fbpx

CentOS atau Ubuntu, Manakah yang Terbaik Untuk Server?

Membahas mengenai sistem operasi memang bisa terbilang rumit, apalagi jika memilih sistem yang sesuai dengan server yang dimiliki. Banyaknya pilihan yang disediakan, membuat Anda harus lebih selektif dalam memilih sistem operasi untuk server Anda. Terlebih lagi jika menggunakan distribusi linux. 

Sedikit penjelasan mengenai distribusi linux, CentOS dan merupakan dua dari contoh distribusi linux yang paling diminati. Keduanya tidak hanya diminati oleh kaum pemula. Melainkan juga para profesional. Lalu, apa sih CentOS dan Ubuntu ? yuk simak baik-baik penjelasannya. 

Pengertian CentOS dan Ubuntu

CentOS dan Ubuntu merupakan salah satu jenis distribusi linux yang sangat open source. Sistem marak digunakan para IT dan juga masyarakat dunia. CentOS sendiri, merupakan sistem operasi yang dirilis sejak tahun 2004.

 Kabarnya, banyak pengguna yang sudah merasakan manfaat dari centOS ini. Tidak jauh berbeda dengan centOS, Ubuntu merupakan juga salah satu sistem operasi yang turut dirilis sejak tahun 2004.

 Pada umumnya, orang-orang sering memakai Ubuntu untuk kepentingan pribadi. Ubuntu juga bersifat open source, dan dapat diperbarui secara otomatis untuk menghapus bug. 

Perbedaan CentOS dan Ubuntu

Setelah mengetahui pengertian Centos dan Ubuntu, sekarang waktunya membahas mengenai perbedaannya. Meskipun terlihat sama, namun sebenarnya kedua sistem operasi ini sangat berbeda. Untuk lebih lanjut silahkan simak penjelasan selanjutnya. 

  • Perbedaan pertama, terletak dari basisnya. Ubuntu berbasis arsitektur . Sedangkan centOS berbasis pada red hat enterprise linux.
  • Pada Ubuntu pengunduhan dilakukan lewat manager apt-get. Sedangkan pada centOS pengunduhan dilakukan melalui perintah yum.
  • Jika dilihat dari kestabilannya, centOS merupakan distribusi yang lebih stabil dibandingkan Ubuntu. Dikarenakan distribusi ini sangat jarang melakukan pengupdatean. Namun, disisi lain ini bisa menjadi kekurangan sendiri bagi centOs. 
  • Berbeda dengan centos, ubuntu lebih mudah dipahami bagi pemula. Hal ini dikarenakan buntu tidak menggunakan distro desktop. 
Baca Juga :  Cara Mengedit Footer di WordPress dengan Langkah Mudah

 Selain itu ubundu juga lebih banyak digunakan dibanding centos, karena banyak yang disediakan. Cara mengaksesnya panduan juga terbilang gratis bagi pengguna. 

Kelebihan dan Kelemahan CentOS 

Membahas mengenai salah satu distribusi pastinya tidak akan terlepas dari kelemahan dan kekurangannya. Berikut beberapa kelebihan dan kelemahan yang dimiliki CentOs sebagai salah satu distribusi server.

Kekurangan

  • CentOS lebih bersifat statis dan seimbang
  • CentOS memiliki tampilan yang tidak semenarik ubuntu 
  • Dokumentasi yang memuat CentOS sangat sedikit. 
  • Secara lebih spesifik buku panduan yang memuat mengenai cara penggunaan CentOS sangat kurang
  • Kata “Enterprise” yang terdapat dalam CentOS membuat para pengguna pemula menjadi cemas. 

Beberapa kekurangan diatas memang dapat mengesankan bahwa CentOS merupakan yang sulit. Maka dari itu tidak disarankan bagi pengguna untuk menggunakan sistem distribusi tersebut. Namun, jika Anda ingin memasang lewat , Anda disarankan menggunakan CentOS dibandingkan Ubuntu. 

Dikarenakan hal tersebut sangat sesuai dengan kebutuhan. Jika Anda berkeinginan menggunakan distribusi selain CentOS maka pilihlah yang sekira bisa digunakan untuk hosting. Pastinya tidak dengan Ubuntu, karena distribusi ini tidak berkaitan dengan hosting maupun Cpanel. 

Kelebihan CentOS

Selain memiliki kekurangan, tentunya ada juga kelebihan yang dimiliki oleh CentOS. Kira-kira apa saja sih kelebihan dari distribusi ini ? yuk simak penjelasannya berikut ini :

  •  CentOS bisa dikatakan sebagai distribusi yang kompatibel dan juga red hat.
  • CentOS satu-satunya distribusi OS Freeware yang mendapat dukungan penuh dari Cpanel
  • Banyak develop yang memberikan support ke CentOS untuk menjadi sistem distribusi jangka panjang.
  • Memiliki manajemen yang terbuka
  • Sangat mudah dipelihara
  • Memiliki model yang terbuka.

Kelebihan Ubuntu

Setelah mengetahui kelebihan dan kelemahan CentOS, selanjutnya Anda juga harus mengetahui mengenai kelebihan dan juga kekurangan Ubuntu. Apa saja kelebihan dan kelemahannya? Supaya tidak penasaran, yuk langsung saja simak pembahasan dibawah ini :

  1. Gratis dan Open-source
Baca Juga :  Pengertian WHM, Manfaat, Fungsi dan Perbedaannya dengan cPanel

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Ubuntu adalah penggunaannya yang tidak dipungut biaya alias gratis. Inilah yang menjadikan Ubuntu begitu populer di kalangan pengguna sistem server. Para pengguna tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menginstall dan menggunakannya. 

Tidak hanya itu, software yang disediakan di Ubuntu juga gratis. Sehingga para pengguna tidak perlu khawatir untuk ditagih jika menggunakan software tersebut. Anda bisa menikmati software yang disediakan dan bisa menemukan banyak source code. 

  1. Dapat Digunakan dengan Mudah

Banyak orang berpendapat jika menggunakan sistem berbasis Linux sangat sulit, dan hanya coock jika diperuntukkan para saja. Namun, tidak dengan ubuntu. Sistem dapat mudah digunakan dan cenderung friendly. Sehingga semua orang dapat menjalankannya dengan mudah. 

  1. Aman Digunakan 

Memang tidak sepenuhnya sistem aplikasi bisa bebas 100% dari virus. Namun, Ubuntu bisa diklaim sebagai salah satu sistem yang aman dan terpercaya. Ubuntu memiliki built-in firewall dan perlindungan yang kuat. Pengguna tidak perlu memasang antivirus dikarenakan sudah ada perlindungan dari sistem aplikasi ini. 

  1. Memiliki Support yang Sangat Kuat

Ubuntu memiliki banyak komunitas yang ada di luar, sehingga mendapat support dari komunitasnya. Anda bisa berkunjung ke As Ubuntu, Linux Quenstions dan website resmi linux. Anda juga bisa menanyakan mengenai masalah Anda saat menggunakan Ubuntu. 

  1. Mudah Dikustomisasi 

Ubuntu sangat mudah dikustomisasi. Ada banyak lingkungan desktop alternatif yang bisa Anda gunakan. Anda bahkan bisa mengaturnya agar terlihat seperti Windows atau sistem operasi lain yang Anda inginkan.

Itulah beberapa kelebihan dan juga kekurangan yang dimiliki oleh CentOS dan Ubuntu. Tentunya dengan beberapa penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan diatas, bisa membuat Anda mempertimbangkan lebih baik lagi, sistem distribusi mana yang akan Anda gunakan nantinya.