bagi penulis atau sejenisnya untuk membagikan pemikirannya dalam bentuk opini atau esai. Karena artikel-artikel dalam bentuk listicle dan sejenisnya memang kurang diminati.

Baca Juga :  Inilah Kerugian Akibat Virus Dan Malware Website

Kelebihan dari platform ini tentunya cukup banyak sehingga menjadi alasan seseorang memilih platform blog Medium.com. Dimana kelebihan yang dimaksud ini seperti memberikan tampilan default yang begitu bersih dan bersifat user-friendly. Selain itu, platform ini juga mempunyai komunitas pembaca yang cukup kuat dan solid.

5.  LinkedIn

Ada juga daftar platform untuk blogging yang dapat dimanfaatkan dalam bentuk aplikasi. Fungsinya tentu untuk membangun penulis yang bersifat profesional dalam membuat sebuah konten. Sudah banyak penulis yang memanfaatkan LinkedIn untuk blog dan bahkan kebanyakan digunakan dari kalangan profesional. Sangat menarik bukan untuk menggunakan platform ini.

Apabila seseorang ingin membuat tulisan melalui platform ini tentunya cukup mudah dilakukan. Dimana pengguna bisa langsung masuk ke menu Profil dan memilih “Post”. Sangat disarankan jika memilih LinkedIn untuk menulis blog tentu harus rajin melakukan sharing. Tujuannya agar koneksi yang dimiliki semakin meningkat yang dilihat dari sifat konsisten tersebut.

6.  WordPress.org

Dapat dikatakan jika WordPress.org ini menjadi sebuah platform blog yang dianggap terbaik dengan berbasis CMS. Apabila seseorang memilih untuk menggunakan WordPress ini tentu bisa mempunyai kontrol secara penuh terkait tampilan yang dimiliki. Bukan hanya dari segi tampilan saja, namun juga dari segi website blog karena sifatnya memang fleksibel.

Keunggulan yang dimiliki oleh WordPress.org ini tentu dilihat dari banyaknya fitur yang ditawarkan dan bisa ditambahkan menggunakan instalasi plugin. Mengenai optimasi SEO yang diberikan tentu dapat mendukung website blog tersebut. Dengan begitu, website blog dapat menduduki peringkat tertinggi di mesin pencarian.

Demikian penjelasan terkait dengan daftar platform untuk blogging yang cukup recommended. Memang platform tersebut dianggap  bagus sehingga Anda bisa memilihnya sesuai kebutuhan. Bahkan pemilihan platform ini tidak dikenakan biaya atau dengan kata lain bahwa penggunaannya gratis.

1 komentar untuk “Daftar Platform Untuk Blogging Terbaik, Cocok Untuk Pemula”

Komentar ditutup.